in ,

Viral Seorang Kepala Desa Buka Pintu Darurat Pesawat, Ini Akibatnya

Baru-baru ini sebuah video viral di media sosial dimana seorang pria paruh baya terlihat membuka pintu darurat pesawat. Bagaimana ini bisa terjadi? Dan apa masalah yang bisa timbul karena pintu darurat pesawat dibuka? Berikut selengkapnya.

Baca juga : Kuliner di Gondangdia Cikini, Deretan Makanan Enak Wajib Buru

Insiden ini terjadi pada penerbangan Citilink dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta yang rencananya akan menuju ke Bandara Ngloram, Blora. Sang pria yang diketahui bernama Sudarto tersebut mengaku tidak sengaja membuka pintu darurat dan tidak tahu akibat dari perbuatannya.

Foto via Merdeka

Pria tersebut ternyata adalah seorang Kepala Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan, Blora. Ia bersama rombongan kepala desa lainnya sedang dalam perjalanan pulang. Saat itu, diketahui bahwa Sudarto dipindah tempat duduknya ke dekat pintu darurat. Karena penasaran, Sudarto pun berusaha membuka pintu tersebut.

Foto oleh Mengliu Di dari Pexels

Meski sempat ditegur dan dilarang oleh penumpang lainnya, Sudarto tidak menggubris. Sampai akhirnya, ketika pintu berhasil terbuka, seorang pramugari datang. Ia pun ditegur dan kemudian diminta untuk turun dari pesawat dan kemudian diinterogasi.

Dalam pengakuannya, insiden tersebut tidak mungkin terjadi jika dia tidak dipindah tempat duduknya. Meski begitu, Sudarto meminta maaf karena telah menyebabkan kegaduhan dan merugikan penumpang lainnya.

“Saya meminta maaf kepada teman-teman kepala desa yang akhirnya terganggu perjalanan pulangnya. Saya siap mengganti biaya perjalanan pulang yang dikeluarkan secara pribadi oleh kawan-kawan kades. Ini murni kesadaran dari saya,” ujar Sudarto, dikutip dari Merdeka.com.

Karena insiden ini, penumpang lainnya yakni rombongan kepala desa akhirnya kembali ke Blora dengan menggunakan bus. Sudarto yang tidak mengetahui hal tersebut pun mengaku akan mengganti biaya perjalanan pulang kawan-kawannya. Ia sendiri kemudian juga kembali ke Blora dengan menggunakan bus.

Perlu diketahui bahwa pintu darurat hanya boleh dibuka ketika kondisi mendesak, membahayakan dan mengancam jiwa. Biasanya mereka yang ditempatkan di dekat pintu darurat akan mendapatkan instruksi khusus sebab jika dibutuhkan, mereka mesti sehat fisik dan mental untuk membantu awak kabin dalam keadaan darurat.

Dari insiden ini ada baiknya jika kita belajar untuk selalu mendengarkan arahan dari pramugari saat akan lepas landas. Terutama jika kamu mendapatkan kursi dekat dengan pintu darurat. Next

ramadan

Kabar Gembira, Borobudur Terima Wisatawan Dengan Prokes Ketat!

Tak Hanya Balap Motor, Sirkuit Mandalika Menyajikan Spot Sunset Yang Menakjubkan