in , , ,

Wisata Alam di Sumatra Selatan, Menjelajah Keindahan Setelah PPKM

fi wisata alam di sumsel

Berpetualang seru menjelajah Pulau Sumatra bagian selatan, banyak keindahan alam yang wajib dikunjungi. Berikut daftar 4 wisata alam di Sumatra Selatan, rencanakan destinasi liburan setelah PPKM berakhir. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Jatiluwih, More than Just Rice Terraces at the Center of Bali

1. Bukit Besak Lahat

bukit besak lahat
Ilustrasi via instagram ikaandini2

Pertama ada dataran tinggi Bukit Besak Lahat yang sering menjadi pendakian bagi pemula dan tempat berkemah. Memiliki ketinggian 1.700 mdpl, sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai pada puncaknya. Teman Traveler akan disuguhkan pemandangan sawah, perkebunan, serta hutan saat melakukan trekking. Setelah sampai di puncak view sunrise atau sunset-nya sangat indah, apalagi saat malam terlihat city light memanjakan mata.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, musala, warung makanan serta minuman, basecamp, perlengkapan camping, area camping dan sebagainya. Harga tiket masuk Rp 5.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Bukit Besak Lahat berlokasi di Desa Lubuk Pedaro Merapi Selatan, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

2. Air Terjun Temam

air terjun temam
Ilustrasi via instagram palembanginfo

Berikutnya ada Air Terjun Temam yang disebut juga Niagara kecil dari Indonesia karena penampakannya mirip. Memiliki ketinggian 12 meter dan lebar 25 meter, air debitnya cukup deras dengan kedalaman kolam 4 meter. Teman Traveler jangan nekat masuk ke dalam ketika air sedang deras-derasnya sangat tidak aman. Tetapi tenang saja masih bisa merasakan kesegaran udara sekitar sambil melihat air terjun dari jembatan.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, gazebo, spot swafoto, warung makanan serta minuman dan lainnya. Harga tiket Rp 10.000 per orang, biaya parkir motor Rp 10.000 dan mobil Rp 15.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Air Terjun Temam berlokasi di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau, Sumatra Selatan. Jam operasional wisata pukul 07.00-23.00 WIB, buka setiap hari.

3. Danau Ranau

danau ranau
Ilustrasi via instagram tahmilmubarik

Selanjutnya, selain Danau Toba ada Danau Ranau yang wajib dikunjungi saat di Pulau Sumatra. Di sini Teman Traveler bisa melihat pemandangan alam indah, dari jauh tampak Gunung Seminung, jernihnya air danau serta persawahan dan pepohonan sekitar membuat tenang pikiran. Kegiatan yang dapat dilakukan yaitu memancing ikan, berenang, naik wahana air atau berburu spot foto dengan latar belakang panoramanya.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, musala, restoran, wahana, spot swafoto, penginapan dan lainnya. Harga tiket masuk gratis, tetapi ada biaya sewa wahana olahraga air dan perahu mulai Rp 100.000 sampai Rp 300.000 harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Danau Ranau berlokasi di Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Ogan Komering, Ulu Selatan, Lampung, Sumatra Selatan. Jam operasional wisata pukul buka selama 24 jam setiap hari.

4. Gunung Dempo

gunung dempo
Ilustrasi via instagram faniatmawijaya

Kemudian ada Gunung Dempo untuk Teman Traveler yang hobi mendaki, memiliki ketinggian 3.173 mdpl. Gunung berapi stratovolcano ini dikelilingi perkebunan teh dengan udara sejuk akan terasa di sini. Untuk sampai puncak pagar alam membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam perjalanan, daya tarik sampai puncaknya ada kawah gunung memiliki warna yang berubah-ubah dari abu-abu, hijau tua, hingga biru. Jangan lewatkan juga melihat sunrise-nya.

Fasilitas wisata ada area parkir, basecamp, area berkemah, wisata kebun teh, dan sebagainya. Harga tiket masuk gratis tanpa dipungut biaya. Gunung Dempo berlokasi di Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

Demikian ulasan daftar 4 wisata alam di Sumatra Selatan, bisa dijadikan referensi liburan Teman Traveler setelah PPKM berakhir. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

5 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan jika berlibur ke Gili Trawangan

Indahnya Nuansa Senja di Tebing Watu Lawang Imogiri