in , , , , , ,

Wisata Outbond dan Berenang di Umbul Siblarak Klaten

Nikmati Kegiatan Berenang dan Outbound di Daerah Pedesaan Klaten Jawa Tengah

Kawasan Arum Jeram (c) Ika Septiani/Travelingyuk

Mungkin belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui tentang tempat wisata ini. Salah satu usaha baru BUM Desa Sidowayah yang mengelola berbagai tempat wisata air di kelurahan Sidowayah. Salah satunya adalah Umbul Siblarak. Yuk simak ulasan singkatnya

Baca juga : Pesona Indah Pantai Papuma Jember, Punya Batu Karang yang Mirip Candi

1. Awal Mula Terciptanya Umbul Siblarak

Kawasan Berenang (c) Ika Septiani/Travelingyuk

Umbul Siblarak ini dibangun pada tahun 2017 lalu dan baru dioperasikan pada awal tahun 2019. Tempat wisata yang sekaligus bisa jadi tempat untuk Education seperti mengikuti kegiatan outbound memang menjadi salah satu fasilitas untuk pengunjung jika memilih paket outbound.

Tempat wisata ini terletak di Desa Gondang, Kelurahan Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tepatnya di daerah tempat wisata Janti Sidowayah. Penggarapan umbul ini berawal dari insiatif Kepala Desa Sidowayah untuk memiliki aset desa manakala ke depannya anggaran dari pemerintah tidak turun.

Luas lokasi Umbul Siblarak sekitar 2,5 hektare, gabungan dari kas desa dan bekerja sama dengan warga. Meliputi objek pertanian, pemandian, produksi Spirulina di lokasi atas yang bekerja sama dengan mahasiswa lulusan Universitas Diponegoro. Desa kini telah memiliki aset yang bisa di kembangkan dan menghasilkan.

2. Berbagai Macam Kegiatan Wisata

ATV (c) Ika Septiani/Travelingyuk

Akses ke Umbul Siblarak jalanya sudah lumayan bagus meski terletak di pinggir desa, tapi bus dan mobil sudah bisa masuk. Kalau bus hanya sampai depan pintu masuk Umbul Siblarak saja karena di dalam tempat parkir tidak memadai, sedangkan mobil masih memungkinkan meski hanya cukup 1 hingga 3 mobil saja. Itu juga kalau tidak ramai, tapi kalau pengunjungnya sedang ramai hanya motor saja yang bisa parkir didalam. Untuk parkir dikenakan biaya Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sedangkan akomodasi masuk Rp5.000/orang. Teman Traveler bisa memilih paket outbound yang tersedia.

Di Umbul Siblarak ini ada dua kolam renang untuk anak-anak di bagian atas dan untuk dewasa dibagian bawah yang kedalamannya sampai 150 cm. Selain itu pengunjung juga bisa menyewa ban dengan tarif Rp3.000, ATV Rp25.000, ada juga mini trail Rp15.000 untuk berkeliling menikmati keindahan sekitar. Kalau pengunjung datang langsung tanpa memesan terlebih dulu dan ingin mencoba flying byur dikenakan tarif Rp10.000. Jika ingin mengadakan pertemuan sekaligus berwisata, Teman Traveler dapat menyewa Pendopo dengan tarif sewa Rp300.000.

3. Masih di Alam Pedesaan

Kawasan Bermain Game (c) Ika Septiani/Travelingyuk

Meski tempat wisata ini masih baru dan terletak di pinggir desa yang dikelilingi sawah, Umbul Siblarak ini harus masuk list wisata yang wajib Teman Traveler kunjungi karena kondisinya masih sangat asri dan pengunjung akan merasakan suasana pedesaan yang sejuk dan nyaman.

Akses jalan menuju Umbul Siblarak ini sangat mudah. Jika Teman Traveler datang dari Tegalgondo lurus saja sampai ditempat wisata Janti. Didepan gang masuk desa, ada Banner dengan gambar Umbul Siblarak.

Let’s go to Umbul Siblarak Sidowayah Teman Traveler dijamin tidak akan kecewa deh! Kapan lagi bisa ngerasain Outbond sekaligus berenang. Coba sensasi liburan baru di pedesaan yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan dan pastinya murah meriah. Next

ramadan

Wisata Rumah Hobbit Grafika Cikole, Lembang, Bandung

Pecel Sari Roso Tidar Sam Yono, Harga Murah Rasa Berkualitas