in ,

Warung Sembilang Pak Kasan Gresik, Olah Ikan Beracun jadi Kuliner Nikmat

Warung Sembilang Pak Kasan yang Memiliki Citarasa Istimewa

Warung Sembilang Pak Kasan
Warung Sembilang Pak Kasan

Nasi krawu merupakan salah satu menu yang sangat perlu untuk dicicipi jika jalan-jalan ke wilayah Gresik. Selain itu, ternyata masih ada kuliner jagoan lainnya yang bisa dicoba sendiri kelezatannya, mampir saja ke Warung Sembilang Pak Kasan. Ada apa saja, ya?

Baca juga : 7 Wisata Sepeda Gantung di Jawa Timur, Pengalaman Seru Sekaligus Menguji Adrenalin

Ikan Sembilang Beracun Jadi Menu Utama

Kelan sembilang yang begitu menggiurkan, via Instagram/teguh_bisa
Kelan sembilang yang begitu menggiurkan, via Instagram/teguh_bisa

Menu utama di tempat makan Gresik ini adalah sembilang, sejenis ikan laut yang memiliki bentuk seperti lele, namun memiliki 3 patil. Ada yang menyebutkan jika sekilas memiliki bentuk seperti ikan patin dengan patil yang menyengat serta kulitnya hitam, namun dagingnya lebih kenyal.

Jika diolah dengan bumbu yang tepat, ikan ini akan memberikan rasa yang begitu menggugah selera. Hal itulah yang dilakukan di Warung Sembilang Pak Kasan Gresik.

Ikan Beracun Namun Memiliki Banyak Gizi Baik

Kuliner andalan Gresik, via Instagram/emmatitaley
Kuliner andalan Gresik, via Instagram/emmatitaley

Semua nelayan sepertinya tahu betul jika ikan sembilang ini memiliki racun yang sangat mematikan di bagian patilnya. Untuk mengatisipasinya, jika menangkap ikan ini, ada baiknya untuk terlebih dahulu memotong patilnya. Racun yang terdapat di ikan ini untungnya bersifat heat-labile atau rusak saat terkena panas, jadi aman untuk dikonsumsi setelah dimasak.

Meskipun beracun, ternyata ikan ini memiliki banyak kandungan baik yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan. Ada kandungan asam lemak omega 2, karbohidrat, lemak yang rendah, fosfor, protein dan lain sebagainya. Karena hal inilah, meskipun ikan ini beracun tetap saja diburu.

Warung Sembilang Pak Kasan Sederhana Namun Istimewa

Citarasa yang menggoyang lidah, via Instagram/kulinergresik
Citarasa yang menggoyang lidah, via Instagram/kulinergresik

Warung Sembilang Pak Kasan ini menawarkan menu utama dan satu-satunya, yaitu kelan kuning sembilang. Cita rasa menu ini adalah asam-asam bercampur pedas, yang dipadu dengan kenyalnya ikan sembilang, mantap di lidah.

Biasanya ikan sembilang ini akan disuguhkan ke dalam mangkok yang nantinya ditaburi irisan daun bawang. Dicampur dengan nasi hangat, akan membuat kamu datang kembali.

Lokasi Warung Sembilang Pak Kasan

Kuah kuning dengan rasa menyegarkan, via Instagram/novitatriratna
Kuah kuning dengan rasa menyegarkan, via Instagram/novitatriratna

Selain cita rasa kelan kuning yang enak dan menyegarkan, suasana di tempat makan Gresik ini juga mendukung. Warungnya terletak di tengah-tengah tambak, jadi makin menyatu dengan alam.

Lokasinya berada di wilayah Mengare, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Jaraknya kira-kira 3,5 kilometer dari gapura Dea Karangrejo, Kecamatan Manyar. Atau bisa ditempuh 10 kilometer dari pusat Kota Gresik.

Satu-satunya menu, via Instagram/emmatitaley
Satu-satunya menu, via Instagram/emmatitaley

Jika berkunjung dari luar kota, ada baiknya untuk memesan terlebih dahulu. Meskipun buka dari pagi, akan segera tutup pada siang hari karena telah ludes habis.

Untuk menikmati sajian yang begitu nikmat ini, Teman Traveler perlu merogok kocek sebesar Rp17.000 sampai denganRp45.000. Harga tersebut sebanding dengan kenikmatan yang akan ditawarkan. Maka dari itulah, jalan-jalan ke Gresik perlu sekali mampir ke tempat satu ini.

Penduduk Indonesia memang begitu kreatif ya Teman Traveler. Makanya, ikan yang memiliki racun ini saja disulap menjadi penganan yang nikmat. Jangan lupa mampir ke sini ya. Next

ramadan

Enjoying the Art of Maestro Blanco at Blanco Renaissance Museum Ubud

Hotel Instagenic di Semarang, Siap-Siap Gaya Depan Kamera!