in ,

Wisata Gunung Bromo Ditutup untuk Perayaan Nyepi Tahun Ini, Catat Tanggalnya!

Perayaan Nyepi 2019, Wisata Gunung Bromo Ditutup

Wisata Gunung Bromo ditutup untuk perayaan Nyepi tahun ini. Teman Traveler yang punya rencana untuk melancong ke sini, sepertinya harus menunda atau mengubah rencana. Sebelum terlambat, catat tanggalnya yuk! Berikut informasinya!

Baca juga : 5 Hotel Murah di Surabaya dengan Bathtub, 300 Ribuan

Ditutup Tanggal 7-8 Maret 2019

Gunung Bromo Ditutup 7-8 Maret 2019 via Instagram/cahkw_

Kawasan wisata Bromo, ditutup total pada 7-8 Maret mendatang. Peraturan ini tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tertanggal 27 Februari 2019. Kawasan ini ditutup mulai 05.00 WIB (7/3/19) hingga pukul 05.00 (8/3/19).

Terkait Perayaan Nyepi

Pura di Kawasan Bromo via Instagram/mita.titaramadhan

Penutupan kawasan wisata yang selalu ramai pengunjung ini, dilakukan terkait perayaan Hari Raya Nyepi. Masyarakat setempat akan melaksanakan Catur Bratha Penyepian Tahun Baru Saka 1941.

Masyarakat Tengger pada Perayaan Kasada via Instagram/gimendo

Karena seperti yang sudah banyak diketahui bersama, masyarakat Suku Tengger yang mendiami kawasan Bromo sebagian besar adalah beragama Hindu. Teman Traveler pasti pernah menemukan pura saat jalan-jalan ke sini, kan?

Suku Tengger di Bromo Mayoritas Beragama Hindu via Instagram/atriastama

Ditutupnya kawasan wisata Bromo saat perayaan Nyepi dimulai sejak 2018. Pada tahun lalu, dilansir dari Kompas, Sunomo, Tokoh Hindu Tengger mengatakan bahwa dengan ditutupnya kawasan Bromo untuk wisatawan, perayaan Nyepi menjadi lebih khidmat dari tahun-tahun sebelumnya.

Penutupan Diberlakukan di Semua Pintu Masuk

Bromo dan Jeep yang Hits via Instagram/hepikurniawati

Pada tanggal yang sudah ditetapkan, yaitu 7-8 Maret 2019, seluruh pintu masuk menuju kawasan Bromo ditutup. Dilansir dari Tribun, pintu yang ditutup mulai dari Cemoro Lawang, Wonokitri hingga Coban Trisula.

Bromo yang Takpernah Sepi via Instagram/vegaviditama

Dari arah Probolinggo, penutupan dilakukan mulai dari Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura, Probolinggo. Jadi, Teman Traveler yang punya rencana untuk main-main ke kawasan ini, sebaiknya diundur ya. Atau jika sudah terlanjur, ada beberapa destinasi wisata alternatif yang sama menariknya!

Wisata Alternatif Sekitar Bromo

Bisa Berkunjung ke Omah Kayu, Batu via Instagram/andii.mandala

Gunung Bromo memang megah dan memesona. Tetapi, destinasi wisata di sekitarnya pun tidak kalah istimewa. Seperti Batu yang menjadi destinasi favorit generasi masa kini, pantai-pantai di Malang Selatan atau Pulau Gili Ketapang di Probolinggo. Liburan tetap bisa berlangsung dengan seru, kan?

Wisata Gunung Bromo ditutup untuk acara Nyepi tahun ini adalah salah satu wujud toleransi beragama yang sudah sejak lama menjadi identitas bangsa. Menunda liburan selama satu atau dua hari, rasanya nggak masalah, kan? Next

ramadan
Naik kapal menyusuri Gili Petagan

Asyiknya Jelajah Lorong Bakau Gili Petagan, Bagai Hutan Amazon

The Most Beautiful Hills in the East End of Bali