in ,

Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat di Semarang, Cita rasa Gurih Pedas Kuah Melimpah Sejak 1969

Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat yang Begitu Populer di Semarang

via Instagram/lely_yan
via Instagram/lely_yan

Mangut merupakan gulai pedas khas Jawa. Kebanyakan bahan untuk membuat mangut adalah ikan pari asap, ataupun juga lele. Namun di Semarang ada mangut yang terbuat dari ikan manyung, memberikan sesasi rasa yang berbeda. Ada sebuah tempat makan legendaris di Semarang yang populer dan menyuguhkan menu mangut kepala manyung yang nikmatnya tak ketulungan. Namanya adalah Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat. Penasaran? Yuk, baca lebih lanjut.

Baca juga : Homestay 100 Ribuan di Lombok, Bisa Liburan Seminggu Tanpa Nombok

Tempat Makan Legendaris Tahun 1969

Kepala Manyung Bu Fat, via Instagram/jktfoodead
Kepala Manyung Bu Fat, via Instagram/jktfoodead

Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat sudah ada sejak tahun 1969. Pendirinya bernama Ibu Fatimah dan disingkat menjadi Bu Fat. Saat ini, tempat makan legendaris di Semarang ini telah dikelola oleh generasi ketiga. Salah satu penerusnya yang saat ini turut mengelola bisnis keluarga ini adalah Winda Riskayani.

Sekitar tahun 1970-1980-an, Bu Fat kala itu mencoba mengolah ikan manyung dengan teknik pengasapan dan dengan kuah mangut yang pedas. Menu tersebut lalu dilombakan di beberapa acara masak tingkat Kota Semarang, dan tidak disangkat mangut pedas ini berhasil membuat para juri luluh dan keluar sebagai pemenang.

Resep yang Selalu Dijaga Secara Turun Temurun

Sajikan menu beragam, via Instagram/irma_aryatanti
Sajikan menu beragam, via Instagram/irma_aryatanti

Nah, resep mangut ikan manyung ini sudah dijaga dengan telaten oleh keluarga Fatimah. Dan salah satu kunci utama dalam menjaga cita rasa ikan manyung ini adalah disiplin menjaga berbagai kualitasnya. Selain itu, ikan yang dipilih adalah yang berasal dari sumber yang sama. Bumbu-bumbu yang digunakan tak ada yang dikurangi sedikit pun. Karena itulah dalam sehari bisa menghabiskan hampir 15 kg cabai rawit dan bisa sampai 100 porsi mangut ikan manyung.

Manyung Merupakan Ikan yang Tak Biasa untuk Mangut

Kuliner pedas, via Instagram/lely_yan
Kuliner pedas, via Instagram/lely_yan

Biasanya jenis ikan yang dijadikan sebagai mangut adalah lele ataupun ikan pari. Dan ikan manyung kebanyakan dimanfaatkan atau diolah mejadi ikan asin jambal roti. Namun di sini, Teman Traveler bisa mencoba mangut dari ikan manyung.

 Menu yang bisa dicoba saat ke Semarang, via Instagram/indonesianfoods.id
Menu yang bisa dicoba saat ke Semarang, via Instagram/indonesianfoods.id

Dahulu jarang sekali ada yang mengasap, apalagi dimasak dengan bumbu-bumbu. Masyarakat setempat lebih memilih jenis ikan lainnya yang lebih familiar. Alasan kenapa ikan manyung ini digemari adalah karena memberikan cita rasa yang gurih dan dagingnya yang padat.

Alamat Resto Kepala Manyung Bu Fat di Semarang

Citarasa mantap, via Instagram/jazzyculinary
Citarasa mantap, via Instagram/jazzyculinary

Resto Kepala Manyung Bu Fat berada di Jl. Sukun Raya No. 36, Banyumanik, Semarang. Ada dua tempat lainnya yang bisa dikunjungi, di Jl. Banyumanik dan di Jl. Ariloka, Krobokan, Semarang Barat. Untuk jam bukanya mulai dari 07:00 hingga 17:00 WIB. Untuk satu porsi kepala manyung di sini dibandrol Rp75.000 hingga Rp150.000, jika beratnya sampai 2 kg lebih.

Rasa dari mangut di Warung Makan Kepala Manyung Bu FatĀ ini adalah gurih dan pedas. Karena itulah, buat kamu yang kurang gemar dengan kuliner pedas, bisa kurang-kurangi cabainya. Menu sempurna untuk makan siang, nih. Next

ramadan
Bukit Klangon

Bukit Klangon, Sensasi Baru Menikmati Keindahan Gunung Merapi yang Memesona

Ledakan di Ampera

Ledakan di Bawah Jembatan Ampera, Telan Korban Jiwa dan Putus Arus Lalu Lintas