in ,

Cara Murah Liburan di Jakarta tapi Tetap Mewah

5 Wisata Gratis di Jakarta

Kota Tua Jakarta.
Kota Tua Jakarta. [image source]

Jakarta adalah tempat segala keramaian khas perkotaan berada. Jalanannya penuh pernak-pernik yang indah jika kita mau lebih membuka mata. Statusnya sebagai ibukota negara tak lantas membuatnya jadi serba mahal, terutama dalam hal wisata. Buktikan hal tersebut dengan menerapkan beberapa cara ini, kamu tak perlu menguras rupiah.

Baca juga : Patung Bedjokarto, Sang Abdi Dalem Murah Senyum Jadi Tamu Baru Jalan Malioboro Jogja yang Penuh Makna

1. Nostalgia di Kota Tua

Kota Tua Jakarta.
Kota Tua Jakarta. [image source]
Kota Tua Jakarta adalah kawasan bersejarah seluas 1,3 kilometer persegi, mencakup Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang dulunya sebagai pusat perdagangan. Di sini kamu bisa jalan-jalan menyaksikan tempat dengan suasana tempo dulu seperti Museum Fatahillah, Stasiun Jakarta Kota, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Toko Merah, Pelabuhan Sunda Kecil dan lainnya. Ada juga atraksi seniman-seniman tradisional yang menghibur.

Kota Tua Jakarta.
Kota Tua Jakarta. [image source]

2. Menikmati Seni Tingkat Tinggi di Art Mon Décor

Museum Art Mon Décor.
Museum Art Mon Décor. [image source]
Museum di Jalan Rajawali Selatan ini merupakan tempat penyimpanan beberapa lukisan. Meskipun gratisan, pengelola sangat memperhatikan kenyamanan pengunjung. Bangunannya modern dengan beragam koleksi lukisan ternama terpajang. Setiap tiga bulan sekali pengelola mengganti tema dan juga menggelar pameran lukisan karya maestro terkenal.

Museum Art Mon Décor.
Museum Art Mon Décor. [image source]

3. Keliling Bareng Mpok Siti

Mpok Siti
Mpok Siti. [image source]
Mpok Siti adalah nama 21 bus wisata bertingkat yang beroperasi sejak 2014. Bus ini akan mengajak kamu keliling Jakarta secara gratis dengan rute Halte Bundaran (HI) Hotel Indonesia – Halte Museum Nasional – Halte Pecenongan – Halte Pasar Baru – Halte Masjid Istiqlal – Halte Monas 1 – Halte Monas 2 – Halte Balai Kota – Halte Sarinah. Untuk menaikinya, kamu cukup menunggu di halte yang bergambar bus tingkat dan bertuliskan city tour. Lokasinya di Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monas, Balai Kota, dan Sarinah.

Mpok Siti.
Mpok Siti. [image source]

4. Seru-seruan di Taman Kalijodo

Taman Kalijodo.
Taman Kalijodo. [image source]
Kawasan dengan luas sekitar 1,4 hektar ini menjadi destinasi wisata baru bagi warga Jakarta yang membutuhkan ruang terbuka hijau. Selain bisa dinikmati gratis, warga juga bisa menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia. Mulai dari lintasan jogging, lintasan sepeda, skate park, amphiteatre, musala, playground untuk anak, perpustakaan mini, outdoor gym, toilet, dan lain sebagainya. Tidak ada tiket masuk untuk masuk ke sini, bahkan parker kendaraannya pun gratis.

Taman Kalijodo.
Taman Kalijodo. [image source]
Itulah beberapa hal tentang liburan murah di Jakarta. Kamu tinggal memilih mana yang paling sesuai selera. Pergi ke Kota Tua atau keliling ibukota, seru bukan? Next

ramadan

Taman Sakura, Atmosfer Jepang di Surabaya

Bakso Hits Makassar, dari Tumpeng Hingga Isi Mozarella