in , ,

Warung Lotek Bu Ririn, Kuliner Cilacap Pas Disantap Siang-siang

Melewatkan Siang di Cilacap Sambil Santap Nikmatnya Lotek Bu Ririn

Rujak Bebeg, salah satu menu andalan Bu Ririn
Rujak Bebeg, salah satu menu andalan Bu Ririn (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika Teman Traveler sedang wisata di Cilacap, jangan lupa mampir ke Warung Lotek Bu Ririn. Tempatnya ada di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, tepat di depan kantor BPRS Gunung Slamet, Cilacap Selatan. Penasaran seperti apa istimewanya lotek satu ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Baca juga : Bribean Bandung, Yuk Cicipi Enaknya Donat Ketemu Kopi

Usaha Turun-Temurun

img_20190916_131802_ssf.jpg
Warung sederhana (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meski menempati warung non-permanen, rupanya Warung Lotek Bu Ririn merupakan usaha turun-temurun dari keluarga. Semuanya bermula dari sang nenek, yang mulai berjualan lotek saat Bu Ririn masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Usaha tersebut kemudian terus langgeng hingga generasi ketiga dan sudah bertahan melewati tiga dekade.

Ciri Khas Lotek

img_20190916_132228_hsA.jpg
Dapur Bu Ririn (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang belum tahu, sajian lotek menggunakan bahan utama yang hampir mirip dengan gado-gado dan pecel. Satu yang jadi pembeda adalah bumbu kacangnya. Dibuat secara dadakan dan punya cita rasa berbeda.

Jika gado-gado dan pecel umumnya disiram bumbu kacang jadi, maka lotek tidak begitu demikian. Bumbu lotek diracik dan diuleg dadakan sesuai pesanan. Bahan-bahannya terbilang sederhana, terdiri dari kacang tanah goreng, bawang putih, kencur, terasi, cabai, garam, dan air secukupnya. Semuanya diracik sedemikian rupa hingga lembut dan tercampur merata.

img_3960_g4o.JPG
Seporsi lotek Bu Ririn (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, keunikan lain lotek dibanding gado-gado dan pecel adalah penyajiannya. Alih-alih menyiramkan bumbu pada bahan-bahan utama, di sini justru sayur-sayurannya yang dimasukkan ke dalam cobek berisi bumbu kacang. Semuanya diaduk hingga merata sebelum disajikan di piring atau pincukan daun pisang. Menarik, bukan?

Soal rasa, tak perlu ditanya. Lotek racikan Bu Ririn sudah terbukti lezat dan pedas memanjakan lidah. Dijamin bakal puas!

Wajib Coba Rujak Uleg dan Rujak Bebeg

img_3958_ZBO.JPG
Membuat rujak uleg (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain lotek, Teman Traveler wajib sempurnakan pengalaman kulineran di warung Bu Ririn dengan memesan rujak. Satu hal yang membuat rujak di sini terasa spesial adalah variannya. Kalian bisa pesan rujak uleg atau bebeg. Terdengar menggiurkan bukan?

img_20190916_135248_W9b.jpg
Rujak bebeg spesial pakai kerupuk mie (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Seporsi rujak uleg di sini biasanya disajikan bersama ubi kuning dan beberapa jenis buah, seperti mangga, kedondong, jambu, pepaya, nanas, dan timun. Semuanya bakal dipotong tipis-tipis sebelum dicampur sambal kacang di dalam cobek.

Sementara untuk rujak bebeg, semua komponen tersebut akan dicacah agak lembut sebelum dicampur dengan sambal kacang. Agar rasanya makin spesial, Teman Traveler bisa request untuk tambahan es batu atau kerupuk mie.

Cocok Disantap Siang-siang

img_20190916_131700_BJj.jpg
Suasana di dalam warung (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Buka tiap hari mulai pukul 10.00 sampai 16.00 WIB, Teman Traveler bisa menikmati lotek dan rujak Bu Ririn di warung langsung maupun dibawa pulang. Cocok banget disantap sebagai menu makan siang. Begitu perut kenyang usai makan lotek, bisa lanjut dengan menyantap segarnya rujak. Mantap!

img_20190916_134954_NIt.jpg
Rujek uleg pakai es batu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jadi, catat baik-baik lokasi Warung Lotek Bu Ririn ya. Jika berangkat dari Alun-alun kota, Teman Traveler tinggal arahkan kendaraan ke Perempatan Bandengan dan belok ke Jalan Wahidin. Warung ini bakal kalian temukan sekitar 200 meter di sisi kiri jalan.

Harganya lumayan terjangkau Teman Traveler. Kalian cukup siapkan sekitar Rp30.000 untuk bisa menyantap lotek dan rujak buatan Bu Ririn. Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Cilacap ya. Next

ramadan
Senja di Pantai Baliana

Pantai dengan Sunset Indah di Kupang, Cantiknya Bikin Terhipnotis

Makanan Masa Depan Manusia, Salah Satunya Memakan Uap!