in , ,

Berwisata dan Nongkrong Kece di Air Terjun Putuk Truno Prigen

Air Terjun Putuk Truno Prigen
Air Terjun Putuk Truno Prigen

Kabupaten Pasuruan selain dikenal sebagai daerah industri ternyata juga banyak menyimpan keindahan alam. Beberapa wilayah Kabupaten Pasuruan yang berada di daerah dataran tinggi seperti Prigen banyak menyimpan potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Air Terjun Putuk Truno yang sebenarnya keberadaannya sudah dikelola menjadi objek wisaja sejak dari dulu, tapi mengikuti perkembangan dunia wisata yang semakin hari semakin banyak penggemarnya, Air Terjun Putuk Truno pun banyak berbenah dan menjadi lebih tertata.

Baca juga : Nikmati Resto Atas Bukit di Montidining Semarang

1. Rute Menuju Wisata Alam Putuk Truno

Berlokasi di lereng gunung Arjuno dan Welirang membuat suasana sejuk selalu terasa di Air Terjun Putuk Truno ini. Jika kita ingin berkunjung ke objek wisata alam di Prigen ini sangat mudah sekali untuk menemukannya. Untuk kita yang melakukan perjalanan dari arah Kota Malang ataupun Surabaya cukup menuju ke Pandaan di Kabupaten Pasuruan. Setelah sampai Pandaan kita mengambil rute jalan menanjak ke arah Tretes atau Prigen, jalanan ini juga biasa digunakan untuk jalan alternatif menuju Mojokerto.

Setelah masuk Kecamatan Prigen nanti kita akan berada di percabangan jalan, dan rute yang diambil adalah sisi kiri. Tidak jauh setelah mengikuti jalan akan ada sebuah petunjuk untuk masuk ke area wisata Air Terjun Putuk Truno, sesampainya di lokasi kita akan disambut suasana yang teduh, rapi dan indah. Untuk masuk ke wisata ini kita cukup membayar karcis masuk sebesar 10 ribu di hari biasa dan 15 ribu di hari libur.

2. Suasana Rindang Di Sepanjang Jalur Setapak

Setelah kita masuk ke dalam lokasi tampat wisata, kita diharuskan berjalan menyusuri jalanan setapak yang sudah dipaving rapi. Diantara jalan yang kita lalui berupa turunan dan naikan yang lumayan menguras tenaga. Walaupun begitu kita tidak akan bosan dan merasa capek karena pemandangan di kiri kanan jalanan setapak berupa pepohonan besar dan tanaman hijau liar lainnya yang masih sangat alami menyejukkan suasana sepanjang perjalanan.

3. Kondisi Tempat Wisata Yang Sangat Terawat

Walaupun Putuk Truno adalah tempat wisata air terjun yang masih alami, tapi tempat ini sangat terawat sekali. Sebagai contoh adalah kebersihan tempat wisata ini amat sangat terjaga. Beberapa fasilitas yang mempermudah wisatawan untuk menikmati air terjun juga disediakan dengan baik, seperti anak tangga dengan pegangan yang memudahkan wisatawan turun ke kolam di bawah air terjun. Walaupun tangga-tangga ini buatan tapi masih terkesan alami karena didesain menyerupai kayu.

4. Terdapat 2 Titik Spot Foto Menarik

Kalau kita datang berwisata ke sebuah air terjun mungkin sudah sangat umum rasanya untuk berfoto dengan bergaya di depan air terjun dengan menengadahkan tangan ke atas. Berbeda dengan di Air Terjun Putuk Truno ini, di sini kita disediakan 2 titik spot foto yang sangat menarik walaupun merupakan spot buatan. Spot pertama tepat berada di depan air terjun, Tempat berfoto ini berupa panggung yang memanjang ke depan dengan berbahan papan bambu dilengkapi dengan pagar. Kita bisa berfoto di sini dengan berbagai gaya, selain itu kita juga bisa melihat suasana di bawah air terjun yang biasanya banyak digunakan pengunjung untuk mandi.

