in , ,

Istana Siak Riau, Simpan Koleksi Cermin Awet Muda

Melihat Deretan Koleksi Unik di Istana Siak Riau

Berfoto di Istana Siak
Berfoto di Istana Siak (c) Nella Mr/Travelingyuk

Berkunjung ke Riau tak lengkap rasanya jika belum menyambangi Istana Siak Sri Indrapura di Kabupaten Siak. Di dalam bangunan kuno ini tersimpan beragam barang peninggalan Kesultanan Siak. Buat Teman Traveler yang menyukai wisata bernuansa sejarah, bisa memasukkan istana ini dalam daftar kunjungan kalian saat main-main ke Riau.

Baca juga : Museum Dirgantara Mandala, Terpukau Koleksi Bersejarah TNI AU

Mampir ke sini dijamin takkan rugi deh. Teman Traveler bisa melihat beragam koleksi benda kuno yang mungkin takkan bisa ditemukan di tempat lain. Apa saja? Yuk, simak ulasan saya berikut ini.

Gramofon Antik 

istana siak
Gramofon kuno (c) Nella Mr/Travelingyuk

Pemutar musik merek Komet ini dibawa Sultan Syarif Hasyim (Ayah Sultan Syarif Khasim II) dari Jerman sekitar tahun 1890. Alat semacam ini hanya ada dua lho di dunia. Satunya lagi masih tersimpan di Tanah Bavaria. Menakjubkannya lagi, hanya Komet di Istana Siak saja yang masih berfungsi dengan baik.

Cermin Permaisuri 

img_20190902_113921_yFh.jpg
Cermin Permaisuri (c) Nella Mr/Travelingyuk

Ini bukan sembarang cermin lho Teman Traveler. Benda milik Tengku Agung, Permaisuri Sultan Syarif Khasim (SSK) II ini tidak terbuat dari kaca, melainkan kristal. Menurut mitos yang berkembang, setiap wanita yang berkaca di sini bakal jadi awet muda.

Kalian bisa menemukan benda ini di lantai pertama, dekat koleksi ruang pertemuan atau ruang tengah. Ukurannya cukup besar, kurang lebih 40 x 30 meter.

Patung Diorama 

img_20180508_162929_Gyc.jpg
Berfoto di depan diorama istana (c) Nella Mr/Travelingyuk

Diorama di ruang depan istana ini akan langsung terlihat begitu Teman Traveler memasuki ruang istana. Deretan patung ditata sedemikian rupa untuk menggambarkan situasi rapat atau sidang yang dipimpin Sultan. Semuanya mengenakan pakaian Melayu, lengkap dengan Tanjak (penutup kepala) yang khas.

Kapal Kato di Halaman Belakang Istana 

istana siak
Kapal Kato (c) Nella Mr/Travelingyuk

Kapal besi seberat 15 ton ini dipajang di halaman samping Istana Siak Sri Indrapura. Peninggalan Sultan Siak dari Abad ke-17 di wisata kerajaan Indonesia ini dulunya digunakan beliau untuk menyambangi daerah kekuasaannya sembari melintasi Sungai Siak. 

Itulah sejumlah koleksi yang bisa Teman Traveler lihat saat mengunjungi Istana Siak. Tentunya masih banyak koleksi menarik lain yang wajib kalian saksikan. Jadi jika sedang menyambangi wisata Riau, jangan lupa sempatkan waktu untuk mampir ke sini ya. Next

ramadan
Destinasi sejarah di Sri Lanka

Wisata Sejarah Sri Lanka, Yuk Bertualang di Kerajaan Kuno

Mengenal Sukoharjo, Destinasi Jamu Favorit Puan Maharani