in , ,

Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan, Dari Buruk hingga Jenaka

Megahnya Komplek Vihara Patung Seribu Wajah di Bintan

Vihara Patung Seribu Wajah Bintan
Vihara Patung Seribu Wajah Bintan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Takjub melihat vihara dengan ratusan patung seperti foto di atas? Jangan salah lho Teman Traveler. Gambar tersebut tidak diambil di Tiongkok, melainkan di Pulau Bintan. Ya, masih di Indonesia, tepatnya di Vihara Seribu Wajah.

Baca juga : Kafe Instagenic untuk Nikmati Sunset Terbaik di Bali

Wisata Bernuansa Religi di Bintan

Suasananya seperti di Tiongkok (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selama ini kebanyakan orang mengenal Bintan sebagai pulau dengan deretan pantai eksotis. Padahal kawasan yang masuk wilayah Kepulauan Riau ini punya segudang destinasi menarik lainnya.

Hal tersebut ditunjang fakta bahwa Bintan merupakan pintu gerbang Indonesia dari negara tetangga, selain Batam. Tak heran jika kawasan ini kerap dikunjungi sejumlah turis dari Singapura maupun Malaysia. Tak hanya alam, wisata Bintan juga menarik di mata para pelancong karena sederet destinasi indah bernuansa religi.

Pusat Perkembangan Buddha

Sedikit mendung, tapi tetap megah dari kejauhan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sejarah mencatat Bintan sudah jadi salah satu pusat penyebaran Islam sejak masa Kerajaan Riau di Abad ke-18. Beberapa dokumen dari masa lampau menyebutkan bahwa tiap Jumat dan Hari Besar Islam, Masjid Raya Sultan Riau kerap dipadati umat muslim dari Malaysia, Singapura, dan Brunei.

Meski demikian, Islam bukan satu-satunya kepercayaan yang berkembang pesat di Bintan. Pulau ini juga menjadi salah satu wilayah pusat bagi penganut Buddha di Asia Tenggara. Salah satu buktinya adalah kehadiran Vihara Patung Seribu Wajah yang baru diresmikan pada 2017 silam.

Belakangan bangunan megah tersebut mulai dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Pengecualian untuk Rabu karena digunakan untuk kebutuhan sembahyang.

Sangat Terjangkau Kantong

Deretan patung menakjubkan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Masuk ke komplek Vihara Patung Seribu Wajah, Teman Traveler cukup merogoh kocek Rp5.000. Sangat murah bukan? Bisa jadi alternatif wisata murah ketika kalian sedang berada di Bintan.

Gambaran Watak Manusia

Deretan patung seribu wajah (c) Helga Christina/Travelingyuk

Oh ya, konon di sini Teman Traveler bisa melihat semua karakteristik manusia lewat pahatan wajah di masing-masing patung. Mulai dari watak baik hingga buruk, semua tergambar dalam ekspresi wajah tiap-tiap patung. Ada yang menonjolkan kejujuran, kebaikan, sifat jenaka, hingga sifat buruk yang tak bisa lepas dari semua manusia.

Vihara Patung Seribu Wajah sebenarnya memiliki nama resmi Ksitigarbha Bodhisattva. Namun demikian, keberadaan 500an patung dengan rupa berbeda membuat tempat ini lebih dikenal warga sekitar sebagai vihara ‘Seribu wajah’. Saking uniknya, kawasan ini belakangan menjelma sebagai ikon wisata anyar Tanjung Pinang, Bintan.

Teman Traveler tak perlu takut kelaparan selama menjelajah kawasan ini. Di area dalam vihara, kalian bisa menemukan kios-kios yang menawarkan aneka kerupuk dan jajanan. Jangan risau, semuanya ditawarkan dengan harga cukup wajar kok.

Terakhir, jangan lupa bawa kamera terbaik dan kenakan outfit paling keren. Ada banyak spot bagus di Vihara Patung Seribu Wajah yang bisa Teman Traveler jadikan latar belakang apik untuk berfoto. Bagaimana, tertarik berkunjung ke sini? Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Banana-based Delicacies from Makassar to Sweeten Your Day

Karst Tubing Sedayu

Karst Tubing Sedayu, Wisata Air Seru Jogja yang Pantang Dilewatkan