in , ,

Wisata ke Gunung Kelud, Tanpa Mendaki Bisa Langsung ke Puncak

Gunung Kelud
Gunung Kelud

Sebagaimana Gunung merapi, Gunung Kelud murupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sejak tahun 1000 M, Gunung Kelud telah meletus lebih dari 30 kali dengan letusan terbesar berkekuatan 5 volcanic explositivity index (VEI). Letusan terakhir Gunung kelud terjadi pada tahun 2014.

Baca juga : Hotel di Bali dengan Kolam Renang ‘Sakti’ untuk Bulan Madu Termanis

11dsc09383_jw7.jpg
(c) Saadduddin/Travelingyuk

Kelud dalam bahasa Belanda disebut Klut, Cloot, Kloet , atau Kloete adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur yang tergolong aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, kira- kira 35 km sebelah timur pusat kota kediri dan 25 km dari pusat Kota Blitar.

1dsc09513_HOY.jpg
(c) Saadduddin/Travelingyuk

Jalur menuju kawasan Puncak gunung kelud sejak tahun 2004  di hubungkan jalan darat yang telah di perbaiki untuk mempermudah para wisatawan serta penduduk. Gunung Kelud telah menjadi objek wisata kediri dengan aktraksi utama  adalah kuba lava di puncak gajah mungkur di bagung gardu panjang dengan tangga terbuat dari semen. pada malam akhir pekan kubah lava di beri penerangan lampu warna warni . selain itu telah di sediahkan pula jalur panjat tebing di pucak sumbing, permandian air panas serta flying fox.

wisata gunung kelud di buka secara total pada tahun 2018. ini memutar kembali roda ekonomi masyarakat sekitar. warga terdampak yang sebagian sebagian adalah petani mulai berkatifitas di sektor wisata

1dsc09478_lq2.jpg
(c) Saadduddin/Travelingyuk

ada belasan tukang parkir dan puluhan tukang ojek pun siap mengangkut pengungjung. warung warung yang di kelola oleh warga sekitar juga menggeliat. ini juga tidak lepas dari di turunkannya status Gunung Kelud menjadi siaga dan perbaikan rumah rusak akibat letusan Gunung kelud telah tertangani dengan baik secara keseluruhan

lima tahun belalu semenjak letusan terakhir gunung kelud sekarang sudah menjadi daerah wisata yang mudah di jangkau oleh wisatawan yang lansia (orang tua). untuk menikmati wisata gunung kelud anda tidak mesti haiking atau berjalan kaki, kini di gunung kelud memberikan fasititas berupa ojek untuk ke kawah anda hanya membayar 50 ribu rupiah untuk pulang dan pergi. selain itu apa bila anda tidak mau menaiki ojek anda bisa haiking dengan kontur yang landai berjarak sekitaran 5 Km kalau dari kediri. tetepi biasanya untuk pendaki melewati jalur berbeda yaitu jalur dari Kabupaten Blitar. anda dapat ngecamp di sana dengan pemandangan hutan dan lain- lain.

1dsc09614_y6R.jpg
(c) Saadduddin/Travelingyuk

Bukan hanya kawah dari Gunung Kelud saja yang anda bisa nikmati anda bisa menikmati keindahan puncak Sumbing di sebelah kawah yang berkarakteristik tebing batu yang menjulang tinggi. 

1dsc09299_YZe.jpg
(c) Saadduddin/Travelingyuk

sebaiknya anda pergi sebelum sanrice karena keindahan sunricenya sangat menawan dengan paduan warna biru dan orange di atas awan sangat memanjakan mata anda. walaupun gunung kelud di buka pada jam 7 pagi tidak perlu resah akan menunggu anda juga bisa singgah untuk ngopi atau sarapan di titik nol sembari gerbangnya di buka.

Next

ramadan
Pesona Bukit Samboja via IG @billyart

Bukit Samboja, Nikmati Birunya Lautan Disambut Sunset Mengagumkan

Menangkap Nyale

Tradisi Bau Nyale di Pulau Lombok