in , ,

Intip Deretan Wisata Pati, Cantik dan Pantang Terlewat

Dari Air Terjun Hingga Waduk, Inilah Pesona Wisata Pati

Pesona wisata Pati
Pesona wisata Pati (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Pati merupakan salah satu kota di Jawa Tengah. Terletak di jalur pantura, kawasan ini ternyata tak kalah dibanding kota-kota besar lain di sekitarnya. Meski cuacanya cenderung panas, Teman Traveler masih bisa menemukan sederet wisata Pati yang cantik dan berhawa sejuk.

Baca juga : Equator Coffee and Gallery, Rasakan Sensasi Ngopi di Tempat Artsy

Sekitar, 30 persen dari wilayah Pati terdiri dari lahan pertanian. Oleh karena itu, Teman Traveler tak perlu heran jika selama menjelajah daerah ini kalian bakal dimanjakan hamparan cantik persawahan hijau. Sangat menarik dan tentunya bakal mengasyikkan bukan?

Nah, bagi Teman Traveler yang tertarik menghabiskan liburan di sini, berikut adalah daftar wisata Pati yang wajib masuk dalam bucketlist kalian. Semuanya tawarkan suasana beda dan pantang dilewatkan lho.

Pantai Banyutowo

Pantai kerap jadi salah satu tempat favorit untuk berwisata. Nah, di Pati Teman Traveler bisa menemukan sebuah pantai dengan suasana romantis. Ya, kota yang berbatasan dengan Jepara ini memiliki Pantai Banyutowo dengan pemandangan luar biasa.

Menjelang sore hari, Banyutowo biasanya cukup ramai dipadati pengunjung. Kebanyakan datang untuk mengincar pemandangan matahari terbenam dan suasana romantis. Menikmati panorama hamparan laut biru, berpadu dengan hangatnya mentari senja tentu bakal membuat siapapun sulit move on dari destinasi cantik ini.

Bukit Pandang Ki Santa Mulya

Bukit Pandang Ki Santa Mulya (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Jangan salah, meski berada di jalur pantura bukan berarti Pati tak memiliki kawasan perbukitan. Di sini Teman Traveler masih bisa kok menikmati keindahan alam dari ketinggian. Kalian cukup meluncur ke Bukit Pandang Ki Santa Mulya yang berada di Kecamatan Kayen.

Bukit Pandang Ki Santa Mulya menyediakan sederet spot foto instagramable. Teman Traveler bisa berpose dengan latar belakang panorama mempesona di sekitar bukit. Hawa di sekitar sini juga lumayan sejuk. Selain itu kalian juga bakal dimanjakan indahnya pemandangan pepohonan hijau.

Air Terjun Lorodan Semar

Air Terjun Lorodan Semar (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Masih di kecamatan sama, Teman Traveler bisa menemukan air terjun yang lain daripada yang lain. Bentuk air terjun ini mirip seperti bokong atau pantat tokoh pewayangan Semar. Warga sekitar pun sering menyebutnya sebagai Air Terjun Lorodan Semar.

Air Terjun Lorodan Semar (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Begitu sampai sini, Teman Traveler dijamin tidak sabar ingin segera bermain air atau mandi. Betapa tidak, selain panoramanya menakjubkan,
aliran sungai di sini juga sangat jernih dan menyegarkan. Siapa sih, yang bisa tahan dengan godaan pesona alam seperti itu?

Waduk Gunungrowo

Waduk Gunungrowo (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin menemukan ketenangan saat liburan, wajib datang ke Gunungrowo. Waduk yang terletak di kaki Gunung Muria ini memang memiliki panorama luar biasa, tak kalah dengan wisata Pati lainnya. Kalian bisa menikmati eloknya pesona tersebut dari saung-saung di sekitar waduk.

Waduk Gunungrowo (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Lantaran posisinya berada di kaki Gunung Muria, udara di sekitar sini terasa sangat sejuk. Bahkan cenderung dingin. Dilihat dari sisi manapun, Teman Traveler bakal menemukan latar belakang foto sempurna di waduk ini.

Wisata Agro Kebon Jolong

Wisata Agro Jollong (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Selanjutnya, Teman Traveler bisa berkunjung ke Wisata Agro Kebun Jolong di Desa Situluhur, Kecamatan Gembong, Pati. Lokasinya tidak begitu jauh dari Waduk Gunungrowo, jadi jangan sampai terlewatkan.

Di Kebun Jolong, Teman Traveler akan disuguhkan pemandangan tak kalah menarik. Selain mengagumi indahnya taman bunga, kalian juga bisa menjajal beberapa wahana permainan seperti flying fox, rumah balon, kawasan outbound, dan lainnya.

Itulah sebagian tempat wisata Pati, kota berjuluk Bumi Mina Tani. Teman Traveler tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati semua keindahan alam luar biasa tersebut. Semua destinasi di atas rata-rata hanya memasang tarif antara Rp3.000 hingga Rp5.000 untuk tiket masuk. Sangat murah bukan?

Jadi, Teman Traveler jangan sampai lupa memasukkan tempat-tempat wisata di atas dalam bucketlist liburan kalian. Selamat jalan-jalan. Next

ramadan
Pantai Kaliantan Lombok

Pantai Kaliantan, Surga Pecinta Kitesurfing di Lombok

Terminal Wisata Grafika Cikole, an Integrated Tourism Resort in Bandung