in ,

Watu Giring, Perpaduan Antara Pahatan Manusia dan Alam

Pesona Watu Giring di Jogja yang Indahnya Bikin Terpesona

Via Instagram jhodyzetya
Via Instagram jhodyzetya

Jogja menyuguhkan banyak sekali potensi wisata yang cantik dan unik. Ada sumber air, pantai, hutan, bahkan bebatuan dengan bentuk menawan. Ada sebuah destinasi wisata bernama Watu Giring yang memiliki bentuk begitu unik, Instagenic sekaligus cantik. Karena bentuknya yang keren inilah, banyak muda mudi datang ke lokasi ini hanya untuk berselfie. Lokasi ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata jika berjelajah Jogja.

Baca juga : Mobii Food, Nikmatnya Coklat di Titik Nol Kilometer Jogja

1. Asal Usul Destinasi Watu Giring

Watu Giring, Via Instagram taufikstrauss
Watu Giring, Via Instagram taufikstrauss

Watu Giring ini bukan yang ada dengan sendirinya. Destinasi ini ternyata merupakan bekas tambang batu kapur. Tidak diketahui, sengaja ataupun tidak bekas tambang yang telah berusia puluhan tahun ini menyerupai bangunan candi kuno. Struktur bangunannya tertata apik dan cantik, sehingga memang jika dilihat sekilas bangunannya menyerupai bentuk candi candi kecil yang berundak. Bahkan saking uniknya, banyak yang menyebutkan jika destinasi wisata ini mirip dengan wisata Bukit Breksi di Kalasan.

2. Lokasi Tepatnya Watu Giring

Lokasi yang Instagenic, Via Instagram dek_madz
Lokasi yang Instagenic, Via Instagram dek_madz

Watu Giring atau masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Nggiringan ini berlokasi di Padukuhan Jelok, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya berada di sebelah timur Kota Wonosari. Rutenya sama dengan menuju ke Kali Suci, dari Jogja lewat jalan Wonosari lalu ke Semanu, sebelum Rumah Sakit Pelita Husada belok kanan, di situlah ada plang penunjuk jalan menuju ke wisata ini. Lokasinya begitu cantik, seperti candi berundak dipadu dengan lingkungan alam yang cukup asri. Tidak salah jika banyak orang berkunjung ke sini.

3. Harga Tiket Masuk di Watu Giring

Panorama yang memikat hati, Via Instagram yyanuar_2197
Panorama yang memikat hati, Via Instagram yyanuar_2197

Bagi Teman Traveler yang ingin mampir sejenak di lokasi ini, bisa banget. Biaya retribusi yang ditarik sangatlah murah. Lantaran dikelola oleh masyarakat setempat, biayanya hanya uang parkir Rp2,000 untuk sepeda motor. Sementara untuk biaya parkir mobil Rp5,000 berlaku per Juli 2018. Tentu saja itu tidak akan sebanding dengan panorama dan keindahan yang ditawarkan oleh Watu Giring.

4. Fasilitas di Ditawarkan Watu Giring

Campur tangan manusia dan alam, Via Instagram dam.faqodz
Campur tangan manusia dan alam, Via Instagram dam.faqodz

Fasilitas di destinasi wisata Jogja ini memang belum terlalu memadai. Namun setidaknya sudah ada tempat duduk dari bambu yang bisa digunakan untuk istirahat. Ada juga warung yang menjual kuliner tradisional seperti halnya belalang goreng yang sangat khas di Gunungkidul. Bisa jadi santapan saat berkunjung ataupun jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Lokasi yang bisa banget untuk dijelajahi jika berkunjung ke Jogja. Tempatnya Instagenic dan sangat asik. Yuk Teman Traveler jelajahi lokasi ini jika sedang jalan-jalan di Kota Pelajar, pulang-pulang bisa dapatkan stok foto yang sangat banyak. Next

ramadan
Wisata Palembang

60 Wisata Palembang, Destinasi Liburan yang Pastinya Bikin Senang

Same Resort Bira

Intip Indahnya Same Resort Bira, Penginapan Asean Games