in ,

Deretan Wisata Milik IPB, Belajar Bertani dengan Cara Menyenangkan

Kalian bisa belajar banyak di sini

Institut Pertanian Bogor (IPB) ternyata tak hanya sekedar kampus yang berlandaskan ilmu pertanian. Tapi ada juga beragam wisata menarik, bahkan beberapa di antaranya bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Mau tahu seperti apa? Simak sejumlah wisata milik IPB berikut ini. 

Baca juga : Deretan Jajanan Hits Bali, Unik Namun Menggoda Selera

Sabisa Farm  

wisata milik IPB
Sabisa Farm via instagram/iqbal_lafzul

Tempat wisata pertama adalah Sabisa Farm yang merupakan tempat edukasi pertanian. Wisata ini populer karena kebun buah naganya yang kini sudah bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Tapi, Sabisa Farm ternyata tidak menyediakan kebun buah naga saja, Teman Traveler.

Ada juga peternakan ikan lele dan kambing, tanaman hidroponik sampai dengan pembibitan tanaman hias seperti bunga matahari. Kalau kalian penasaran, bisa langsung datang ke Jl. Gedong Seng, Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. 

Kebun Cikabayan 

wisata milik IPB
Kebun Cikabayan via instagram/madakmal

Selanjutnya ada Kebun Cikabayan yang bisa Teman Traveler kunjungi. Berlokasi di Jl. Lengkeng No.5, Babakan, Kecamatan Dramaga, Bogor, tempat ini sebenarnya digunakan untuk kebun percobaan dosen dan mahasiswa IPB. Namun, seiring berjalannya waktu, kebun ini bisa didatangi oleh masyarakat umum dan ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sana. 

Seperti tur mengelilingi rumah kaca, praktek menanam tumbuhan langsung di lahan atau polybag dan mempelajari tentang reproduksi tanaman. Biasanya yang melakukan praktek-praktek tersebut adalah murid dari suatu sekolah yang belajar ilmu tentang pengetahuan alam. 

Museum Serangga 

Museum Serangga via facebook/Elva Lestari

IPB juga mempunyai museum yang beralamat di Jl. Kamper Kampus IPB Dramaga, Bogor. Namanya adalah Museum Serangga yang digunakan untuk pengembangan dan pengelolaan spesimen serangga pertanian. Menariknya, museum ini memiliki koleksi serangga sebanyak 1219 spesies. 

Kalau Teman Traveler berkunjung ke museum ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Adalah melihat dan mengetahui peran dari serangga dalam pertanian. Kemudian belajar mengidentifikasi dan menonton video menarik tentang serangga. Lalu, kalian juga dapat membuat kerajinan tangan yang berhubungan dengan serangga. 

Botani Mart 

Botani Mart via instagram/bintangaditw

Ada yang tak kalah menarik nih selain tiga tempat di atas, yakni Botani Mart. Di dalamnya terdapat agrotourism, agrimart, travel, jual beli buah, aneka sayuran, aneka tanaman hias dan masih banyak lagi. Pengunjung juga dapat mengenal bunga-bunga dan buah lokal. Apabila kalian ke tempat ini di hari Sabtu atau Minggu, akan ada Expo Tani yang diselenggarakan. Untuk lokasinya, Botani Mart berada di Jl. Raya Dramaga, Kabupaten Bogor

Jadi, itulah beberapa wisata milik IPB yang tersebar di sudut Bogor. Semuanya menyenangkan dan bisa kalian pilih sesuai keinginan. Jangan lupa berkunjung ke sini, saat sedang berlibur di Bogor, ya.  Next

ramadan
Keindahan Pantai Otan

Cantiknya Pantai Otan di Pulau Semau, Bikin Lupa Jalan Pulang!

D'Bamboo Cafe Jember

D’Bamboo Cafe Jember, Nikmat Berbalut Nuansa Pedesaan