in ,

10 Tempat Wisata Kabupaten Sumbawa, Referensi Tujuan Berlibur yang Mendunia

Menyeberang ke sebelah timur Pulau Lombok terdapat sebuah pulau yang tak kalah kaya dalam menyimpan potensi wisata bahari. Namanya Pulau Sumbawa, pulau yang terbagi atas 4 kabupaten dan 2 kota ini memang juaranya dalam menerbitkan tujuan wisata yang mendunia. Salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata di pulau ini adalah kabupaten Sumbawa.

Baca juga : Liburan ke Rumah Astiri di Tawangmangu, Museum Instagenic Bekas Pabrik

Kabupaten Sumbawa terletak di antara kabupaten Sumbawa Barat dan kabupaten Dompu. Kabupaten ini beribukota di Sumbawa Besar dengan luas wilayah lebih dari 6 ribu kilometer persegi. Tanpa mendeskripsikan panjang lebar mengenai kabupaten ini langsung saja ikuti Travelingyuk menyingkap tempat-tempat wisata yang ada di sana.

1. Pulau Moyo, Wisata Mewah Tujuan Artis Dunia

Di mata dunia Popularitas Pulau Moyo tidak kalah dengan Pulau Bali. Di pulau ini beberapa nama tokoh dunia yang terkenal semisal mendiang Lady Diana, Penyanyi Mick Jagger, hingga mantan pesepakbola yang pernah membela Manchester United, David Beckham dan Edwin van Der Sar pernah menghabiskan liburannya.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BFqQ_lcIhIl/?tagged=moyoisland hidecaption=true width=640]

Ternyata di dalam pulau yang namanya masih sedikit asing di telinga warga Indonesia ini berdiri sebuah resort mewah bernama Amanwana Resort yang tarif menginap per malamnya bisa untuk liburan keliling Jawa. Pulau ini menawarkan banyak sekali pilihan tempat berlibur seru baik di darat hingga di laut. Kegiatan outdoor menjadi pilihan utama saat liburan di pulau yang termasuk ke dalam wilayah kabupaten Sumbawa ini.

2. Air Terjun Mata Jitu, Semua Orang Ingin Liburan ke Situ

Beberapa pilihan tujuan wisata yang ada di pulau Moyo adalah destinasi air terjun, dan air terjun yang paling terkenal adalah Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini terletak di tengah hutan Pulau Moyo yang berada di administratif dusun Oiramu, desa Labuhan Aji, kecamatan Labuhan Badas, kabupaten Sumbawa.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGddjMHkDu1/?tagged=moyoisland hidecaption=true width=640]

Air Terjun Mata Jitu begitu dikenal lantaran memiliki sumber air yang sangat jernih. Selain itu yang membuat air terjun ini terkenal dan menjadi salah satu spot utama untuk dikunjungi saat di Pulau Moyo adalah karakteristiknya yang memiliki 3 undakan dengan kolam berwarna hijau jernih. Kebersihan kola Air Terjun Mata Jitu sangat diperhatikan sehingga traveler tidak boleh sembarang mandi di kolamnya. Ada pemandian khusus yang telah disediakan untuk pengunjung yang mau bermain air.

3. Pantai Ai Manis, Semanis Namanya

Masih berada di sebuah pulau yang terletak di mulut Teluk Saleh di utara Pulau Sumbawa yaitu Pulau Moyo. Selain punya air terjun yang mempesona pulau ini juga memikat lewat pantai-pantainya yang indah. Salah satu yang wajib traveler kunjungi adalah Pantai Ai Manis yang dikenal memiliki taman bawah laut yang masih terjaga kelestariannya.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BEVxISKOg1I/?tagged=aimanis hidecaption=true width=640]

Pantai Ai Manis dianugerahi dengan pantai berpasir putih yang lembut, terumbu karang yang tumbuh subur, dan ikan-ikan tropis yang berlimpah. Pantai ini belum seramai pantai-pantai yang ada di Lombok atau Bali sehingga traveler yang berkunjung bisa puas menikmati suguhan alam yang disajikan pantai ini. Nikmati pantai ini dengan cara kemping, snorkeling hingga diving jika mau puas menjelajahi setiap sudut Pantai Ai Manis.

