in , , ,

Mau Tau Raja Ampatnya Sumatera, Datang ke Ulu Kasok

Siapa yang tak pernah mendengar tempat wisata Raja Ampat? Raja Ampat merupakan destinasi wisata terkenal di Indonesia, sering juga di sebut dengan surganya Indonesia. Raja Ampat identik dengan pemandangan indah yang berasal dari gugusan pulau karang yang terbentang di lautan biru. Nah, di Pulau Sumatera memiliki duplikat yang mirip dengan aslinya yaitu Ulu Kasok sebagai Raja Ampatnya Sumatera. Hal ini karena Puncak Ulu Kasok juga sangat memanjakan mata dengan pemandangan yang tak kalah indahnya seperti Raja Ampat sungguhan.

Baca juga : Jalan-jalan ke Kampung Baduy, Desa yang Memegang Teguh Adat

Jika kamu berada di Pulau Sumatera dan masih belum memiliki budget yang cukup untuk ke Raja Ampat di Papua, mungkin kamu bisa mengunjungi Ulu Kasok. Dari Puncak Ulu Kasok pengunjung dapat menikmati pemandangan indah berupa gugusan pulau-pulau kecil seperti di Raja Ampat Papua. Namun, pulau-pulau di sini bukan dikelilingi oleh lautan melainkan danau biru yang luas. Danau ini dulunya merupakan desa berpenghuni yang kemudian ditenggelamkan karena proyek PLTA. Karena semua bukit tidak tenggelam sepenuhnya, maka puncak bukit inilah yang terlihat seperti pulau mengapung di sepanjang danau.

Saat senja hari di puncak ulu kasok. Foto via wisatalombok.co.id

Puncak wisata Ulu Kasok menawarkan banyak spot foto instagramable, kamu hanya perlu sedikit menguasai aplikasi edit foto dan mengasah skill fotografi agar mendapatkan foto seolah kamu sedang di Raja Ampat sesungguhnya. Jika kamu berkunjung di siang hari atau saat cuaca terik di sini juga tersedia tempat penyewaan payung dan topi, untuk menyewa payung atau topi kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 sepuasnya.

Keindahan ulu kasok seperti raja ampat papua. Foto via bogordaily.com

Apabila kamu ingin berkunjung ke Ulu Kasok, sebaiknya datang di hari Senin-Jum’at, karena apabila kamu berkunjung di saat weekend sudah dipastikan tempat wisata favorit ini akan sangat ramai pengunjung. Fasilitas lain yang dapat kamu temukan di Ulu Kasok antara lain area parkir yang luas, kamar mandi umum dan pedagang makanan di sepanjang jalan yang mudah ditemui.

Terlihat dari atas benatang ulu kasok bak raja ampat. Foto via bashiranews.com

Puncak Ulu Kasok berlokasi di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Untuk mencapai puncak Ulu Kasok, Teman Traveler harus mendaki bukit setinggi 500 meter. Namun tidak perlu khawatir karena di sini juga terdapat jasa ojek motor dengan tarif  Rp. 10.000. Destinasi wisata Puncak Ulu Kasok buka setiap hari dengan biaya masuk yaitu Rp. 10.000 dan Rp. 15.000 bagi yang ingin wisata ke pulau-pulau kecil di Ulu Kasok dengan speedboat. Next

ramadan

5 Tempat Makan Sop Buntut Paling Enak di Kota Surabaya

The 101 Malang OJ Siapkan Menu Berbuka Ala Nusantara dan Mancanegara