in ,

Ingin Liburan yang Menyegarkan Tapi Takut Hujan? Mari Jalan-jalan ke Wisata Akuarium di Indonesia!

Jalan-jalan Ketemu Banyak Ikan di Aneka Wisata Akuarium di Indonesia Yuk!

Ingin liburan yang menyegarkan tetapi takut akan hujan? Teman Traveler bisa mengunjungi beberapa wisata akuarium di Indonesia berikut ini. Melihat air yang melimpah berikut dengan ikan-ikan yang berenang. L okasinya yang berada di dalam ruangan adalah alasan-alasan tepat untuk mengunjunginya. Di mana sajakah Teman Traveler bisa berwisata, melihat ikan-ikan di dalam akuarium berukuran besar dan sangat besar? Berikut rekomendasinya!

Baca juga : 5 Wisata Medis Terpopuler di Asia, Kualitas Jempolan Kantong Tetap Aman

1. Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Wisata Akuarium di Purbasari Pancuran Mas Purbalingga via Instagram/ mochsabar

Wisata akuarium di Indonesia yang pertama bisa Teman Traveler kunjungi ada di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Berada di kawasan kaki Gunung Slamet, cuaca dan suhu di sini sejuk serta menyegarkan. Purbasari Pancuran Mas Purbalingga memiliki banyak sekali koleksi ikan dari berbagai jenis. Ikan-ikan tersebut disimpan di beberapa akuarium yang ada di sepanjang lorong. Teman Traveler bisa menikmatinya sambil berkeliling.

Selain akuarium, Purbasari Pancuran Mas juga dilengkapi dengan taman buah, konservasi rusa, dan taman unggas. Harga tiket masuknya cukup dengan Rp 18 ribu lho, Teman Traveler.

2. Jakarta Aquarium

Salah Satu Ikon di Jakarta Akuarium via Instagram/ heldayulistyorini

Destinasi selanjutnya yang punya koleksi banyak ikan adalah Jakarta Akuarium. Ia berada di kawasan Neo Soho Mall, Jln. Letjen S. Parman, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Terdiri atas dua lantai dengan kawasan seluas 7.000 meter persegi, Jakarta Akuarium menyimpan berbagai jenis satwa laut khas Indonesia. Di sini juga terdapat beberapa zona serta atraksi yang menyenangkan! Agar dapat menikmati keseruan yang ada di dalam Jakarta Akuarium, Teman Traveler harus membayar tiket mulai dari Rp 80 ribu.

3. Seaworld Ancol

Seaworld Indonesia via Instagram/ sonakshi_meena

Bicara rekomendasi wisata akuarium di Indonesia, keterlaluan jika tidak membicarakan tempat yang satu ini. Ya! Apalagi kalau bukan Seaworld Indonesia yang ada di kawasan Ancol. Sebagai wisata akuarium terbesar di Indonesia, koleksi satwa air laut atau tawar yang dimiliki Seaworld Ancol mencapai puluhan ribu.

Wisata Akuarium di Indonesia
Wisata Akuarium di Indonesia (c) Travelingyuk/Deby Ibrahim

Akuarium utama yang ada di kawasan ini menampung 5 juta liter air. Di dalam air tersebut, setidaknya berenang sebanyak 35.500 ekor ikan Laut Indonesia dari 35 spesies. Harga tiket masuk ke kawasan ini mulai dari Rp 85 ribu untuk weekday dan Rp 100 ribu untuk weekend.

4. Taman Akuarium Air Tawar TMII

Taman Akuarium Air Tawar TMII via Instagram/ afifahmaharatu_

Destinasi wisata akuarium di Indonesia selanjutnya yang menyenangkan untuk dikunjungi adalah Taman Akuarium Air Tawar yang ada di TMII. Dengan luas mencapai 5.500 meter persegi, Taman Akuarium Air Tawar TMII menyimpan koleksi-koleksi ikan air tawar di Indonesia. Seperti Arwana, Siluk, Hiu Gergaji, Ikan Buntal dan Ikan Sumpit. Selain itu, terdapat juga ikan dari perairan Amazon dan perairan Sungai Yangtze-China. Tiket masuk ke kawasan ini sekitar Rp 25 ribu ya, Teman Traveler.

