in , , , ,

Wisata Kopi Nusantara Mulai Memeriahkan Pulau Flores, Yuk Merapat!

Perkebunan Kopi di tanah Flores yang sangat subur
Perkebunan Kopi di tanah Flores yang sangat subur

Kawasan Indonesia Timur mulai unjuk gigi dibidang pariwisata. Tidak hanya melulu tentang wisata alam dan budaya yang sangat kental. Namun wisata yang berbau hasil bumi tengah hadir memeriahkan tiga Kabupaten di pulau Flores ini. Memang kopi Arabika Asli Manggarai Flores ini menjadi kopi paling terkenal di tanah Flores. Tak heran diberbagai sudut kedai kopi kota besar Indonesia pastinya memiliki menu kopi khas Manggarai ini.

Baca juga : 4 Destinasi Wisata di Pulau Misool Raja Ampat, Impresif!

Perkebunan Kopi di tanah Flores yang sangat subur
Perkebunan Kopi di tanah Flores yang sangat subur. Foto via mldspot.com

Wisata kuliner khas Flores ini tengah disiapkan warga Flores dalam asosiasinya yaitu MPIG Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis sebagai suguhan utama adalah Kopi Arabika Flores Manggarai. Lokasi dengan hasil kopi Manggarai paling banyak diantara adalah Wae Garit Manggarai, Mano, Labuhan Bajo Manggarai Barat dan Colol Manggarai Timur.

Keberadaan wisata kopi Manggarai ini bertujuan meningkatkan perekonomian perkebunan kopi sehingga perkembangannya tidak hanya dalam bentuk ekspor kopi namun juga memperkenalkan kopi asli Manggarai kepada wisatawan yang sedang berkunjung ke tanah Flores. Beberapa terobosan mengenai pengenalan kopi juga dilakukan dikalangan pendidikan seperti beberapa Universitas dan perguruan tinggi yang tersebar di pulau Flores.

Kopi Arabika menjadi kopi terbaik nusantara dari tanah Manggarai
Kopi Arabika menjadi kopi terbaik nusantara dari tanah Manggarai. Foto via checklist.id

Lokasi strategis lainnya yang disiapkan untuk lahan pembangunan wisata kopi ini berada di Mano dengan persiapan lahan seluas 10 hektar dan beberapa lahan milik warga yang tetap didampingi dengan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis melalui pelatihan agar lebih mahir dalam mengelola perkebunan kopi dengan melahirkan bibit kopi yang berkualitas.

Untuk daerah lainnya seperti Garit yang menghasilkan kopi jenis Robusta ini juga dijadikan tempat untuk festival budaya dengan tema hasil bumi berupa kopi. Di Manggarai Barat seperti Labuhan Bajo dijadikan salah satu pusat promosi dari semua jenis hasil perkebunan kopi karena Labuhan Bajo merupakan salah satu daerah sentral terpadat dan kawasan wisata internasional di Tanah Flores.

3 jenis kopi asli Manggarai Flores menjadi kopi premium di kalangan cafe nusantara hingga mancanegara
3 jenis kopi asli Manggarai Flores menjadi kopi premium di kalangan cafe nusantara hingga mancanegara. Foto via agendaindonesia.com

Perlu diketahui, salah satu jenis kopi arabika khas Manggarai ini memiliki ciri khas tersendiri dari kharakteristik aroma dan rasa asam yang sangat alami. Memang ketika diseduh air panas rasa asam sangat terasa dilidah, mengingatkan kopi jenis ini tumbuh didataran tinggi yang kering. Tak heran, tahun 2015 kopi arabika asli Flores ini menjadi kopi terbaik di nusantara dan menjadi kopi ekspor terbesar di Indonesia. Bahkan negara Eropa kerap memakai racikan kopi arabika sebagai minuman premium. Next

ramadan
Gunung Bromo dengan suasana sunrise yang sangat memukau

Tempat Bulan Madu Paling Hits di Jawa Timur, Bikin Pasangan Makin Lengket

Lokalisasi legal di De Wallen, Amsterdam

Lokalisasi Legal Menjadi Wisata Seks Paling Populer di Eropa