in ,

Wisata Edukasi Bertema Peternakan di Indonesia, Liburan Keluarga yang Nggak Itu-itu Saja!

Wisata Edukasi Bertema Peternakan

Wisata edukasi bertema peternakan di Indonesia berikut ini merupakan pilihan yang asyik untuk mengajak keluarga berlibur. Bukan sekadar piknik, melainkan juga belajar dan menambah ilmu, terutama mengenai hewan-hewan ternak di negeri ini. Di mana sajakah wisata edukasi yang dimaksud? Dari mulai susu perah hingga kuda, berikut ulasannya!

Baca juga : Akomodasi Sekitar Wisata Singkawang, Mulai 300 Ribuan

1. Wisata Sapi Perah, Padang Panjang

Sapi-sapi Perah di Peternakan Padang Panjang via Instagram/ serambimilk

Peternakan sapi menjadi salah satu komoditas andalan di Padang Panjang. Dikelilingi gunung serta perbukitan dan berada di ketinggian, suhu udara di sekitar lokasi cocok untuk perkebunan dan peternakan. Salah satunya adalah peternakan sapi perah.

Menarik Wisatawan Asing untuk Berkunjung via Instagram/ serambimilk

Bersama dengan rombongan sekurang-kurangnya 20 orang, setiap pengunjung cukup membayar sekitar Rp20 ribu untuk mendapatkan satu botol susu mengikuti beberapa kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain pengenalan budidaya sapi perah, pemerahan susu, pemberian pakan, pengenalan pengolahan susu hingga pembuatan kompos.

2. Hasmilk, Sukabumi

Hasmilk Cocok untuk Keluarga via Instagram/ reni_sabian

Wisata edukasi bertema peternakan yang selanjutnya bisa dikunjungi ada di daerah Sukabumi. Lokasinya berada di kawasan kaki Gunung Gede dan Pangrango yang udaranya cukup sejuk. Yaitu di Jln. Raya Sukabumi-Cianjur, di Jln. Raya Cimangkok No.7 RT 03/05, Cimangkok, Sukabumi.

Produk Hasmilk Dipasarkan dalam Beberapa Kesempatan via Instagram/ mams_kitchen_

Selama berwisata ke sini, pengunjung mendapatkan informasi mengenai seluk-beluk hewan ternak, mulai dari pemberian pakan, hingga praktik membuat yoghurt, es krim serta produk-produk dari Hasmilk. Dengan membayar sekitar Rp50 ribu hingga Rp120 ribu untuk outbound program, program-program tersebut bisa diikuti.

3. Farm House Susu, Lembang

Pengunjung Bisa Berinteraksi dengan Biri-biri via Instagram/ febrifitri25

Kawasan wisata ini lebih dikenal sebagai tempat berselfie ria. Berbagai spot foto tersedia. Farm House Susu Lembang juga merupakan tempat wisata edukasi, lho. Teman Traveler bisa bertemu dengan beberapa hewan ternak seperti sapi, biri-biri atau kelinci. Bukan hanya bertemu, pengunjung juga bisa memberi makan hingga berfoto.

Farm House Bukan Sekadar Tempat Selfie via Instagram/ mayyy_1712new

Selain hewan-hewan tersebut, terdapat juga musang, landak, iguana, ayam kalkun, ayam mutiara hingga sugar glider. Dengan tiket masuk sebesar Rp10 ribu, Teman Traveler sudah bisa berinteraksi dengan hewan-hewan lucu tersebut.

4. Istana Susu Cibugary, Jakarta Timur

Sapi-sapi di Cibugary via Instagram/ reniharyani25

Siapa bisa menyangka, di kawasan ibukota juga terdapat wisata edukasi bertema peternakan, tepatnya di Pondok Rangon, Jakarta Timur. Cibugary atau Cibubur Garden Dairy merupakan kawasan peternakan sapi perah yang memiliki nuansa kebun serta taman.

Jadi Destinasi Wisata yang Seru via Instagram/ idaayuaryw

Peternakan yang dikelola oleh perorangan ini memiliki sekitar 50 ekor sapi. Pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan menyenangkan di sini, misalnya memandikan sapi, memerah, hingga memberi makan sapi-sapi serta kambing. Tiketnya cukup terjangkau, mulai dari Rp25 ribu hingga Rp40 ribu.

