in ,

Penghasil Vodka Khas Indonesia, Minuman Pendamping Upacara Adat

Minuman Beralkohol Vodka dengan Kearifan Lokal Khas Indonesia

FI Vodka Khas Indonesia via Instagram @d_tahitu
FI Vodka Khas Indonesia via Instagram @d_tahitu

Minuman beralkohol vodka lebih dikenal berasal dari Rusia. Namun, rupanya terdapat daerah penghasil vodka dengan kearifan lokal khas Indonesia. Umumnya digunakan sebagai pendamping saat upacara adat maupun ritual penting lain.

Baca juga : Serunya Nongkrong Asyik di Banyuwangi, Ada Kafe dengan Pemandangan Lautan

Bukan sekadar minuman beralkohol, vodka khas Indonesia ini mempertahankan pembuatan secara tradisional. Di mana saja dan apa namanya?

Minuman Fermentasi Gula

Ilustrasi Vodka via shutterstock

Vodka pertama kali diketahui bermula di Rusia pada abad ke-19 dan abad ke-18 di Polandia. Vodka sendiri merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari beragam penganan yang mengandung gula maupun tepung pati, kemudian disuling untuk meningkatkan kadar alkoholnya.

Dewasa ini vodka bisa terbuat dari biji-bijian; di antaranya sorgum, jagung, beras, maupun gandung hitam. Ada pula yang berasal dari kentang, buah-buahan, maupun hanya gula. Ciri khas vodka lainnya adalah warnanya bening alias transparan.

Cap Tikus, Sulawesi Utara

Cap Tikus via Instagram @captikus1978

Sulawesi Utara tepatnya di daerah Manado dan sekitarnya merupakan daerah penghasil vodka khas Indonesia yang disebut cap tikus. Minuman beralkohol ini terbuat dari air nira pada pohon aren. Proses penyulingan untuk menghasilkan cap tikus dilakukan berkali-kali demi kualitas yang baik.

Cap tikus sendiri sudah lama dikenal oleh orang Minahasa, bahkan dulunya hanya diminum oleh bangsawan dalam acara adat. Namun kini bebas dikonsumsi oleh siapa pun. Minuman ini juga biasanya digunakan untuk upacara rumah baru sebagai persembahan untuk dewa leluhur.

Arak Bali 

Arak Bali via Instagram @handi_yuliawan

Selanjutnya adalah arak Bali yang biasanya digunakan sebagai pelengkap upacara adat, sebab ia dipercaya sebagai penetral dari beragam hawa buruk. Vodka khas Indonesia satu ini terbuat dari fermentasi beras yang disuling untuk melepaskan kandungan gula demi meningkatkan kadar alkohol.

Waktu paling tepat untuk membuat arak Bali sendiri biasanya saat musim kemarau. Sebab jika musim hujan maka kandungan airnya terlalu banyak sehingga dapat menurunkan kadar alkoholnya.

Sopi, NTT

FI Vodka Khas Indonesia via Instagram @d_tahitu
Sopi via Instagram @d_tahitu

Penghasil vodka khas Indonesia selanjutnya adalah Nusa Tenggara Timur tepatnya di kawasan Maluku. Terdapat minuman beralkohol bening bernama sopi koli yang terbuat dari aren. Demi mendapatkan kualitas sopi terbaik, maka dilakukan penyulingan hingga beberapa kali sampai warnanya bening.

Proses Penyulingan Sopi via shutterstock

Sopi biasanya disajikan saat ada tamu datang ke rumah, upacara adat, maupun pernikahan adat. Namun kini juga sebagai minuman untuk menghangatkan badan.

Tidak disangka ada pula vodka dengan kearifan lokal khas Indonesia. Sungguh beragam cerita di balik kuliner Nusantara dan adat yang melingkupinya. Ada minuman sejenis di daerah Teman Traveler?
Next

ramadan
Rokupang Surabaya

Rokupang Surabaya, Roti Panggang Kekinian Favorit Millennial

Es Pankuk Pak Yono

Es Pankuk Pak Yono, Segarnya Melegenda Sejak 1950