in ,

Wisata Air di Jombang, Waktunya Habiskan Akhir Pekan dengan Basah-basahan

Wisata Alam Jombang, Referensi Destinasi Liburan di Kota Santri

Kedung Cinet

Jombang, kabupaten yang tersohor dengan sebutan Kota Santri karena terdapat banyak pondok pesantren. Beberapa tokoh Indonesia pun lahir di area ini salah satunya mantan Presiden Gus Dur, yang makamnya juga dijadikan jujugan wisata religi. Tidak hanya wisata sejarah dan religi, Jombang pun memiliki sederet wisata alam. Berikut merupakan wisata air di Jombang yang bisa Teman Traveler jadikan referensi berlibur.

Baca juga : Bingung Cari Sarapan di Ambarawa? Ke Warung Mbok Kami Aja

Coban Selolapis

Coban Selolapis via Instagram @leksono_photo

Coban Selolapis merupakan salah satu destinasi cukup tersohor di Kabupaten Jombang. Berada di Mendiro, Panglungan, Wonosalam. Selo berarti batu, lapis artinya bertingkat. Air terjun ini memang bentuknya bertingkat di antara bebatuan. Di lokasi coban Selolapis terdapat dua air terjun, yang satu memiliki ketinggian 8-10 meter dengan debit air deras, sedangkan satunya lagi tingginya sekitar 5 meter dengan guyuran air lembut. Posisi air terjun kedua ini berada di bagian atas yang mengalir di antara tebing batu.

Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng via Instagram @explorejombang

Air terjun di Jombang ini berlokasi di Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Lokasi air terjun Grenjeng ini belum banyak dijamah namun termasuk yang mudah ditemukan karena aksesnya tidak terlalu susah. Teman Traveler harus melewati kebun tebu yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Air terjun Grenjeng memiliki ketinggian guyuran air tidak terlalu tinggi, sekitar 8 meter tetapi titik airnya ada lebih dari 1. Kondisi kolam yang menampung air tidak terlalu dalam sehingga bisa dimanfaatkan untuk sekedar bermain air.

Air Terjun Sekar Pudak Sari

Air Terjun Pudak Sari via Instagram @rachmatarif

Wisata air di Jombang satu ini berlokasi di Dusun Wonokerso, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Air terjun Pudak Sari yang berada di tengah hutan ini mempunyai debit air cukup deras. Untuk mencapai air terjun yang konon namanya berarti bunga yang harum ini, ditempuh selama paling tidak 30 menit dengan motor. Namun sebaiknya dipastikan kondisi motor harus prima karena jalannya tidak mulus. Kalau ingin berkunjung sebaiknya tidak saat musim hujan karena bisa terkena banjir atau saat weekend karena akan ramai.

Kedung Cinet

Kedung Cinet via Instagram @anugrah_c219

Kedung Cinet berada di Desa Klithih, Kecamataan Plandaan, Kabupaten Jombang, terletak di tengah-tengah hutan. Untuk dapat merasakan betapa indahnya wisata air di Jombang ini harus ditempuh selama kurang lebih 10 kilometer, melewati hutan jati dan kebun milik penduduk setempat. Sungai yang dikelilingi oleh bebatuan indah berwarna coklat ini memiliki panorama elok. Biasa diburu oleh fotografer, apalagi airnya jernih dengan warna kehijauan.

Kalau singgah di Jombang, sempatkan menjelajah ke wisata air yang telah diulas di atas ya. Atau mungkin Teman Traveler sudah pernah berkunjung ke destinasi tersebut? Boleh dong cerita pengalamannya di kolom komentar. Next

ramadan
Pulau Samber Gelap, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

5 Destinasi di Kotabaru, Bisa Island Hopping Saat Jelajah Kalimantan Selatan

Jelajah Bukit di Sleman, Pesawahan dan Gunung Merapi Jadi Pemandangan