in , ,

Explore Borneo! 4 Lokasi Wisata di Kalimantan Selatan

Menjelajahi Kalimantan Selatan dengan wisata alamnya

fi wisata di kalsel

Provinsi Kalimantan Selatan dengan Ibu kota Banjarmasin ini memiliki potensi alam sebagai objek wisata sangat menakjubkan. Ada 4 lokasi wisata di Kalsel wajib Teman Traveler jadikan destinasi liburan bersama keluarga atau teman-teman. Simak ulasan di bawah ini. Yuk explore Borneo!

Baca juga : 5 Kuliner Lezat Khas Sunda yang Wajib Kamu Coba!

1. Kampung Bambu Tandilang

kampung bambu tandilang
Ilustrasi via instagram ditislvianinda_

Kampung Bambu Tandilang berada di Desa Tandilang, Kecamatan Batang Alai Timur memiliki pemandangan hijau pegunungan Meratus. Tempat wisata ini sangat cocok untuk refreshing sejenak dari rutinitas.

Teman Traveler suka uji adrenalin harus mencoba wahana ayunan langit berayun di atas ketinggian bukit dengan pemandangan sekitar. Ada juga spot-spot foto seperti jembatan langit dan kapal langit.

Jika ingin bersantai menikmati panorama dan suasana sejuk pegunungan bisa duduk-duduk di gazebo atau memancing di kolam pemancingan. Wah, banyak sekali kan aktivitas yang dapat dilakukan di sini. Apalagi biaya masuknya hanya Rp 15.000 saja lho.

2. Gua Limbuhang Haliau

gua limbuhang haliau
Ilustrasi viaa instagram nadiamnwrhh

Gua Limbuhang Haliau merupakan objek wisata yang baru dua tahun dibuka, mempunyai air kebiruan menjadi daya tarik pengunjung. Semakin banyak cahaya matahari yang masuk ke gua, maka akan makin indah airnya.

Teman Traveler banyak hal seru yang bisa dilakukan seperti berenang bermain air, berayunan, menaiki perahu karet atau berswafoto pada beberapa spotnya.

Gua Limbuhang Haliau berada di Desa Haliau, Kecamatan Batu Kenawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. Objek wisata ini buka setiap hari, pukul 08.00-18.00 WITA, dengan tiket masuk Rp 5.000 saja dan biaya penyewaan perahu karet Rp 5.000.

3. Bukit Langara

bukit langara
Ilustrasi via instagram rizkyprtama__

Selanjutnya ada Bukit Langara sebuah bukit berbatu sedang hits sebagai objek wisata di Kalimantan Selatan. Hamparan rimbunnya pepohonan hijau, tampak kokohnya Gunung Kentawan serta aliran Sungai Amandit yang mengelilingi bukit menjadi daya tariknya.

Kegiatan menarik bisa dilakukan Teman Traveler adalah arung jeram dengan perahu khas Laksado yang terbuat dari bambu atau Bamboo Rafting di Sungai Amandit.

Kemudian jika ingin mencapai puncak harus trekking terlebih dahulu selama kurang lebih 30 sampai 60 menit, melewati jalur yang cukup terjal. Setelah sampai puncak akan terbayar dengan keindahan panoramanya.

Bukit Langara berlokasi di Desa Lumpangi, Kec. Laksado, Kab. Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, objek wisata ini dapat dikunjungi selama 24 jam dengan harga tiket hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 bagi motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

4. Pulau Samber Gelap

pulau samber gelap
Ilustrasi via instagram gbariqh

Pulau Samber Gelap atau Maldives-nya Indonesia ini memang sudah tak diragukan lagi keindahan alamnya yang masih alami. Surga bagi pecinta snorkeling, Teman Traveler akan disapa dengan kecantikan terumbu karang serta ikan-ikan kecil.

Selain itu di sini juga ada penangkaran penyu yang bisa disaksikan saat malam, proses penyu bertelur serta menetas, dan ada juga penginapan berupa cottage dengan biaya sekitar Rp 200.000, harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Teman Traveler hanya bisa mengunjungi pulau ini pada bulan-bulan tertentu yaitu pada bulan April, Mei, Oktober, November dan Desember, ketika kondisi ombak di lautan tenang dan aman untuk dilintasi kapal menuju pulau. Biaya kapal penyebrangan speed boat sekitar Rp 200.000.

Demikian daftar ulasan lokasi wisata di Kalimantan Selatan, bisa dijadikan destinasi liburan Teman Traveler saat datang ke KalSel. Next

ramadan
fi wisata alam maluku utara

Wisata Alam di Maluku Utara, Keindahan yang Abadi

Wisata belanja

Mengenal Wisata Belanja Seoul yang Jadi Kunjungan BTS