4. Gili Keramat dan Gili Bedil, Duo Pulau yang Sedang Naik Daun

Kalau sedang liburan ke kabupaten Sumbawa jangan lupa memasukkan duo Gili Keramat dan Gili Bedil ke dalam tujuan kunjunganmu. Dua pulau mungil ini sedang naik daun yang keindahannya bisa mengimbangi Tiga Gili di pulau Lombok. Kedua gili ini terdapat di wilayah desa Labuhan Padi, kecamatan Utan, kabupaten Sumbawa.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BEiGY5fQTck/?tagged=gilikeramat hidecaption=true width=640]

Gili Bedil dan Gili Keramat adalah dua pulau berdekatan yang hanya terpisah oleh selat sempit. Kedua pulau ini sama-sama memiliki alam bawah laut yang begitu indah. Rugi jika jauh-jauh datang ke Sumbawa tanpa menyelami keindahan taman laut Gili Bedil dan Gili Keramat. Apalagi dua pulau ini sedang naik daun namanya dan menjadi salah satu tujuan wisata yang paling banyak diburu.

5. Air Terjun Agal, Eksotis Tak Bisa Disangkal

Beralih ke kecamatan Alas yang berjarak hanya 23 kilometer dari pelabuhan Poto Tano di Sumbawa Barat. Di dalam kecamatan ini ada satu lokasi wisata yang tidak boleh traveler lewatkan yaitu air terjun Agal. Air terjun ini berada di punggung gunung yang punya nama sama dengan air terjun dan butuh waktu trekking selama 2 jam untuk bisa menemukan rupa cantiknya.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BCDElkTqmqE/?tagged=airterjunagal hidecaption=true width=640]

Air Terjun Agal adalah air terjun bertingkat dengan total tingkatan mencapai 10 buah dimana masing-masing tingkat punya tinggi 3-7 meter. Di setiap tingkat terdapat kolam yang airnya dipasok dari air pegunungan asli yang murni dan dingin. Air terjun ini memang belum dikembangkan sebagai tujuan wisata sehingga suasana alami dan menyatu dengan alam sangat kental terasa saat berada di bawah terjunan airnya.

6. Situs Aik Renung, Melihat Situs Arkeologi Pertama di Sumbawa

Selain menawarkan lanskap alamnya yang indah, kabupaten Sumbawa ternyata juga menyimpan peninggalan bersejarah dalam bentuk sarkofagus alias kubur batu. Nama situs yang juga menjadi situs arkeologi pertama di kabupaten Sumbawa ini adalah Situs Aik Renung.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/5MeL47mMV9/?tagged=airenung hidecaption=true width=640]

Di kawasan situs ini ditemukan sebanyak 7 sarkofagus. Pada dinding sarkofagus atau kubur batu ini terdapat banyak ukiran yang menggambarkan topeng, biawak dan sosok perempuan dalam berbagai posisi. Ornamen tersebut sama dengan ornamen yang diukir pada sarkofagus yang ditemukan di daerah lain seperti Besuki, Sulawesi, Sumba dan Bali.

