in , ,

Wisata Sejarah Sri Lanka, Yuk Bertualang di Kerajaan Kuno

Melihat Warisan Sejarah Masa Lampau di Sri Lanka

Destinasi sejarah di Sri Lanka
Destinasi sejarah di Sri Lanka via Instagram.com/anushka.eranga

Sri Lanka merupakan salah satu negara di Asia Selatan yang tawarkan beragam destinasi sejarah menarik. Negara pulau ini dulunya merupakan pusat dari peradaban kerajaan kuno dan juga memiliki warisan budaya Hindu dan Buddha kental. Teman Traveler takkan kekurangan tujuan wisata sejarah Sri Lanka untuk dikunjungi. Apa saja? Yuk, simak beberapa ulasannya.

Baca juga : Puncak Bukit Suroyo Jember, Kagumi Indahnya Teluk Love dari Ketinggian

Sigiriya

wisata sejarah sri lanka
Sigiriya via Pixabaya via Pixabay

Sigiriya merupakan situs arkeologi berupa batuan raksasa setinggi 200 meter yang berada di Distrik Matale. Teman Traveler juga bisa saksikan beragam peninggalan kota kuno yang masih utuh di tempat ini. Selain itu juga ada beberapa artefak sejarah seperti patung dan gambar dinding menarik. Pantang dilewatkan jika kalian sedang berada di Sri Lanka.  

Ruwanwelisaya

66340535_2361508737505137_740356075987709099_n.jpg?_nc_ht=instagram.fmlg1-1.fna.fbcdn.net
Ruwanwelisaya via Instagram.com/alejandraescriva

Selanjutnya kalian bisa mengunjungi stupa Ruwanwelisaya di Arunadhapura. Berada di dalam komplek bangunan mempesona, lokasi stupa ini cukup strategis karena masih berada di sekitaran taman tengah kota.

Hampir semua struktur di sini bernuansa putih, membuatnya berbeda dari kuil Buddha kebanyakan. Selain itu bangunan utamanya memiliki kubah besar, sesuatu yang jarang ditemukan di tempat ibadah sejenis.

Selain digunakan sebagai tempat beribadah, kawasan ini juga kerap dimanfaatkan untuk menggelar beragam pertunjukan kesenian. Berkunjung ke sini pastinya bakal berikan pengalaman berharga untuk Teman Traveler.

Nallur Kandaswamy

wisata sejarah sri lanka
Nallur Kandaswamy via Flickr.com/johnmawer

Wisata sejarah menarik ini berada di sisi utara Sri Lanka, tepatnya di Nallur. Kuil bercorak Hindu ini memiliki bentuk bangunan unik. Di dalamnya terdapat sejumlah ukiran dan ornamen yang terlihat sangat otentik. Bangunannya sendiri sudah ada sejak tahun 1000 Masehi, namun sudah mengalami beberapa perubahan dan renovasi. 

Kawasan ini juga beberapa kali dimanfaatkan untuk menggelar sejumlah festival. Semuanya merupakan bagian dari perayaan adat Hindu Sri Lanka. Teman Traveler bisa mampir saat perhelatan tersebut berlangsung, suasananya pasti bakal meriah.  

Jetavanaramaya

61109231_2246097172322778_3155034338635166385_n.jpg?_nc_ht=instagram.fmlg1-1.fna.fbcdn.net
Jetavanaramaya via Instagram.com/nirochan888

Tempat ini juga pantang Teman Traveler lewatkan. Jetavanaramaya bisa kalian temukan di Anuradhapura, masih satu kawasan dengan Kuil Ruwanwelisaya. Bentuknya sedikit berbeda, dengan dominan warna coklat. Stupa ini menempati area seluas 5,6 hektar, dengan tinggi bangunan mencapai 71 meter, yang membuatnya memegang predikat sebagai stupa tertinggi dunia. 

Polonnaruwa

wisata sejarah sri lanka
Polonnaruwa via Pixabay

Peninggalan kota kuno dari Kerajaan Polonnaruwa ini berada di Provinsi North Central, tepatnya di Distrik Polonnaruwa. Menurut penelitian, struktur bangunan di sini diperkirakan sudah berdiri sejak Abad ke-10. Beberapa bahkan memperkirakan tempat ini sebelumnya pernah berstatus sebagai ibu kota. Namun setelah jatuh ke tangan Kerajaan Chola, namanya diubah menjadi Jananathapuram.

Pollonaruwa juga sudah dinyatakan sebagai salah satu Cagar Budaya UNESCO sejak 1982. Hal ini lantaran bangunannya terlihat unik, serta masih berdiri kokoh dan nampak cantik hingga sekarang. 

Itu tadi beberapa wisata sejarah Sri Lanka yang menarik banget buat Teman Traveler kunjungi. Kira-kira mana nih yang ingin kalian sambangi terlebih dahulu? Next

ramadan
gereja kediri

Viral Gua Maria Lourdes Kediri, Mirip Gereja di Prancis

Berfoto di Istana Siak

Istana Siak Riau, Simpan Koleksi Cermin Awet Muda