in ,

Wisata Religi di Surabaya, Ada yang Berumur Lebih dari 500 Tahun

Wisata religi di Surabaya, berlibur sambil belajar di bangunan bersejarah.

Wisata religi di Surabaya
Wisata religi di Surabaya

Indonesia merupakan negara yang dihuni penduduk dengan kepercayaan agama yang beragam. Dari sekian banyaknya pulau dan kota, Surabaya juga menyimpan banyak tempat peribadatan yang bersejarah. Kali ini Travelingyuk sudah merangkum beberapa tempat wisata religi di Surabaya yang bisa dikujungi siapa saja. Penasaran apa saja deretannya? Langsung simak ya!

Baca juga : Penggemar Harry Potter? Wajib Mampir ke Livraria Lello, Toko Buku di Portugal yang Mirip Hogwarts

Masjid Sunan Ampel

Masjid Agung Sunan Ampel
Masjid Agung Sunan Ampel via Instagram/menaraampel

Terletak di Jalan Pertukangan I, Ampel, Semampir, Masjid Sunan Ampel merupakan salah satu tempat wisata religi di Surabaya. Dibangun pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel (salah satu dari wali songo yang berada di Jawa) masjid ini merupakan salah satu bangunan tertua di Indonesia. Pada saat itu, Masjid Sunan Ampel merupakan tempat berkumpulnya para ulama dan wali dari berbagai daerah di Jawa untuk membicarakan tentang penyebaran Islam. Arsitektur bangunan kental akan budaya Jawa kuno dan Arab. Hal yang menjadi daya tarik adalah terdapat sumur air berkah yang diyakini memiliki kelebihan seperti air zamzam di Mekah.

Gereja Kepanjen

Gereja Kepanjen
Gereja Kepanjen via Instagram/fajri_liming

Memiliki nama lain sebagai Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria, tempat peribadatan ini merupakan salah satu yang bersejarah. Dibangun pada tahun 1899, tempat ini memiliki beberapa keunikan jika dibandingkan dengan tempat yang lain. Gereja ini memiliki arsitektur bangunan yang menarik karena bergaya Eropa Neo Gotik. Selain memiliki gaya bangunan yang indah, interiornya pun juga tak kalah megah. Bagi para pengunjung yang ingin datang hanya untuk sekedar berfoto-foto harap untuk izin terlebih dahulu kepada pengurus gereja. Pengurus pun juga memperbolehkan pengunjung selain Katolik untuk berkeliling.

Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung
Klenteng Sanggar Agung via Instagram/ahmed25_al.ali

Dibuka pada tahun 1999, klenteng ini menjadi salah satu tujuan bagi para wisatawan. Terletak di Jl. Sukolilo No. 100, Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, klenteng ini memiliki nama lain yaitu Klenteng Hong San Tang. Yang menjadi daya tarik adalah terdapatnya patung setinggi 20 meter yang terletak di tepi laut. Tujuan dibangun klenteng ini adalah untuk membawa spiritual umat Tridharma sekaligus menjadi ikon kota Surabaya. Klenteng Sanggar Agung juga disebut sebagai representasi harmonis kondisi psikologi dan budaya masyarakat dengan umat Tridharma. Para wisatawan akan dikenakan biaya masuk yaitu sebesar Rp5.000 untuk parkir kendaraan bermotor, dan Rp10.000 untuk mobil.

Klenteng Hok An Kiong

Klenteng Hok An Kiong
Klenteng Hok An Kiong via Instagram/a.stare.e

Teman Traveler yang ingin berlibur sambil mempelajari budaya bisa datang ke Kelnteng Hok An Kion yang berlokasi di Jalan Coklat No. 2 Bongkaran, Pabean Cantian. Didirikan pada tahun 1830, pada awalnya bangunan berwujud bangunan darurat untuk menampung kaum perantau dari awak kapal Tionghoa ketika selamat mendarat di Surabaya. Hal yang menjadi keunikan adalah bagunan tidak sama sekali menggunakan paku dari logam, melainkan potongan bambu yang diruncingkan. Setiap harinya tempat ini selalu diatangi para wisatawan dari berbagai daerah ataupun negara.

Itulah sekian destinasi wisata religi di Surabaya yang bisa Teman Traveler kunjungi. Boleh nih disambangi untuk foto-foto dan mengenang sejarah Kota Pahlawan. Sudah pernah mengunjungi salah satunya? Next

ramadan
Tempat Menginap di Bangkok

Tempat Menginap di Bangkok Dekat Kuil Wat Phra Kaew, Mulai 70 Ribuan Saja

Tempat wisata gratis di Jakarta

Tempat Wisata Gratis di Jakarta, Sukses Berlibur Tanpa Bikin Kantong Jebol!