in ,

Wisata Mistis Namun Instagenic di Jogja, Kisahnya Bikin Penasaran dan Spotnya Menawan!

Wisata Mistis Namun Instagenic di Jogja

Destinasi wisata penuh cerita mistis namun instagenic di Jogja berikut ini tetap berhasil bikin penasaran! Meski cerita-ceritanya bikin merinding, mereka selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kota Gudeg memang selalu bikin rindu. Memiliki sejarah panjang yang melahirkan kisah-kisah menarik. Di antaranya pada beberapa destinasi di bawah ini!

Baca juga : Bunker Kaliadem, Saksi Bisu Erupsi Gunung Merapi

1. Panggung Krapyak

Panggung Krapyak yang Instagenic via Instagram/bodath_partha

Destinasi wisata mistis namun instagenic di Jogja yang pertama bisa Teman Traveler kunjungi adalah Panggung Krapyak atau Kandang Menjangan. Berlokasi di Jln. KH. Ali Maksum, Sewon, bangunan berbentuk persegi yang terbuat dari beton ini semula adalah tempat beristirahat atau berlindung kerabat keraton saat berburu.

Bangunan Bercat Putih yang Instagenic via Instagram/ariefsetiawanar

Menurut cerita, Panggung Krapyak adalah salah satu tempat penuh mistis di Jogja. Pengunjung tidak bisa sembarangan masuk sebelum mendapat izin dari juru kunci. Apabila nekat, hal ganjil yang menyeramkan bisa terjadi.

Meski begitu, bangunannya instagenic! Dengan cat berwarna putih dan pintu serta jendela berbentuk huruf ā€˜Uā€™ terbalik, tampilannya tampak klasik!

2. Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa Jogja

Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa via Instagram/rizky_ayudya

Berada tidak terlalu jauh dari objek wisata Gunung Merapi, Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa juga diselimuti oleh cerita mistis. Bangunan bertingkat dua ini sudah ada sejak zaman Belanda.

Saat terjadi erupsi Gunung Merapi pada 1994 lalu, ia yang berada di lereng gunung, terdampak kerusakan yang parah. Hingga akhirnya menjadi bangunan yang terbengkalai.

Meski Menyeramkan Tetap Instagenic via Instagram/fikri.m.r

Cerita mistis di tempat ini salah satunya tentang Noni Belanda yang kerap terlihat muncul di lantai dua. Lengkap dengan suara tangisan yang terdengar mengerikan.

Walau bikin merinding dan penasaran, tampilannya yang menyeramkan tampak instagenic di mata lensa. Cat yang mengelupas dan kusam, pohon di sekitar rumah terlihat tampak estetik.

3. Benteng Vredeburg

Tampilan Benteng Vredeburg via Instagram/astutiaom

Benteng Vredeburg juga merupakan salah satu wisata mistis namun instagenic di Jogja. Kemisteriusannya lahir dari banyak cerita mistis yang terjadi di sini. Menurut beberapa sumber, kisah misteri di benteng yang berdiri pada 1760 lalu ini bermacam-macam.

Museum Benteng Vredeburg via Instagram/mr.olan

Mulai dari penampakan hantu pasukan tentara Belanda, suara teriakan yang terdengar sampai Pasar Beringharjo hingga hantu Noni Belanda berkaki kuda yang kerap berkeliaran di sekitar kompleks benteng. Walau demikian, tetap saja bentuk bangunan yang kokoh dan arsitekturnya yang klasik membuatnya terlihat instagenic.

4. Alun-alun Kidul

Beringin Kembar yang Instagenic via Instagram/fina.as

Teman Traveler pernah mencoba mengikuti tradisi berjalan dengan mata tertutup melintasi beringin kembar? Tradisi yang disebut Masangin tersebut ternyata sudah ada sejak zaman kesultanan. Biasanya dilakukan para prajurit dan abdi dalem saat melakukan tradisi topo bisu pada malam 1 suro.

Beringin Raksasa Menjulur Namun Cantik via Instagram/ sarirahmadanigtg

Nuansa mistis di tempat ini terasa kental akibat mitos dan kepercayaan dari masyarakat setempat. Bahwa menurut cerita, di tengah kedua pohon beringin kembar tersebut terdapat jimat tolak bala yang dapat digunakan untuk mengusir musuh. Meski terasa misterius, ia merupakan salah satu spot foto instagenic di kota ini.

5. Keraton Jogja

Keraton Jogja yang Konon Dijaga Makhluk Gaib via Instagram/tiatiyak

Berkunjung ke Jogja tapi tidak mampir ke kawasan keraton, belum lengkap rasanya. Bangunan yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu ini, sampai sekarang masih menjadi kediaman raja dan keluarganya.

Berfoto Bersama di Depan Keraton via Instagram/sandygs08

Menurut beberapa cerita, Keraton Jogja banyak dijaga oleh makhluk-makhluk gaib yang tidak bisa dilihat begitu saja dengan mata telanjang. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung selalu diminta untuk menjaga sikap dan perkataannya. Kesan mistis yang bikin merinding ini tidak menghalangi kecantikan bangunannya.

Wisata mistis namun instagenic di Jogja di atas tentu hanya sebagian. Wisata mistis Jogja lainnya, masih menyimpan banyak kisah yang bikin penasaran. Lalu, mana di antara tempat-tempat tersebut yang merupakan favorit Teman Traveler? Next

ramadan
Soto Bangkong di Semarang

Soto Bangkong di Semarang, Sudah 7 Dekade Tawarkan Kenikmatan yang Melegenda

Enjoy a Full Wet Day Out in Jogja Bay Waterpark