in , ,

Berwisata Sambil Belajar Sejarah Di Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan

Mengunjungi Kota Surabaya sudah pasti tujuan wisata kita yang utama adalah ke tempat-tempat yang mempunyai nilai sejarah, karena seperti yang kita tahu Surabaya adalah Kota Pahlawan. Salah satu objek wisata sejarah yang tidak boleh kita lewatkan adalah Tugu Pahlawan yang terletak di pusat Kota Surabaya.

Baca juga : Es Pisang Ijo di Jakarta, Manis Legit Jadi Takjil Buka Puasa

1. Lokasi Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan terletak di pusat jantung Kota Surabaya, tepatnya di Jl. Bubutan, Alun-Alun Contong Kecamatan Bubutan Kota Surabaya. Kalau kita pernah menuju arah pelabuhan Tanjung Perak pasti tidak akan kesulitan menemukan Tugu Pahlawan. Untuk mencapai tempat ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi, menaiki bus kota, ataupun naik kereta dan turun di Stasiun Semut Surabaya. Di dekat area Tugu Pahlawan juga terdapat Kantor Gubernur Jawa Timur.

2. Sejarah Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan ini diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 10 Nopember 1952. Tugu ini dibangun untuk mengingat perjuangan arek-arek Suroboyo dan juga seluruh bangsa Indonesia dalam perang mempertahankan kemerdekaan pada 10 Nopember 1945. Bentuk bangunan tugu ini berupa yoni atau paku yang terbalik, dengan memiliki 10 cekungan dan 11 ruas pada badan bangunan ini yang mencerminkan tanggal 10 bulan 11 tahun 1945 saat perang penuh pengorbanan itu terjadi.

3. Terdapat Patung Para Pahlawan Mengitari Taman Tugu Pahlawan

Memasuki area bangunan Tugu Pahlawan kita tidak hanya menemukan bangunan tugu saja, tetapi banyak bangunan yang bisa kita amati. Diantaranya adalah terdapat beberapa patung mengelilingi Tugu Pahlawan ini.

  • Di Sisi Kiri Dari Pintu Masuk Utama

Area bangunan Tugu Pahlawan ini sangat luas sekali, ketika kita masuk gerbang utama dan berbelok ke kiri kita akan memasuki area taman bunga yang di sela-selanya terdapat tiga jajaran patung pahlawan. Yang pertama bisa kita temui adalah patung Gubernur Soerjo yang menupakan gubernur pertama Jawa Timur. Pada 9 Nopember 1945 dirinya ikut menolak ultimatum belanda dan membakar semangat para pejuang Jawa Timur sampai titik darah penghabisan.

Patung selanjutnya yang bisa kita temukan adalah patung Doel Arnowo yang merupakan Ketua Komite Nasional Indonesia, dan pada tahun 1950 dia menjadi Walikota Surabaya dan menjadi orang yang berperan penting atas berdirinya Tugu Pahlawan ini.

Masih di sisi kiri bangunan Tugu Pahlawan, patung selanjutnya adalah patung Bung Tomo. Bung Tomo adalah penerus Gerakan Pemberontakan Rakyat Indonesia pada jaman peperangan. Yang paling terkenal adalah aksi heroiknya mengobarkan semangat para pejuang Surabaya untuk berperang melawan penjajah pada peperangan 10 Nopember 1945.

  • Di Sisi Kanan Dari Pintu Masuk Utama

Beralih ke sisi kanan dari area Tugu Pahlawan kita bisa menemukan patung Residen Sudirman. Residen Sudirman sendiri adalah tokoh yang berperan penting dalam perang pemberontakan melawan tentara Belanda di bawah pimpinan Mallaby.

Patung selanjutnya yang bisa kita temukan adalah patung Mayjend Sungkono. Mayjend Sungkono adalah Komandan Pertahanan Kota Surabaya saat terjadinya perang pemberontakan melawan Belanda pada 9-10 Nopember 1945. Dia memutuskan untuk bertekad melawan pendudukan Belanda di Kota Surabaya saat itu.

