in , ,

Wisata Sejarah Kepulauan Aegean, Jejak Peradaban Kuno di Negeri Para Dewa

Mengagumi Sisa-sisa Kerajaan Kuno di Kepulauan Aegean Yunai

Peninggalan patung kuno Delos di Yunani
Peninggalan patung kuno Delos di Yunani via flickr.com/jjmusgrove

Dijuluki sebagai Negeri Para Dewa, Yunani punya jejak peninggalan peradaban kuno menarik untuk disambangi. Jika tertarik dengan hal-hal semacam ini, Teman Traveler bisa coba menjelajah wisata sejarah Kepulauan Aegean.

Baca juga : Roti Canai Street Kitchen, Makan Enak Dekat Pantai Batu Bolong Bali

Di wilayah yang berbatasan dengan Turki ini, kalian bisa melihat sejumlah peninggalan masif Kerajaan Venesia, Romawi, Byzantium, hingga Ottoman. Yuk, simak ulasannya.

Delos

Wisata Sejarah Kepulauan Aegean
Delos via flickr.com/jjmusgrove

Lokasi bersejarah pertama yang bisa Teman Traveler sambangi di Kepulauan Aegean adalah Delos. Situs arkeologi terkenal ini sudah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya UNESCO sejak 1990.

Menjelajah sekitar wilayahnya, kalian bakal menemukan sejumlah reruntuhan bangunan masa lampau yang diperkirakan sudah ada sejak tiga abad sebelum masehi.

Wisata Sejarah Kepulauan Aegean
Delos via flickr.com/dottieday

Delos juga dianggap cukup sakral. Dalam mitologi Yunani, lokasi ini disebut-sebut sebagai tempat lahirnya Dewa Apollo dan Artemis. Tercatat masih dihuni oleh 14 orang, pulau ini juga miliki sejumlah landmark seperti Kuil Delians, Teras Singa, dan masih banyak lagi. 

Acropolis of Rhodes

20386246522_4f48a5d659_k_9oB.jpg
Acropolis of Rhodes via flickr.com/peter-linke

Situs ini diperkirakan sudah ada sejak tiga hingga lima tahun sebelum masehi. Jaraknya hanya tiga kilometer dari Rhodes, sebuah kota yang menghadap langsung ke arah pantai. Sama seperti Delos, pulau ini juga memiliki sejumlah landmark seperti Kuil Apollo, Odeon, dan Stadium. 

Selain itu masih ada beberapa bangunan kuno lain di sini. Beberapa diduga berasal dari zaman Yunani Klasik, Romawi, Byzantium, Ottoman, dan Italia. Tak heran jika kawasan ini lantas dimasukkan dalam salah satu daftar Warisan Budaya UNESCO sejak 1988. 

Ancient Thera

36131563684_5f718e633d_b_hLe.jpg
Ancient Thera via flickr.com/slapers

Peninggalan kota kuno ini berada di ketinggian 360 meter di atas permukaan laut. Berdiri kokoh di wilayah blue city Santorini, situsnya terdiri dari jalan setapak sepanjang 800 meter mengarah ke tenggara, beberapa reruntuhan, serta sejumlah bangunan kuno yang sebagian masih lumayan utuh.

Tempat ini sudah lama dibuka untuk umum dan telah jadi salah satu objek wisata sejarah populer di Yunani. Teman Traveler bisa berjalan kaki menyusuri kawasan kota tua sembari mengagumi warisan arsitektur kuno yang unik. 

Gereja Saint John The Theologian

Wisata Sejarah Kepulauan Aegean
Monastery of Saint John via flickr.com/irosa

Bangunan kuno ini berada di Pulau Patmos dan masih masuk wilayah Kepulauan Aegean. Gereja Ortodoks Yunani ini selesai dibangun pada 1088 di masa Kerajaan Byzantium pimpinan Alexios Komnenos. Di sekelilingnya dibangun benteng demi menghindari ancaman serangan musuh kala itu.

Gereja ini juga berstatus sebagai salah satu warisan Cagar Budaya UNESCO. Hal itu berkat keunikan arsitektur bangunan, interior, serta eksteriornya.

Itulah sejumlah wisata sejarah Kepulauan Aegean yang bisa Teman Traveler sambangi. Jika suatu saat nanti berkesempatan liburan di Yunani, jangan lewatkan kesempatan untuk menapaki sisa-sisa keemasan zaman kerajaan di negeri para dewa ya. Next

ramadan
Jembatan di Tahura Djuanda Bandung

Tahura Djuanda Bandung, Paduan Apik Wisata Alam dan Sejarah

Warung Tuman (c) Syuhuva Cindradika/Travelingyuk

Warung Tuman, Mutiara Tersembunyi di Tengah BSD