in ,

Deretan Wisata di Yogyakarta, Jalan-jalan Kota Gudeg Hingga Lupa Waktu

Ragam Destinasi Wisata di Jogja untuk Inspirasi Liburan

Istana Taman Sari Jogja
Istana Taman Sari Jogja via Shutterstock

Dikenal dengan julukan Kota Gudeg, Yogyakarta memiliki sejumlah destinasi menarik yang pantang dilewatkan. Mulai dari panorama alam cantik, hingga sejumlah atraksi buatan nan menawan. Ada banyak wisata Jogja yang wajib dikunjungi.

Baca juga : Indahnya Destinasi Wisata Bali yang Dikunjungi Sara Underwood, Mantan Model Majalah Playboy

Tak hanya itu, Jogja juga punya beberapa warisan budaya yang menarik disimak. Menjelang liburan akhir tahun, tak ada salahnya Teman Traveler merencanakan liburan ke Kota Pelajar. Berikut adalah daftar wisata di Yogyakarta sebagai inspirasi kalian.

1. Malioboro

Pawai di Malioboro
Pawai di Malioboro via Shutterstock

Berkunjung ke Jogjakarta belum lengkap jika tak mengunjungi Malioboro. Jalanan ngetop ini sudah lama jadi tempat jujukan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak heran jika banyak yang menganggapnya sebagai wisata Jogja hits.

Banyak kegiatan menarik bisa Teman Traveler lakukan di Malioboro. Selain berjalan-jalan, kalian juga bisa menikmati live art performance dan mampir ke pusat oleh-oleh. Jadi jangan sampai lewatkan kesempatan berkunjung ke tempat wisata Jogja murah meriah.

2. Taman Sari

Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari via Shutterstock

Wilayah Taman Sari dulunya merupakan kompleks peristirahatan dan pemandian keluarga kerajaan keraton. Kini, hanya ada beberapa bangunan tersisa hingga akhirnya dijadikan sebagai tempat wisata. Meski demikian, Teman Traveler masih bisa menyaksikan sejumlah kejeniusan warisan arsitektur Jogja – termasuk masjid bawah tanah.

Sebagai salah satu wisata Jogja hits, Taman Sari kerap dipadati pengunjung. Terutama menjelang akhir pekan atau musim liburan panjang. Jangan lupa siapkan kamera dan pakaian terbaik, karena ada banyak spot foto menarik di destinasi ini.

3. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Salah satu sudut Keraton Jogja
Salah satu sudut Keraton Jogja via Shutterstock

Kehidupan keluarga kerajaan dan segala pernak-perniknya selalu menarik disimak. Dengan mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Teman Traveler bisa sedikit mengintip soal tata cara hidup ala Kerajaan. Selain arsitektur bangunannya yang luar biasa, di Keraton pengunjung juga bisa melihat-lihat berbagai macam artefak seperti alat makan, lukisan, koleksi keramik, dan masih banyak lagi.

Hingga kini Keraton masih termasuk salah satu wisata Jogja 2018 populer. Pihak pengelola sudah menyediakan pemandu dan papan informasi lengkap untuk membantu Teman Traveler.

4. Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
Museum Benteng Vredeburg via Shutterstock

Rampung mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Teman Traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Benteng Vredeburg. Dua tempat wisata di Jogja 2018 tersebut letaknya cukup berdekatan. Jika malas berjalan kaki, kalian bisa menuju ke sana dengan menumpang becak atau transportasi umum lain.

Vredeburg sendiri merupakan benteng yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Kini fungsinya dialihkan menjadi museum. Di dalamnya Teman Traveler bisa menyaksikan beragam diorama dan benda peninggalan yang jadi saksi bisu masa perang kemerdekaan. Jika tertarik, kalian bisa berkunjung ke sini dengan mendaftarkan diri di sejumlah paket wisata Jogja.

Itulah tadi sederet wisata di Yogyakarta yang bisa Teman Traveler kunjungi. Kota Gudeg memang selalu menyimpan banyak kejutan dan keindahan menarik. Jadi, kapan kalian berencana berlibur ke Jogja? Next

ramadan

Jalur Tol Solo-Ngawi Tersambung Sempurna, Liburan ke Beberapa Tempat Wisata Ini Lebih Hemat Waktu!

Ini Dia 8 Makanan dari Penjuru Asia Ini Dipajang di Disgusting Food Museum, Ada yang Berasal dari Indonesia