in , ,

Bedengan, Spot Camping Tipis-Tipis Dekat Kota Malang

Bedengan Malang
Bedengan Malang

Jika kita seorang pecinta alam, bermain di perkotaan atau sekedar nongkrong bareng teman-teman di cafe sambil ngopi tentunya bukan hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Semuanya baru akan menarik kalau dilakukan di alam, penuh kesejukan dan kealamian. Budaya yang dilakukan sebagai pecinta alam salah satunya adalah camping. Biasanya kegiatan ini dilakukan di alam terbuka dengan mendirikan tenda, dan menginap bersama teman-teman sambil melakukan hal-hal mengasikkan.

Baca juga : Kelimutu Lakes and its Mythical Periodical Color Changes

Berada di Kota Malang jelas sebuah keuntungan, karena untuk menjangkau tempat yang asri untuk sekedar camping atau jalan-jalan melepas lelah sangatlah tidak sulit. Tempat yang paling dekat dan mudah dijangkau untuk menyalurkan hobi camping kita adalah Bedengan. Bedengan berada di kaki gunung panderman jadi sangat wajar kalau cuaca di sini masih sangat dingin. Lokasi bumi perkemahan ini ada di Dusun Selokerto Desa Selorejo, Kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Dinamakan Bedengan karena tempat ini sebelum dibuka sebagai bumi perkemahan tahun 2007 yang lalu adalah tempat pembibitan tanaman, yang oleh warga disebut Bedengan. Datang ke sini lumayan tidak terlalu jauh kalau dijangkau dari Kota Malang. Jaraknya hanya sekitar 25 km saja dan bisa kurang dari 1 jam ditempuh dari Kota Malang. Jalan yang dilalui adalah menuju Joyogrand atau Vila Bukit Tidar, dan kita terus lurus saja ke arah Dau. Jika kita bingung nanti di jalan ada beberapa petunjuk untuk menuju Bedengan.

1. Menyediakan Lahan Camping Yang Luas Dan Sejuk

Lokasi Bumi Perkemahan Bedengan yang berada di kaki gunung membuat udara masih sangat terasa asri dan dingin, pepohonan dan tanaman di tempat ini juga masih memperlihatkan khas tanaman hutan. Wilayah ini memang masih sangat asri, bahkan saat menuju tempat ini ketika kita sampai di pintu masuk sampai ke lokasi hanya melewati jalanan batu makadam yang terjal dan kanan kirinya kita disuguhi pemandangan kebun jeruk milik warga.

Sampai di lokasi kita akan disambut dengan suasana yang sangat hijau. Pepohonan pinus tinggi yang ada di seluruh area perkemahan tertata rapi. Terlihat juga hamparan tanah luas untuk kita bisa mendirikan tenda di lokasi ini. Sungguh sangat cocok sekali memang untuk camping bersama teman-teman komunitas. Mengingat tempat ini juga menyediakan fasilitas yang cukup baik, karena ada banyak kamar mandi yang bersih siap kita gunakan kapanpun saat camping. Beberapa gazebo atau bale-bale juga dibangun di sini untuk kita sekedar duduk santai dan mengobrol.

2. Pemandangan Pepohonan Asri Dan Sungai Yang Jernih Cocok Untuk Berendam

Alam yang asri, pepohonan yang membuat suasana sekitar semakin teduh, ditambah sungai yang mengalirkan air sangat jernih dan segar adalah paduan yang pas untuk memilih lokasi bercamping ceria bersama teman-teman atau pasangan.

Segala keindahan yang ditawarkan disini tentunya tidak cukup kita nikmati dengan melihatnya saja sepanjang waktu. Tidak ada salahnya kalau kita melepas baju dan menceburkan diri ke sungai jernih menyegarkan ini. Tidak usah takut tenggelam karena kedalamannya sangat bisa dikondisikan. Yang perlu dikuatirkan hanya bebatuan di sungai yang cenderung licin.

4. Bunga-Bunga Yang Membuat Mata Takjub

Kalau kita camping disini selain kita mandi-mandi di sungai yang bening, saat sore yang syahdu kita juga bisa sekedar duduk di bebatuan tepi sungai menikmati suara gemricik air sungai yang membuat suara lainnya teralihkan. Keindahan itu bertambah kalau kita sadar bahwa ternyata di sepanjang tepian sungai ada bunga-bunga mungil berwarna kuning yang tumbuh sangat banyak dan bermekaran. Tak salah kalau kita bisa membayangkannya seperti sungai-sungai di film barbie.

Saking indahnya tempat ini kadang kita juga khilaf untuk berfoto-foto mengabadikan gambar terbaik di sungai jernih ini. Tentu tidak ada salahnya buat kita foto-foto di tempat ini, karena memang keindahannya untuk dinikmati dan dibagikan pada semuanya. Siapa tau banyak yang tertarik ingin mengunjungi Bumi Perkemahan Bedengan ini. Yang tidak boleh dilakukan disini hanya merusak alam dan mengotorinya dengan sampah. Ini bisa kita buktikan karena sejauh mata memandang kita tidak akan menemukan sampah yang berserakan. Semuanya tertata rapi alami seperti hutan yang masih belum dijamah manusia.

5. Menjadi Spot Foto Bersama Pasangan Yang Menarik

Berkunjung ke tempat indah tanpa mengabadikan momment di spot-spot terbaiknya adalah kesalahan besar, apalagi kalau lupa membawa kamera atau smartphone untuk berfoto, itu adalah dosa besar. Bawa semua peralatan foto dan jangan sampai kita kecewa pulang dari Bedengan tanpa membawa warisan bukti keindahan untuk anak cucu kita. Kenapa harus seperti itu?, karena keindahan dan kealamian tempat ini memang sangat sayang untuk dilewatkan.

Berfoto yang bagus juga membutuhkan properti yang tepat, dan properti paling tepat adalah pasanganmu. Berfoto bersama pasangan ditambah dengan properti yang tepat akan membuat hasil jepretan menjadi lebih bernyawa.

Setelah kita cukup lelah mengeksplor setiap jengkal sudut Bumi Perkemahan Bedengan ini, kalau kita ke tempat ini akhir pekan kita bisa membeli makanan atau ngopi di warung yang ada di tempat ini. Kalau tidak begitu, kita bisa membawa bekal dari rumah dan memakannya bersama teman-teman atau pasangan di rerumputan hijau tepi sungai. Tapi buat kita yang camping di sini tentunya memasak makanan rame-rame bareng teman-teman dan memakannya bersama-sama akan menjadi kenikmatan tersendiri.

Masuk ke Bumi Perkemahan beserta keindahan yang ada di dalamnya ini hanya perlu membayar tiket masuk Rp 5.000,- saja per orang, sedangkan untuk parkir motor Rp. 2.500,- saja. Kalau kita ingin datang ke tempat ini menggunakan mobil juga bisa, tapi kita perlu berhati-hati mengingat jalannya berbatu dan terjal, kemudian mobil kita hanya bisa diparkir di perkampungan warga. Untuk berjalan kaki dari penitipan parkir mobil ke area Bedengan kurang lebih 1 km. Kalau ada yang mau camping ke sini tentu tidak ada salahnya, dan segera persiapkan diri kalian. Next

ramadan
Bromo

Spot Prewedding di Gunung Bromo

Mulai 30 Juni, Ke Bali via Udara Wajib Tes Swab PCR