Spot foto selanjutnya terletak agak jauh di atas, tempatnya di sebelah samping air terjun. Spot foto ini berupa bangunan gazebo untuk bersantai tapi di atasnya disediakan tempat yang diberi pagar kayu. Banyak yang memilih tempat ini untuk mengambil foto berlatarkan air terjun, karena dari tempat ini air terjun lebih terlihat jelas. Selain itu tempatnya luas, sehingga kita bisa berfoto ramai-ramai bersama teman-teman dari atas tempat ini.

5. Ada Tempat Nongkrong Kece

Kalau bisanya di tempat wisata banyak tersedia warung atau kantin untuk kita sebagai pengunjung membeli makanan, di Air Terjun Putuk Truno ini menyediakan sebuah cafe yang sangat unik dengan mengambil tema hutan. Cafe yang diberi nama Forest Truno Cafe ini terletak di sebelah kanan loket pembayaran sebelum masuk area wisata. Dari kejauhan Cafe ini sangat menarik dan menggoda untuk kita datangi. Berikut ini beberapa hal yang ada di cafe tersebut.

  • Bangunan Bar Yang Eye Catching

Layaknya sebuah cafe, Forest Truno Cafe ini juga punya sebuah bangunan bar. Karena menggambil tema hutan, bar yang juga berfungsi sebagai kasir ini punya desain yang sangat alami menggunakan bahan kayu dan bambu pada bangunannya. Hal ini tentu membuat bangunan ini sangat menyatu dengan hutan yang ada di lokasi ini.

  • Nyaman Untuk Duduk Berlama-Lama

Di Forest Truno Cafe tidak seperti cafe atau tempat ngopi pada umumnya yang banyak memiliki meja dan juga kursi, tempat-tempat yang disediakan di sini berupa gazebo lesehan atau tempat dengan karpet dilengkapi banyak bantal yang membuat kita bisa asik bersantai lama di tempat ini. Tentunya sangat cocok kalau kita datang ke cafe ini bersama teman-teman atau keluarga.

  • Menjadi Spot Foto Yang Menarik

Karena cafe ini masih bagian dari objek wisata Air Terjun Putuk Truno, jangan heran kalau cafe ini juga ingin menarik wisatawan untuk mampir. Selain ngopi atau makan di sini kita juga bisa menemukan spot foto yang bagus. Salah satunya adalah spot foto di tempat gembok cinta, selain itu juga ada sepedah ontel kuno yang bisa kita jadikan spot foto bersama kekasih. 

Spot foto yang juga menjadi hiasan di Forest Truno Cafe ini adalah payung warna-warni yang dipasang bergelantungan di atas area cafe. Akan sangat menarik sekali kalau kita berfoto dengan latar payung-payung ini dan juga pepohonan yang rimbun di sekelilingnya.

  • Hidangan Murah Meriah Untuk Kantong Anak Muda

Kalau kita sudah puas berfoto di cafe unik ini, jangan lupa untuk memesan minuman dan juga makanan di tempat ini. Makanan dan minuman yang disediakan di sini sangat beragam dengan harga yang sangat terjangkau untuk ukuran di sebuah tempat wisata. Untuk kita yang berada di sekitar Prigen bisa datang kapanpun ke cafe ini tanpa harus masuk ke dalam wisata air terjun, jadi tentu bisa menjadi pilihan tempat kencan yang sangat menarik.

6. Tersedia Fasilitas Lain

Layak atau tidaknya sebuah objek wisata untuk dikunjungi biasanya kita nilai dari fasilitas umum yang disediakan. Di Air Terjun Putuk Truno ini disediakan fasilitas yang lengkap, contohnya di bagian depan area wisata kita bisa menemukan sebuah mushalla yang sangat bersih di bawah pepohonan yang rimbun dan sejuk. Selain itu kalau kita perlu pergi ke toilet di tempat ini juga ada beberapa toilet yang sangat bersih karena penjaga selalu membersihkannya setiap kali dipakai. Hal yang tidak kalah penting adalah tersedianya area parkir yang sangat luas dan bisa menampung banyak mobil dan juga motor, penitipan helm pun juga tersedia untuk kita yang membawa motor. Next

ramadan
fi 4 villa di bali

4 Villa di Bali Estetik dan Mewah Mulai Rp 800 Ribuan

Tugu Pahlawan

Berwisata Sambil Belajar Sejarah Di Tugu Pahlawan