in ,

Wisata Bakpia di Jogja, Bisa Cicipi Langsung dari Pabriknya

Pilihan Bakpia di Jogja yang Bisa Cicipi dari Pabriknya

Wisata Bakpia di Jogja
Wisata Bakpia di Jogja

Jalan-jalan ke Jogja sepertinya akan kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Selain gudeg, oleh-oleh khas Jogja yang sangat populer adalah bakpia. Yup, terdapat banyak sekali merek dagang bakpia yang ditawarkan di Jogja. Tidak hanya bisa dibeli. Ternyata Teman Traveler juga bisa melakukan wisata bakpia di Jogja dan melihat proses pembuatan dari pabriknya. Langsung icip bakpia hangat-hangat selepas dimasak. Di mana saja, ya?

Baca juga : Kreasi Kue Kering dari Cokelat, Manisnya Bikin Nagih!

Baktpia Pathok 25

Proses pembuatan Bakpia Pathok 25, Via Instagram/aleatour.lampung
Proses pembuatan Bakpia Pathok 25, Via Instagram/aleatour.lampung

Bakpia Pathok 25 merupakan salah satu oleh-oleh yang sangat terkenal di Jogja. Selain memiliki cita rasa enak dengan tekstur yang empuk, Bakpia Pathok ini menawarkan satu hal yang istimewa. Yakni kamu bisa masuk ke dalam pabriknya untuk melihat langsung proses pembuatannya. Wisata bakpia di Jogja satu ini merupakan salah satu yang legendaris, pasalnya sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Bakpia hangat dari proses pembuatan, Via Instagram/virginms
Bakpia hangat dari proses pembuatan, Via Instagram/virginms

Pabrik Bakpia Pathok 25 berada di Jl. AIP II KS Tubun, di Jl. Bhayangkara Ng 1, No. 504, Ngampilan, Jogja. Di sini menyediakan beragam rasa bakpia yang baru saja dimasak dari pabriknya. Ada dua rasa yang begitu diminati oleh pengunjung, yakni kacang hijau dan keju. Jadi, jangan segan datang untuk membeli oleh-oleh sekaligus melihat secara langsung proses pembuatannya.

Bakpia Citra Premium

Bakpia Citra Premium, Via Instagram/vitongmaharani
Bakpia Citra Premium, Via Instagram/vitongmaharani

Selanjutnya ada Bakpia Citra Premium yang sudah muncul sejak tahun 2012 lalu. Merupakan salah satu brand yang juga banyak diburu oleh para wisawatan yang datang. Pilihan rasanya begitu beragam, ada durian, susu, cokelat, dan lain-lain. Rasanya begitu pas, teksturnya empuk tapi crunchy. Untuk mencoba wisata bakpia di Jogja satu ini, Teman Traveler bisa datag ke Jl. Pandean 2 Gang Legi No 20, Gejayan, Condongcatur.

Teman Traveler yang hanya ingin membelinya, bisa datang ke outletnya yang berada di Jl. Mataram No. 21. Jangan salah ya, outletnya juga unik, kamu akan nyaman berlama-lama. Sembari memilih oleh-oleh bakpia, bisa juga mengabadikan momen saat berbelanja. Ada beberapa lokasi lain yang juga dikunjungi, misalnya di Jl. Sosrowijayan, Mirota Kaliurang dan lain-lain.

Bakpia Kencana

Bisa mencoba membuat langsung, Via Instagram/lisya_l
Bisa mencoba membuat langsung, Via Instagram/lisya_l

Selanjutnya ada Bakpia Kencana yang juga menawarkan open kitchen kepada para pengunjung. Kamu bisa melihat proses pembuatan bakpia di sini. Lokasinya di Jl. Wates Km 6, Gamping, Jogja.Berada di pojok kanan toko, para pengunjung bisa melihat beberapa pegawai tengah membuat bakpia.

Bakpiaku rasa susu, Via Instagram/olekjashop
Bakpiaku rasa susu, Via Instagram/olekjashop

Ternyata selain bakpia, banyak juga jenis oleh-oleh lainnya yang diproduksi di sini. Ada juga wingko babat dan lain-lain. Untuk bakpianya sendiri banyak sekali rasa-rasa yang disuguhkan, mulai dari kacang hijau, keju dan lain-lain. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ini jika sedang jalan-jalan ke Jogja.

Bakpia 75

Bakpia Patuk 75, Via Instagram/jogjataste
Bakpia Patuk 75, Via Instagram/jogjataste

Pesaing berat Bakpia Pathok 25 yang juga menawarkan konsep yang kurang lebih sama. Yup, di Bakpia 75 ini sudah ada sejak tahun 1948, lokasinya berada di Jl. AIP II KS Tubun No. 75. Bahkan sampai sekarang ini proses pembuatan bakpia di sini masih menggunakan cara tradisional untuk mempertahankan citarasanya. Proses pemasakannya masih mengenakan bata dan arang sebagai bahan bakar tungku.

Selain di lokasi tadi, ada pula yang berada di Jl. AIP II KS Tubun No. 83, dan di Jl. HOS Cokroaminoto 119 B. Berkunjung ke alamat-alamat yang disebutkan sebelumnya, para pengunjung bebas menyaksikkan pembuatan bakpia di pabriknya. Hal tersebut merupakan program kunjungan pabrik yang memang dipersiapkan oleh pengelola Bakpia 75.

Selain berburu oleh-oleh kamu juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai pembuatan oleh oleh dengan melakukan wisata bakpia di Jogja. Perut kenyang, penasaran pun terbayarkan. Bagaimana, mau mencoba? Next

ramadan
Pawon Glagahan di Boyolali

Pawon Glagahan di Boyolali, Tawarkan Sensasi Makan di Tengah Sungai

Warung Soto Bebek di Klaten

Mau Cobain Penganan Berkuah yang Berbeda? Singgah Aja di Warung Soto Bebek Klaten Ini