in ,

Wisata Air Terjun Lombok yang Indahnya Luar Biasa

Sendang Gile [image source]

Meskipun Lombok mungkin lebih terkenal dengan pantai berpasir putihnya, pulau tersebut juga memiliki banyak wisata air terjun yang tak kalah keren lho. Penasaran? Yuk intip sebagian yang indahnya luar biasa dan bikin takjub!

Baca juga : 6 Destinasi Untuk Melarikan Diri di Bali

1. Air Terjun Sendang Gile

Sendang Gile [image source]

Air terjun ini menjadi salah satu primadona yang diburu oleh para traveler yang mampir ke Lombok. Letaknya ada di Desa Senaru, 2 kilometer dari Desa Bayan. Destinasi indah ini ternyata juga masuk kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani lho. Dan masyarakat setempat biasa menyebutnya Batu Ko’, yang berarti batu kerbau. Usut punya usut, air terjun Sendang Gile sendiri dulunya dipercaya sebagai tempat bidadari mandi ketika mereka turun ke bumi.

Sendang Gile [image source]

Oleh karenanya, penduduk sekitar percaya bahwa mandi atau pun membasuh muka di air terjun ini bisa membuat seseorang jadi lebih muda satu tahun daripada usia aslinya. Wah boleh banget nih dicoba buat kamu yang ingin terus awet muda! Untuk akomodasi, waktu tempuh menuju Desa Senaru dari Mataram sekitar 2-3 jam dengan kendaraan roda empat. Kemudian ada rute yang dapat dilalui oleh para traveler, yaitu melalui Pusuk atau Pantai Senggigi.

Lokasi  : Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

2. Air Terjun Otak Kokok Joben

Otak Kokok Joben [image source]

Yuk beralih ke air terjun selanjutnya, namanya Air Terjun Otak Kokok Joben. Nama dari air terjun ini rupanya berasal dari bahasa Sasak, yang merupakan bahasa asli orang Lombok. Dalam bahasa Sasak, otak berarti kepala, kokok artinya sungai/kali, sementara joben adalah nama daerah lokasi air terjun. Tiket masuk ke area wisata ini juga sangat murah lho. Cuma Rp 5000! Bayangkan saja, dengan uang segitu kamu sudah bisa menikmati segarnya air kolam yang berada langsung di Air Terjun Otak Kokok Joben.

Otak Kokok Joben [image source]

Namun pengelola juga telah membangun dua kolam lain di sekitar air terjun yang dibuka untuk dewasa dan anak-anak. Pengin ke sana? Jika posisi kamu saat ini ada di Lombok Tengah atau Barat, ambil jalur menuju Sumbawa di Lombok Timur. Di sekitar Paok Motong, kamu akan melihat plang nama besar yang bertuliskan Otak Kokok. Dari situ, berbeloklah ke kiri dan masuk ke jalan menuju Otak Kokok. Meski akses menuju air terjun ini menanjak, kamu tak perlu cemas karena jalannya sudah diaspal dan cukup nyaman untuk dilalui.

Lokasi : Pesanggrahan, Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

3. Air Terjun Geripak

Air Terjun Geripak [image source]

Jika kamu kebetulan berlibur ke Lombok Barat, tak ada salahnya untuk menyempatkan diri ke Air Terjun Geripak. Objek wisata ini berlokasi di Desa Gunturmacan, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Untuk sampai ke air terjun ini, kamu harus menempuh jarak lebih kurang dua jam dari ibukota kecamatan. Dan perlu kamu ketahui, akses menuju Air Terjun Geripak tidak sebagus Otak Kokok Joben karena masih ada yang belum diaspal.

Air Terjun Geripak [image source]

Selain itu, akses menuju air terjun ini juga tidak dilengkapi dengan papan petunjuk. Tentu saja, itu akhirnya dapat menyulitkan para traveler. Jadi sangat disarankan untuk lebih sering bertanya kepada masyarakat setempat. Jika sudah mendekati lokasi air terjun, akses masuknya akan menjadi sedikit manantang. Hal ini karena kamu akan melalui tebing yang licin dan berbatu.

Lokasi : Desa Gunturmacan, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat

4. Air Terjun Batara Lejang

Air terjun yang satu ini bisa dikatakan masih perawan karena belum banyak didatangi. Air Terjun Batara Lenjang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Lebih tepatnya, air terjun ini berada di hulu atas dari dua air terjun di bawahnya, yaitu Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep.

Air Terjun Batara Lejang
Air Terjun Batara Lejang [image source]

Sayangnya, Air Terjun Batara Lenjang tidak sepopuler dua air terjun di bawahnya. Hal ini karena jalur untuk menuju air terjun ini sangat menantang. kamu bahkan harus melewati jalur pendakian ke Gunung Rinjani. Dan itu tentunya tidak mudah. Namun, keindahan Batara Lenjang sangat pantas untuk diperjuangkan. Selain masih sangat alami, air terjun ini juga memiliki sumber air panas yang jernih.

Betara Lejang [image source]

Lokasi :  Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara

5. Air Terjun Pancor Mas

Pancor Mas [image source]

Sama seperti Batara Lejang, air terjun ini juga terletak di Lombok Utara atau lebih tepatnya berada di Torean. Air Terjun Pancor Mas juga dikatakan masih “perawan” lho karena memang belum banyak dikunjungi. Alasannya mungkin hampir sama dengan Air Terjun Batara Lejang. Minimnya pengunjung dikarenakan lokasi dari air terjun ini lumayan sulit untuk dijangkau alias butuh sedikit perjuangan.

Air Terjun Pancor Mas
Air Terjun Pancor Mas [image source]

Padahal kalau kamu sudah sampai ke air terjun ini, dijamin rasa lelah saat berjalan akan terbayar tuntas. Dan Air Terjun Pancor Mas sendiri ternyata berdekatan dengan Air Terjun Aik Genit. Jika sebelumnya berangkat ke Air Terjun Aik Genit, kamu hanya perlu berjalan sejauh 30 menit dari sana. Dan dari kejauhan, sudah bisa melihat keindahan Air Terjun Pancor Mas yang letaknya lebih tinggi dari Air Terjun Aik Genit.

Lokasi :  Torean, Lombok Utara

6. Air Terjun Benang Kelambu

Benang Kelambu [image source]

Objek wisata Lombok yang terkenal berikutnya adalah Air Terjun Benang Kelambu, keberadaannya sudah jadi primadona tersendiri di kalangan traveler. Menyuguhkan pemandangan unik berupa pancuran air menyerupai benang-benang kelambu berwarna putih sehalus sutra.  Jika kamu beangkat dari Kota Mataram, maka harus menempuh perjalanan hingga 32 km untuk sampai di sini.

Benang Kelambu [image source]

Lokasi : Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Kalau main ke Lombok, jangan cuma mampir ke pantainya saja dong. Yuk berwisata ke air terjun Lombok yang indahnya luar biasa dan dijamin bikin kangen ingin kembali! Next

ramadan

Written by andi

andi

Hotel Murah di Bali Cocok Untuk yang Liburan dengan Dana Terbatas

Rekomendasi Hotel di Bandung Untuk Liburan Akhir Pekan