7. Pulau Bungin, Pulau Terpadat di Dunia

Ngomong-ngomong masalah pulau yang paling padat ditinggali manusia di muka bumi tentu tak lepas dari nama Pulau Bungin. Pulau Bungin yang terletak di kecamatan Alas sekitar 70 km dari kota Sumbawa Besar ini dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia yang dihuni sebanyak lebih dari 14 ribu jiwa per kilometer persegi. Jika dilihat dari angkasa wilayah pulau ini hanya berisi bangunan yang tak menyisakan ruang terbuka bahkan sekedar untuk tumbuh pepohonan.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BDSg8A0FbZs/?tagged=pulaubungin hidecaption=true width=640]

Berbeda dengan kawasan padat lainnya di dunia yang menghadirkan berbagai problematika terutama masalah keamanan. Pulau Bungin dikenal sangat damai dan masyarakatnya selalu aman dan damai. Uniknya meski berada di wilayah Sumbawa mayoritas penduduk yang tinggal di pulau ini adalah suku Bugis dan Mandar dari Sulawesi. Pokoknya jangan lewatkan deh pulau ini untuk dikunjungi dan buktikan sendiri keunikannya.

8. Istana Tua Dalam Loka, Jadi Saksi Rumah Panggung Terbesar di Dunia

Banyak rumah panggung yang ditemui di dunia namun jika membicarakan masalah ukuran maka Istana Tua Dalam Loka adalah rumah panggung yang terbesar di muka bumi. Istana Tua Dalam Loka terletak di pusat kota Sumbawa Besar atau berada di kelurahan Seketeng.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BBfmNABHupt/?tagged=dalamloka hidecaption=true width=640]

Bangunan ini menyimpan sejarah panjang mengenai pembentukan wilayah Sumbawa dimana pembangunannya dilakukan pada tahun 1883-1931 saat Sumbawa di bawah kepemimpinan Sultan Muhammad Syah III. Saat itu rumah panggung ini menjadi istana kerajaan. Untuk berkeliling dan mengenal bagian-bagian di dalam Istana Tua Dalam Loka traveler akan didampingi oleh guide berpengalaman.

9. Pantai Kencana, Spot Bersantai yang Nyaman

Mau santai di pantai? Kunjungi Pantai Kencana yang berjarak 11 kilometer dari pusat kota Sumbawa Besar. Secara fisik pantai ini punya karakteristik seperti teluk yang melengkung. Pada masing-masing ujung lengkungan memiliki karakter yang berbeda, di ujung kiri hanya berbentuk rimbunan pohon dengan pasir putih yang menawan. Sedang pada ujung lengkungan sebelah kanan berupa gugusan karang yang begitu gagah.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/_qwNWNIg2C/?tagged=pantaikencana hidecaption=true width=640]

Sama halnya dengan pantai-pantai lain di Sumbawa yang memiliki air laut nan jernih, begitu pula air laut di Pantai Kencana ini. Ombaknya tenang dan airnya jernih menjamin siapa saja yang berkunjung tidak akan betah berlama-lama di darat. Pinginnya sampai di pantai langsung nyebur saja!

10. Teluk Saleh, Pusatnya Segala Pulau Tropis yang Indah

Mungkin akan menjadi sebuah ulasan wisata yang sangat panjang sekali jika Travelingyuk menyebutkan satu per satu pulau-pulau kecil di kabupaten Sumbawa. Yang pasti pulau-pulau tropis di kabupaten ini sebagian besar berkumpul di perairan Teluk Saleh.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BFger4ENgCE/?tagged=teluksaleh hidecaption=true width=640]

Teluk Saleh sendiri adalah perairan yang berada di utara Sumbawa yang ukurannya sangat luas. Di tengah teluk ini banyak dijumpai pulau kecil yang kerap dijadikan tujuan island hopping. Teluk ini pula menyimpan kekayaan alam bawah laut yang luar biasa baik untuk kepentingan wisata hingga sumberdaya ikannya yang telah diekspor ke berbagai belahan dunia.

Dengan banyak pilihan tempat wisata yang keren seperti ini masih punya alasan untuk tidak berkunjung ke sana? Kalau banyak artis dunia yang sudah liburan di daerah ini lantas kamu kapan? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Mudik Sambil Liburan? Bisa Banget, Baca Dulu Tipsnya

Jembatan Tertinggi di Asia Tenggara Ada di Bali!