Patung terakhir yang bisa kita temukan di sisi kanan bagian taman Tugu Pahlawan ini adalah R. Muhammad. Dia adalah salah satu perwira perang yang berjasa pada perang pemberontakan pada tentara sekutu di Surabaya.

4. Berwisata Sejarah ke Dalam Musium

Jika kita berjalan semakin ke dalam di area taman Tugu Pahlawan ini, kita akan menemukan bangunan Musium Juang 45. Musium ini sangat artistik dengan bangunan yang unik dan dibangun di bawah permukaan tanah. Di dalam bangunan musium Tugu Pahlawan yang berada di kedalaman 7 meter ini terdapat sebuah ruangan-ruangan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, di musium ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Museum ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 200 oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid.

5. Menjadi Tempat Bersantai Dan Berolahraga Warga

Selain berfungsi sebagai tempat wisata sejarah, Tugu Pahlawan juga menyediakan tempat untuk kita bersantai menikmati suasana di area ini. Di sekeliling Tugu Pahlawan kita akan menemukan banyak sekali tempat duduk yang dikelilingi bunga-bunga indah yang meneduhkan. Di sini kita bisa duduk lama manikmati suasana. Apa lagi kalau kita datang di akhir pekan, duduk di sini sambil menikmati keramaian akan sangat menyenangkan.

Di depan bangunan Tugu Pahlawan yang megah dan dikelilingi area pejalan kaki kita bisa menemukan sebuah lapangan yang sangat lebar. Jika di hari-hari penting lapangan ini digunakan untuk upacara, di hari biasa kita bisa menemukan anak-anak bermain bola di lapangan dengan rumput yang hijau ini. Selain itu kita juga bisa jogging di seputaran lapangan ini.

6. Taman Cantik Yang Selalu Dirawat

Selain ada banyak tempat duduk untuk kita menikmati suasana Tugu Pahlawan, di tepian area ini kita bisa menemukan asrinya taman bunga dengan beberapa pepohonan yang meneduhkan. Taman ini sangat terjaga karena selalu ada petugas yang merawat dan menyirami bunga di tengah siang hari sekalipun. Sehingga bunga-bunga dan tanaman lain di sini terlihat segar sepanjang waktu.

7. Mobil Bung Tomo Dipamerkan Di Pojok Taman Tugu Pahlawan

Kalau di dalam musium kita dihadirkan banyak sekali replika barang-barang yang digunakan untuk berperang pada 10 Nopember 1945, di area tepi Tugu Pahlawan kita disuguhkan sebuah pajangan mobil antik yang merupakan sebuah mobil yang dulunya dipakai Bung Tomo dalam masa peperangan. Mobil ini terlihat terawat sekali dipajang pada sebuah bangunan joglo.

8. Fasilitas Lain Yang Sangat Bersih

Kita tentu bisa berlama-lama menikmati waktu berwisata di Tugu Pahlawan ini, karena ada fasilitas toilet dan juga mushalla yang sangat bersih tepat berada di dekat pintu samping yang mengarah ke Gedung Kantor Gubernur Jawa Timur. Di Toilet ini selalu ada petugas kebersihan yang berjaga, dan jangan kuatir karena gratis.

9. Bisa Mengikuti City Tour Dengan Bus Wisata Gratis

Untuk kita yang pergi ke Surabaya dan ingin menjelajah wisata sejarah selain Tugu Pahlawan, kita bisa menggunakan transportasi Bus Wisata yang biasanya diberangkatkan dari Tugu Pahlawan atau House Of Sampoerna. Dengan bus ini kita akan dibawa berputar mengelilingi seputaran kota tua Surabaya yang punya banyak tempat bersejarah. Tentunya akan sangat menyenagkan dan praktis untuk pengalaman traveling kita, dan yang pasti gratis. Next

ramadan
Air Terjun Putuk Truno Prigen

Berwisata dan Nongkrong Kece di Air Terjun Putuk Truno Prigen

fi infinity pool tertinggi

Infinity Pool Tertinggi di Dunia Ada di Dubai, Hampir Menyamai Menara Eiffel