in ,

Wisata Air Biduk-biduk, Keelokan Tersembunyi di Ujung Kalimantan Timur

Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur Menyuguhkan Wisata Bahari

Pantai Biduk-biduk
Pantai Biduk-biduk

Berau, salah satu kabupaten di Provinsi di Kalimantan Timur menjadi salah satu destinasi yang wajib ada dalam daftar liburan impian Teman Traveler. Apa lagi kalu bukan adanya Maratua yang keindahannya disebut sebagai Maldivesnya Indonesia. Ternyata tak hanya itu, kawasan ini juga punya pesona lain yang sayang untuk tak dilihat langsung, yaitu wisata air Biduk-biduk. Ada apa saja di kecamatan tersebut ya?

Baca juga : Kemping di Bukit Lakeppo, Ditemani Uniknya Pohon Jomblo

Danau Dua Rasa, Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin via Shutterstock
Danau Labuan Cermin via Shutterstock

Danau Labuan Cermin berlokasi di Desa Labuan Kelambu Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur, bisa ditempuh selama 6 sampai 7 jam dari ibu kota Kabupaten Berau. Sesuai dengan namanya, danau ini begitu jernih hingga bisa memantulkan cahaya matahari. Keistimewaan Labuan Cermin atau biasa juga disebut Danau Dua Rasa lainnya adalah mengandung air asin pada permukaan danau, sedangkan di dasar danau terkandung air tawar.

Batas antara air tawar dan air asin inilah yang menyebabkan danau ini memiliki lapisan yang dapat memantulkan sinar matahari. Kedalaman danau kurang lebih 4 sampai 5 meter. Bagi pecinta snorkeling juga bisa menyalurkan hobinya di Labuan Cermin, karena area ini kaya akan biota laut terutama ikan yang indah.

Pantai Biduk-biduk

Pantai Biduk-biduk via Shutterstock
Pantai Biduk-biduk via Shutterstock

Pantai Biduk-biduk berjarak kurang lebih 10 menit dari pusat kecamatan, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor. Pantai dengan pasir putih yang berasal dari terumbu karang ini memiliki air laut yang jernih. Dengan suasana yang masih sangat asri, Teman Traveler bisa menghabiskan hari bersantai di sini. Kalau beruntung Pantai Biduk-biduk bisa serasa milik pribadi karena selain weekend belum banyak pelancong yang berkunjung. Tidak perlu takut kelaparan karena terdapat beberapa warung makan sederhana di kawasan tersebut.

Air Terjun Penimbul

Air Terjun Penimbul via Instagram @bawanasi465
Air Terjun Penimbul via Instagram @bawanasi465

Di Kecamatan Biduk-biduk terdapat sebuah kampung bernama Teluk Sumbang yang dapat ditempuh menggunakan boat berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kecamatan. Harga menyewa boat memang terbilang tidak murah, perlu menyiapkan budget Rp600 ribuan. Namun memang sudah termasuk paket mengelilingi teluk dan pulau-pulau di area Kecamatan Biduk-biduk.

Teluk Sumbang menawarkan panorama tiga air terjun, diantaranya Air Terjun Penimbul yang berjarak 25 menit dari dermaga dengan berjalan kaki menyusuri pantai. Air terjun berundak ini memang guyuran airnya tidak terlalu tinggi, namun debit airnya cukup deras dan airnya jernih. Teman Traveler bisa berendam di kolam yang menampung guyuran air terjun Penimbul.

 

Wisata air Biduk-biduk menambah daftar destinasi liburan untuk Teman Traveler. Sekalipun memakan waktu yang tidak singkat untuk mencapai tempat tujuan serta membutuhkan persiapan biaya yang tidak sedikit juga. Namun rasa puas akan terasa apabila telah menyaksikan sendiri keelokan panorama di area yang telah diulas di atas. Adakah Teman Traveler yang sudah menjelajahi wana wisata Kecamatan Biduk-biduk? Next

ramadan
Umbul Sigedang

Umbul Sigedang, Rekomendasi Wisata Alam Menyegarkan di Klaten

Kedai Lupis Jogja

Kedai Lupis Jogja, Kuliner Tradisional Rasa Kekinian dengan Aneka Topping