in , ,

Wisata Alam di Maluku Utara, Keindahan yang Abadi

Wisata alam menakjubkan di Maluku Utara

fi wisata alam maluku utara

Indonesia memiliki kekayaan alam begitu menakjubkan, setiap daerahnya memiliki potensi sebagai objek wisata primadona. Salah satunya pada wisata alam di Maluku Utara dengan keindahan yang abadi. Berikut rekomendasi 4 destinasi wisatanya.

Baca juga : Tak Perlu Jauh-Jauh, Ini Hotel Romantis Solo untuk Bulan Madu Kahiyang

1. Air Terjun Kahatola

air terjun kahatola
Ilustrasi via instagram pegi_pegi

Air Terjun Kahatola berada di tebing Pulau Kahatola, memiliki keunikan yaitu air terjun ini berasal dari aliran sungai. Namun, luberan air yang terkumpul di sebuah cekungan berasal dari rembesan air tanah, terkumpul dari air hujan dan aliran ini langsung mengalir ke laut.

Keindahan alamnya tidak diragukan lagi karena jernihnya aliran air terjun, birunya air laut dan tebing yang diselimuti pepohonan hijau akan membuat Teman Traveler betah refreshing di sini. Selain itu wajib mengunjungi Tebing Mariporoco, sebab satu jalur dan hanya 15 menit dilalui dengan perahu.

2. Pantai Air Panas

pantai air panas
Ilustrasi via instagram yuningsih_sumampouw

Pantai Air Panas satu ini memiliki keunikan yang mungkin tidak dimiliki pantai lain. Sesuai namanya air laut di sini memang hangat dan pada titik tertentu benar-benar panas hingga mampu membuat telur rebus.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil berendam pada pinggiran pantai ala sauna alami, uap-uap yang muncul pada celah karang juga tidak berbau belerang. Hanya dengan Rp 5.000 Teman Traveler sudah bisa menikmati keindahan pantai dan keunikannya.

Pantai Air Panas atau Pantai Tawa ini berada di Desa Tawa, Kec. Bacan Timur Tengah, Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Lokasinya berjarak sekitar 45 menit dari Pelabuhan Babang, Pulau Bacan.

3. Gua Boki Moruru

gua boki moruru
Ilustrasi via instagram rikalwambes

Selanjutnya ada Gua Boki Moruru yang dijadikan Kawasan Bentangan Alam Karst dan Geoheritage oleh pemerintah daerah setempat. Sebab, memiliki potensi dan kekayaan alam luar biasa.

Pemandangan stalagmit dan stalakit khas gua akan menyapa Teman Traveler saat menelusuri kedalamannya. Paling menarik adalah adanya stalagmit berbentuk manusia yang seolah sedang melakukan gerakan sholat.

Gua Boki Moruru berada di Desa Sagea, Kec. Weda Utara, Kab. Halmahera Tengah, Maluku Utara, jika ingin menjelajah gua ini harus menyewa perahu ketinting dengan biaya Rp 350.000 per rombongan.

4. Kepulauan Widi

kepulauan widi
Ilustrasi via instagram wahyu_setyo

Selanjutnya ada Kepulauan Widi yang terdiri dari 99 pulau kecil, tiga atol dan dua gugus pulau. Keindahan bawah laut bisa Teman Traveler nikmati dengan mata telanjang sangking jernih air lautnya. Apalagi, ketika laut pasang, hamparan pasir putih akan mengaitkan pulau satu ke pulau lainnya.

Pulau ini hanya dihuni 11 kepala keluarga di Pulau Daga, mereka menghuni rumah-rumah panggung kayu di sekitar dermaga pulau. Jika Teman Traveler ingin bermalam di sini biasanya warga sekitar bersedia menampung. Selain itu, banyak aktivitas yang dapat dilakukan seperti snorkeling, diving, memancing ikan atau menyusuri lautan dengan perahu.

Untuk menuju ke Kepulauan Widi harus menyebrang melalui Ternate menuju Pulau Saketa atau Gane Dalam sekitar 2 jam, bisa juga naik kapal cepat dari Kota Baru ke Sofifi, Tidore selama 45 menit.

Demikian 4 rekomendasi wisata alam di Maluku Utara, keindahannya memang nyata! Next

ramadan
fi daerah melarang tahun baru 2021

Larangan Perayaan Tahun Baru 2021 di Berbagai Daerah

fi wisata di kalsel

Explore Borneo! 4 Lokasi Wisata di Kalimantan Selatan