in ,

5 Merk Wine Asli Buatan Indonesia, Kamu Suka Yang Mana?

Menyimak para produsen wine terbaik di Indonesia

Siapa yang tidak tahu wine? Minuman beralkohol yang terbuat dari hasil fermentasi anggur atau buah-buahan ini tidak pernah absen dari jamuan mewah. Tidak hanya dibuat di luar negeri, minuman ini juga diproduksi di Indonesia, loh! Berikut 5 merk wine asli buatan Indonesia yang harus Teman Traveler coba.

Baca juga : Mie Ayam Kang Kosim Bogor, Sumpah Bikin Nagih!

1. Bellisimo

Image may contain: 1 person, drink
Wine merk Bellisimo via Instagram/bellissimowines

Produk wine yang satu ini diproduksi oleh Dima International Wines, salah satu produsen wine terbesar di Indonesia. Minuman ini memiliki tiga varian utama, yaitu Sparkling Moscato, Sparkling Dolce Rosso, dan Bellisimo Moscato.

Meskipun sama-sama memiliki rasa manis dan pekat, varian Bellisimo Moscato dibuat lebih ringan dengan kandungan alkohol rendah serta aroma buah yang lebih wangi. Cocok buat Teman Traveler yang baru pertama kali mengonsumsi wine.

2. Cape Discovery

No photo description available.
Wine merk Cape Discovery via Instagram/cape.discovery

Produk wine ini diproduksi di daerah Singaraja, Bali. Menggunakan buah anggur impor dan diolah dengan teknik modern, Cape Discovery berusaha menjaga cita rasa anggur tetap terjaga bahkan hingga tersaji dalam bentuk wine.

Cape Discovery sendiri sudah menelurkan berbagai macam varian seperti Sauvignon Blanc, Rosé, Cabernet Merlot, dan Shiraz. Tidak hanya dikonsumsi oleh warga Indonesia, produk-produk merekapun jadi favorit wisatawan asing yang berkunjung ke Bali.

3. Hatten Wines

Image may contain: drink, outdoor and nature
Wine merk Hatten Wines via Instagram/hattenwines

Produk ini sudah menjadi salah satu primadona Bali sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1994. Perkebunannya sendiri terletak sepanjang pantai utara Bali yang terkenal memiliki tanah kualitas terbaik.

Hatten Wines menggunakan anggur hitam lokal jenis French table grapes dan Alphones-Lavalleé, serta anggur putih lokal, yaitu Belgia dan Probolinggo Biru.

Awalnya, produsen anggur ini terkenal dengan produk rosé vintage, lalu seiring berjalannya waktu, mereka memperluas variasi produknya ke jenis redwine, whitewine, dan whitebrut.

4. Sababay

Image may contain: drink, table and indoor
Wine merk Sababay via Instagram/ababaywinery

Produk wine yang satu ini dihasilkan dari kebun anggur para petani lokal di sekitar Buleleng, Bali. Mereka menjalin sistem mitra dengan 175 petani, di mana hasil panennya dibayar 10 kali lipat lebih tinggi.

Produk-produk Sababay sendiri sudah terkenal hingga diekspor ke luar negeri. Salah satunya yang jadi primadona adalah varian Moscato d’Bali, anggur Asia pertama yang digunakan secara eksklusif di resto dan museum wine paling terkenal di Prancis, La Cite du Vin.

Selain itu, Sababay juga memproduksi varian lain yang tak kalah berkualitas, seperti Mascetti, Ludisia, dan White Velvet

5. Baliwein

Image may contain: outdoor
Wine merk Baliwein via Instagram/baliwinestore_

Berbeda dengan produsen lainnya, Baliwein memproduksi wine yang bahan bakunya tidak hanya dari anggur, melainkan dari berbagai macam buah lokal lainnya, seperti stroberi, sirsak, salak, jambu mete, dan jahe.

Diproduksi oleh CV Kayubatu sejak tahun 2003, produk-produk Baliwein sudah mendapat pasarnya sendiri di kalangan wisatawan karena rasanya yang unik dan bermacam-macam. Ada manis, asam, sampai sepat.

Demikian 5 merk wine asli buatan Indonesia. Next

ramadan
Menginap di Ryokan

Ryokan, Yuk Intip Uniknya Hotel Tradisional ala Jepang

Mengenang Eduard Douwes Dekker, di Museum Multatuli Rangkasbitung