in , ,

4 Top 10 Wisata Kota Malang yang Seru untuk Dikunjungi Saat Liburan

Malang menjadi salah satu destinasi yang populer untuk menghabiskan waktu liburan. Pilihan wisata yang begitu beragam, menjadi pesona tersendiri dari kota Malang. Mulai dari wisata kekinian hingga kulinernya begitu memukau para wisatawan. Ada daftar 10 wisata paling keren yang harus kamu kunjungi kalau ada di Malang, berdasarkan daftar yang dibuat oleh Disbudpar Kota Malang. Apa aja sih?

Baca juga : Pulang Kampung ke Malang, Saat Balik 8 Oleh-Oleh Khas Ini Wajib di Bawa

10 Destinasi Kota Malang

  1. Kampung Warna Warni
  2. Kampung Tridi
  3. Kampung Biru
  4. Kampung Heritage Kayutangan
  5. Museum Brawijaya
  6. Museum Musik Indonesia
  7. Alun-Alun Malang
  8. Alun-Alun Tugu
  9. Hawaii Waterpark
  10. Brawijaya Edupark
          Kampung Warna-Warni (dok.pri)

Kota Malang memang tidak memiliki wisata alam, sebab berada di kawasan  perkotaan. Tentu saja tak ada hutan, pantai, air terjun, dan gunung. Sehingga wisata kota Malang yang ditawarkan lebih berkonsep  tematik, seperti Kampung Warna Warni yang viral, Kampung Tridi dan Kampung Biru.

Bagian depan Museum Brawijaya via @n.avni.apt

Kemudian Malang memiliki Museum Brawijaya yang menyimpan benda-benda bersejarah saat masa peperangan dengan Belanda. Juga ada Museum Musik Indonesia yang memiliki ribuan koleksi kaset dan piringan hitam jaman dulu. Juga alat musik, benda koleksi penyanyi lawas, dan lainnya. Ada juga Alun-Alun Kota Malang dan Alun-Alun Tugu yang memiliki nilai sejarah.

Hawai Waterpark (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Sedangkan Hawai Waterpark adalah wisata keluarga dengan tema air yang dilengkapi dengan waterpark. Ada juga Brawijaya Edupark yang juga merupakan wisata keluarga bertema air dengan banyak permainan anak-anak. Beberapa destinasi wisata yang masuk top 10 lokasinya berdekatan, sehingga memudahkan pengunjung untuk datang ke tempat wisata tersebut.

10 Kuliner Kota Malang

  1. Rawon Nguling
  2. Depot Madangkara
  3. Bakso President
  4. Lumpia Hok Lay
  5. Toko Oen
  6. Bakso Bakar Cak Man
  7. Soto Ayam Lombok
  8. Putu Lanang Celaket
  9. Mie Pangsit Dempo
  10. Tahu Lontong Lonceng
              Bakso Bakar Pak Man (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Wisata kuliner ini yang kerap diburu oleh para wisatawan saat berlibur ke Malang. Semua kuliner yang masuk ke dalam top 10 adalah kuliner yang masuk kategori kuliner legendaris. Selain rasanya yang nikmat, juga sudah puluhan tahun melayani para pelanggannya. Salah satunya yakni Tahu Lontong Lonceng yang mulai berjualan tahun 1935 atau Bakso Bakar Pak Man yang terkenal.

10 Wisata Belanja Kota Malang

  1. Pasar Besar Malang
  2. Pasar Oro-Oro Dowo
  3. Pasar Splindid
  4. Wisata Belanja Tugu
  5. Pasar Buku Wilis
  6. Malang Night Market
  7. Dinoyo Mall
  8. Mall Olympic Garden (MOG)
  9. Malang Town Square (MATOS)
  10. Transmart MX
   Wisata belanja di Transmart (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Untuk wisata belanja, hampir semuanya berupa pasar tradisional. Ada pula mall dan pusat perbelanjaan modern. Wisata belanja ini untuk pengunjung kota Malang yang ingin mencari kebutuhan selama liburan atau mencari produk untuk oleh-oleh.

10 Wisata Heritage Kota Malang

  1. Balaikota
  2. Tugu Merdeka
  3. Candi Badut
  4. Klenteng Ang Eng Kiong
  5. Ijen Boulevard
  6. Gereja Kayutangan
  7. Corjesu
  8. Gereja GPIB
  9. Hotel Pelangi
  10. Kampung Heritage Kayutangan
Kantor Balaikota Malang dan Tugu Merdeka (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Yang termasuk wisata heritage adalah tempat-tempat yang sudah masuk cagar budaya dan dilindungi oleh negara. Seperti Balaikota Malang yang merupakan peninggalan zaman pemerintahan Belanda. Atau Kampung Heritage Kayoe Tangan, di mana banyak rumah-rumah lawas yang masih kokoh berdiri di tengah perkembangan zaman.

Dari sepuluh tempat destinasi ini bila dikunjungi, berasa seperti kembali ke masa lalu. Rumah hingga berbagai barang jadoel yang mengingatkan pada masa puluhan tahun lalu. Bisa bernostagia dengan pernak pernik masa lalu.

Itulah tempat Top 10 Kota Malang yang ditawarkan dan menjadi unggulan. Saat liburan ke Malang, Teman Traveler nggak perlu bingung mau berkunjung ke mana. Next

ramadan

Written by erny kusumawaty

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Bukit Skooter Dieng, Sajian Sunset dan Sunrise Memukau di Dataran Tinggi Dieng

5 Tempat Dinner View Cantik Nan Romantis Dekat Candi Prambanan