5. Akuarium Pulau Putri

Lorong Akuarium di Pulau Putri via youtube/ Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Putri di Kepulauan Seribu memiliki Undersea Akuarium lho. Ia bisa menjadi salah satu destinasi wisata akuarium di Indonesia yang bisa Teman Traveler kunjungi. Akuarium sepanjang kurang lebih 10 meter dan kedalaman antara 4-5 meter memiliki puluhan koleksi aneka jenis ikan. Sebagai informasi, Pulau Putri merupakan satu-satunya pulau di Kepulauan Seribu yang memiliki akuarium seperti ini. Jadi, sayang sekali jika dilewatkan!

6. Akuarium Taman Pintar Jogja

Akuarium Taman Pintar Jogja via Instagram/ lukman.wibi

Akuarium Taman Pintar, merupakan salah satu daya tarik wisata Jogja. Akuarium di sini dibangun membentuk lorong yang memudahkan pengunjung untuk menjelajahinya. Berbagai jenis ikan ditampilkan di area ini. Seperti Ikan Koi, Sapu-sapu, Cat Fish, Arwana, Jenghiskan, Ikan Aligator, Nila, Tomang dan Udang.

Selain melihat air dan ikan dalam jumlah yang banyak, di sini Teman Traveler akan mendapat informasi mengenai karakter dan berbagai ilmu menarik tentang ikan. Selain segar, mengunjungi wahana ini sekaligus menambah wawasan. Untuk masuk ke kawasan ini, Teman Traveler perlu membayar tiket sebesar Rp 18 ribu.

7. Akuarium KBS

Akuarium di Kebun Binatang Surabaya via Instagram/ dinokiliaan

Sudah pernah berkunjung ke Kabun Binatang Surabaya? Di sini juga terdapat akuarium menyenangkan yang bisa dipakai liburan sekaligus belajar. Pada setiap akuarium, pengelola turut memberikan informasi tentang ikan-ikan yang ditampilkan. Setelah direnovasi pada 2015 lalu, jenis ikan yang ada di KBS bertambah dari semula 419 ikan menjadi 614 jenis ikan. Agar dapat melihat-lihat aneka jenis ikan di sini, liburan tipis-tipis sambil menambah ilmu, Teman Traveler harus membayar tiket masuk sekitar Rp 10 ribu.

8. Akuarium Jatim Park 2

Fantastic Akuarium di Jatim Park 2 via Instagram/ memey_miu

Wisata akuarium di Indonesia selanjutnya berada di kawasan Jatim Park 2. Wahana tersebut bernama Fantastic Aquarium. Di sini, Teman Traveler akan melihat beberapa koleksi ikan di dalam akuarium-akuarium yang ditata berjejer. Ukuran akuarium di wahana ini bermacam-macam. Demikian juga ikan-ikan koleksi yang ada di sini. Tertarik?

Memilih destinasi liburan saat musim penghujan, harus pintar-pintar. Jika masih tetap ingin sesuatu yang segar tanpa ingin kehujanan, bisa memilih aneka wisata akuarium di Indonesia. Selain itu, Teman Traveler juga bisa sekaligus tambah pengetahuan. Bagaimana? Kapan berangkat? Jangan lupa gunakan alas kaki yang nyaman ya. Selamat bersenang-senang ketemu banyak ikan! Next

ramadan
Pantai Barchan

Terpesona dengan Keindahan Pantai Barchan, Wisata di Bantul yang Masih Sepi Pengunjung

Itinerary di Hallstatt

Itinerary di Hallstatt Seharian, Desa Kecil Austria dengan Pemandangan Menawan