in ,

Wisata Perbatasan Indonesia dan Timor Leste di NTT

Provinsi NTT menjelma menjadi daerah wisata perbatasan Indonesia yang sangat aktraktif. Intip rekomendasi wisata perbatasan Indonesia berikut.

Provinsi NTT menjelma menjadi daerah wisata perbatasan Indonesia yang sangat aktraktif. Berbagai bangunan di wilayah perbatasan dibangun dengan sangat apik, pun wisata alamnya juga sangat cantik. Bagi Teman Traveler yang ingin berwisata ke NTT dan ingin menikmati indahnya Indonesia bagian timur, silakan diintip rekomendasi wisata perbatasan Indonesia berikut.

Baca juga : Sate Kere Solo Alun-alun Pasar Kliwon, Murah Tapi Gak Murahan

PLBN Motaain

PLBN Motaain via instagram/neng_ny

Tak hanya berfungsi sebagai pos lintas batas, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain menjadi salah satu destinasi wisata baru. PLBN Motaain sendiri terletak di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

PLBN Motaain yang dulunya sangat sederhana, disulap menjadi bangunan megah dengan mengadopsi bentuk atap rumah Matabesi, yakni rumah tradisional masyarakat Belu. Gerbang utama PLBN ini juga sudah menggunakan sistem elektrik, yang memudahkan petugas untuk membuka dan menutup gerbang. Bahkan rencananya akan dibangun terminal terpadu di PLBN ini.

Kemenpar bahkan saat ini turut membangun dan mempromosikan pariwisata di perbatasan. Salah satunya dengan program Crossborder Music Festival Atambua 2019, yang menampilkan band Kotak sebagai bintang tamunya.

Bendungan Rotiklot

Bendungan Rotiklot via instagram/bennypedjokatu

Nusa Tenggara Timur punya destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi yaitu Bendungan Rotiklot. Bendungan ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 20 Mei 2019.

Keberadaan bendungan Rotiklot tidak hanya untuk irigasi persawahan atau pembangkit listrik, melainkan juga bisa digunakan sebagai objek wisata unggulan. Bendungan Rotiklot berada di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. Berjarak sekitar 10 kilometer ke arah utara Kota Atambua dan berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Goa Kristal

Goa Kristal via instagram/mayawati_the_dreamer

Rasakan sensasi baru berendam di air jernih bewarna hijau kebiruan. Gradasi warna biru muda dan tua memendar dari kolam air di dalam Goa Kristal. Batuan berwarna putih terlihat ketika cahaya dari lampu menyorot ke dasar air. Untuk menjangkau kolam ini, perlu usaha ekstra karena harus menuruni batuan licin sekitar 20-25 meter.

Goa ini terletak di Desa Bolok, Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Untuk mencapai Goa Kristal, Teman Traveler harus berjalan kaki sekitar 150 meter dari tempat parkir kendaraan. Goa ini milik pribadi bukan pemerintah, dimiliki oleh Bapak Yesriyanto.

Bukit Cinta Kupang

Bukit Cinta Kupang via instagram/fifi_syifa

Bukit Cinta Kupang memiliki hamparan padang rumput bak permadani yang berwarna hijau segar ketika musim penghujan tiba. Gundukan perbukitannya juga dapat dimanfaatkan sebagai trek jogging bagi yang ingin berolah raga santai di pagi maupun sore hari. Lanksap di sekitar Bukit Cinta juga sangat cantik. 

Siapa yang mengira kalau ternyata di balik hamparan bukit yang dihiasi padang rerumputan hijau tersebut, terdapat gua-gua peninggalan Bangsa Belanda yang konon katanya digunakan sebagai tempat persembunyian penjajah Jepang pada saat Perang Dunia ke-2 berlangsung saat itu. 

Bukit hijau ini terletak di perbatasan tepatnya di wilayah Kelurahan Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Itu dia rekomendasi wisata perbatasan Indonesia yang bisa kalian kunjungi di NTT, Teman Traveler. Yuk, segera ke sana!
Next

ramadan
Serunya Tari Caci

Tari Caci, Tarian Perang Manggarai yang Menantang

bandung

Cuma Modal Rp 20 Ribu, Bisa Liburan ke Purwakarta!