in ,

Ada Shwedagon Pagoda dan Sleeping Budha di Kota Batu

Replika Patung Budha Tidur, via instagram

Shwedagon Pagoda dan Sleeping Budha adalah dua destinasi wisata yang terkenal di masing-masing negara yaitu Myanmar dan Thailand. Tapi traveler Indonesia diberi pilihan lebih hemat untuk melihat keduanya yaitu replika Shwedagon Pagoda di Taman Lumbini, Medan dan Patung Budha Tidur sebagai replika Sleeping Budha yang bisa ditemukan di Mojokerto.

Baca juga : Air Terjun Muri Sobe, Pesona Maumere yang Bikin Ogah Pulang

Ternyata ada cara yang lebih hemat lagi dengan melihatnya dalam satu lokasi dengan syarat traveler harus liburan ke Kota Batu. Kota Wisata Batu memang top markotop dalam urusan pengembangan pariwisata. Taman rekreasi kebanggaan Jawa Timur ada di kota ini lewat Jatim Park 1&2, belum lagi keberadaan Museum Angkut super keren dan sejumlah kawasan wisata alam dan agro.

Replika Patung Budha Tidur, via instagram
Replika Patung Budha Tidur, via instagram

Belum cukup semua destinasi wisata tersebut memanjakan traveler, di kota ini kembali menawarkan traveler untuk melihat langsung Shwedagon Pagoda dan Sleeping Budha dalam satu lokasi. Traveler cukup menuju ke sebuah vihara di alamat Jalan Ir. Soekarno No. 44, kelurahan Mojorejo, kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Adalah Vihara Dhammadipa Arama atau disebut juga dengan Padepokan Dhammadipa Arama, sebuah pusat latihan meditasi Vipassana. Vihara ini juga dibuka untuk umum sehingga menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Kebanyakan mereka yang datang karena penasaran dengan bangunan mirip Shwedagon Pagoda di Myanmar dan juga adanya patung Budha tidur seperti di Thailand.

Tempat meditasi Vihara Dhammadipa Arama, via instagram
Tempat meditasi Vihara Dhammadipa Arama, via instagram

Replika Shwedagon Pagoda bisa traveler jumpai di bagian belakang padepokan dan berada di dekat ruang meditasi. Di area tersebut juga ada museum yang menunjukkan pusat penyebaran agama Budha di seluruh dunia. Masih di bagian belakang dekat kolam, ada sebuah patung yang mencuri perhatian. Inilah patung Budha tidur berukuran besar yang menjadi background foto favorit traveler yang berkunjung ke vihara.

Replika Shwedagon Pagoda, via instagram
Replika Shwedagon Pagoda, via instagram

Sebagai pusat meditasi, kawasan Vihara Dhammadipa Arama begitu sunyi dan tenang. Suhu udara di kawasan ini pun sangat sejuk. Kalau sedang beruntung, di ruang meditasi kamu akan melihat banyak orang yang sedang melakukan meditasi dengan mengenakan pakaian serba putih. Jika datang ke tempat ini kamu boleh foto-foto dan berkeliling sepuasnya tapi ingat tetap jaga kesopanan dan jangan buat kegaduhan. Hormati kegiatan keagamaan yang berlangsung di vihara ini guys. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Berani Stop Kecanduan Gadget Saat Liburan, Hal-Hal Seru Ini Bakal Kamu Rasakan

8 Destinasi Wisata Menakjubkan yang Patut Dikunjungi Ketika Berada di Beijing, Cina