5. Wisata Edukasi Peternakan Milkindo, Malang

Pengunjung Berinteraksi dengan Sapi di Milkindo via Instagram/ ismiravena

Milkindo adalah sebuah perusahaan sapi perah sekaligus kawasan wisata edukasi bertema peternakan di kawasan Malang. Tepatnya di Jln. Kolonel Kusno No. 277, Tegalsari, Kepanjen, Kabupaten Malang. Selama berada di sini pengunjung bisa menikmati olahan susu serta yoghurt.

Menyentuh Sapi Jadi Sesuatu yang Baru via Instagram/ mira_andiyatni

Tersedia beberapa paket untuk wisatawan. Paket pertama khusus untuk yang sekadar berkunjung. Harga tiket masuknya Rp10 ribu sudah mendapat satu botol susu. Paket kedua berisi kegiatan-kegiatan edukasi yang diperuntukan untuk rombongan. Harga tiketnya sekitar Rp20 ribu.

6. Gundaling Farm, Medan

Gerombolan Sapi di Gundaling Farm via Instagram/ gundaling_farm

Destinasi wisata edukasi bertema peternakan yang selanjutnya takkalah menarik untuk dikunjungi adalah Gundaling Farm yang ada di Berastagi, Sumatra Utara. Di lahan seluas 16 hektar dan jauh dari perkotaan, wisatawan yang berkunjung dimanjakan dengan pemandangan dan suasana yang menenangkan.

Produk Susu Gundaling Farm yang Segar via Instagram/ gelembungcerita

Teman Traveler bisa melihat rombongan sapi dari kejauhan sambil menikmati produk-produk susu produksi Gundaling Farm. Harga susu per cup mulai dari Rp4 ribu, sementara per liter mulai dari Rp27 ribu. Untuk yoghurt, harganya mulai dari Rp6 ribu/cup dan Rp 24 ribu/liter.

7. Cimory Resto & Milk Factory, Semarang

Sapi di Cimory Resto and Milk Factory via Instagram/ devabramaji

Cimory Resto & Milk Factory berada di Bawen, Kabupaten Semarang. Ia merupakan salah satu resto sekaligus tempat wisata edukasi untuk anak-anak. Bukan hanya menikmati produk-produk dari Cimory, pengunjung juga bisa melihat dan mengetahui proses pembuatannya.

Berinteraksi dengan Sapi di Cimory Resto and Milk Factory via Instagram/ tiaoktafirdaus

Tiket masuk ke Cimory Resto & Milk Factory sebesar Rp10 ribu. Tiket tersebut bisa ditukar dengan produk susu kedelai milik Cimory. Terdapat program dairy tour yang bisa diikuti serta yang paling baru, pengelola menyediakan program belajar tentang peternakan dan perkebunan bernama Cimory Farm Life Educational Center.

8. Megastar, Malang

Kuda di Mega Star Kota Batu Bisa Jadi Teman Foto yang Seru via Instagram/ _rizalimuhammad

Berbeda dengan sebelumnya, destinasi wisata edukasi bertema peternakan kali ini, khusus bagi Teman Traveler yang penasaran dengan kuda. Berlokasi di Kota Batu, PT Mega Star sebagai pengelola bersama dengan Perhutani menciptakan sebuah kawasan penangkaran kuda.

Melihat Kuda-kuda Berlarian Bebas di Mega Star via Instagram/ yanisafrist

Mengunjungi Mega Star, pengunjung bisa menyaksikan kuda-kuda leluasa berkeliaran di halaman yang luas. Dengan latar belakang puncak bukit di Kota Batu, pasti terlihat seru. Tiket masuknya sebesar Rp25 ribu. Jika ingin naik kuda, pengunjung harus membayar Rp50 ribu/3 menit. Tertarik?

Bisa Naik Kuda Juga di Mega Star via Instagram/ rofikah_

Dari beberapa destinasi wisata edukasi bertema peternakan di Indonesia, mana yang sudah Teman Traveler kunjungi? Atau ada rekomendasi lain yang sama-sama menyenangkan?

Nyatanya, pilihan aktivitas berlibur sangat bermacam-macam. Sesekali ganti dengan berkunjung ke peternakan, rasanya sama menyenangkan. Setuju? Selamat berlibur kalau begitu! Next

ramadan
Lotek di Jogja

Deretan Lotek Populer di Jogja, Dari yang Legendaris Sampai Porsi Jumbo

Rinjani Lodge Restaurant. via Instagram/

7 Best Restaurants with Great Views in Lombok