in ,

Tips Rencana Wisata, Enaknya Pakai Travel Agent atau Atur Sendiri?

Tips Membuat Rencana Perjalanan Sendiri atau Dengan Jasa Travel Agent

Ilustrasi pasangan sedang menghabiskan liburan bersama via Instagram couple_tale

Sukses atau tidaknya sebuah liburan ditentukan sejak tahap perencanaan. Bagi yang tak ingin ribet dengan hal ini biasanya lebih memilih menggunakan jasa travel agent. Tetapi pilihan ini bukan lantas memberikan jaminan liburanmu akan menyenangkan. Baca dulu tips rencana wisata dari Travelingyuk, enaknya pakai travel agent atau atur sendiri ya?

Baca juga : Museum Mpu Tantular, Lokasi Berkumpulnya Sejarah Kerajaan Hingga IPTEK

1. Tentukan kegiatan apa saja yang ingin dilakukan

Ilustrasi serombongan pengunjung naik roller coaster di taman ria via Instagram coasterboy76

Belakangan ini ada banyak aplikasi khusus yang menawarkan harga diskon untuk pemesanan tiket di beberapa tempat atraksi seperti taman hiburan, waterpark, dan masih banyak lagi. Memanfaatkan aplikasi semacam itu selain praktis juga akan membantu dalam menghemat pengeluaran.

Sementara bagi yang melakukan perjalanan bersama banyak orang, atau tak ingin repot-repot membuat perencanaan sendiri, bisa mendaftarkan diri ke paket tur yang sering ditawarkan oleh biro perjalanan. Biasanya hanya dengan sekali membayar, wisatawan sudah mendapatkan fasilitas lengkap seperti tour guide dan makanan. Namun jangan harap bakal mendapat santapan lezat nan mewah.

Kesimpulannya, semua tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan atau setidaknya berapa banyak orang yang ikut serta dalam perjalanan. Selain itu perhitungkan juga seberapa fleksibel liburan yang diinginkan.

2. Biaya penerbangan

Ilustrasi suasana di dalam pesawat via Instagram voandoeavaliando

Mereka yang pernah membeli tiket pesawat sendiri tanpa bantuan perantara pasti tahu ada banyak biaya khusus yang dibebankan pada konsumen. Oleh karena itu jika Anda ingin solusi yang lebih nyaman dan praktis, agen perjalanan biasanya menawarkan tiket dengan harga lebih baik. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan tiket ‘sisa’ dengan harga cukup murah.

Namun demikian, belakangan ini juga ada aplikasi khusus seperti Skyscanner, yang memudahkan dalam mengamati fluktuasi harga tiket dan memberikan peringatan ketika terjadi perubahan, plus memilih jadwal penerbangan yang jauh lebih pas dengan rencana perjalanan. Intinya, pilihlah opsi yang menurut Anda paling praktis dan sesuai dengan rencana.

3. Akomodasi

Ilustrasi seseorang sedang berdiri di balkon hotel via Instagram wanderlusttheworldandi

Memesan kamar hotel lewat aplikasi khusus memang sangat praktis. Selain itu biayanya juga bisa lebih ditekan karena tidak jarang ada promo atau diskon khusus ditawarkan. Namun yang terpenting, proses pemesanan berlangsung dengan begitu cepat tanpa melibatkan banyak pihak.

Hal ini berbeda dengan pemesanan akomodasi lewat agen perjalanan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa agen perjalanan menerima komisi hingga 20 persen ketika mereka berhasil mendatangkan tamu ke sebuah hotel. Hal inilah yang konon membuat pengelola hotel lebih memproritaskan pelayanan untuk pelanggan yang memesan kamar langsung, ketimbang mereka yang memesan lewat pihak ketiga.

Pada akhirnya, semua akan tergantung pada preferensi masing-masing. Bagi seseorang yang lebih suka menikmati perjalanan dengan bebas, tanpa dibatasi oleh jadwal yang sudah ditetapkan tour guide, akan lebih baik jika merencanakan semuanya sendiri. Kalau kamu sendiri pilih yang mana? Next

ramadan
Kartini

Jadi Inspirasi di Hari Kartini, Travelingyuk Akan Gelar Camping Bareng 21 Wanita

Daftar Lima Makanan Nasional Versi Kemenpar, Apa Aja Isinya?