in ,

Rekreasi ke Tempat Wisata Serba Coklat di Indonesia, Bikin Liburanmu Tambah Manis!

Rekreasi ke Tempat Wisata Serba Coklat di Indonesia

Siapa yang nggak suka coklat? Camilan olahan dari buah coklat ini digemari oleh siapa pun. Mulai coklat bar, cake coklat, es krim coklat semua punya penggemar. Lalu, bagaimana dengan destinasi wisata serba coklat di Indonesia? Teman Traveler pecinta makanan manis harus coba untuk mengunjungi salah satunya. Di mana saja? Berikut ulasannya!

Baca juga : Sate Gule Pak Lancur di Ngawi, Citarasa yang Bikin Enggan Pergi

1. Museum Coklat Monggo, Bantul

Spot Instagenic di Museum Monggo via Instagram/ harigun_

Destinasi pertama serba coklat yang bisa Teman Traveler kunjungi ada di kawasan Sribitan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Bangunan ini diresmikan pada 2017 lalu dan merupakan museum coklat pertama di Jogja. Jalan-jalan di Museum Coklat Monggo, para pengunjung akan mendapat pengenalan tentang coklat secara lengkap. Mulai proses awal, hingga menjadi sebuah produk.

Pengunjung Mendapat Edukasi di Museum Coklat Monggo via Instagram/ rohman.dwinur

Teman Traveler juga akan mendapat edukasi tentang sejarah coklat. Serunya, para pengunjung bisa sekaligus berbelanja aneka produknya dengan harga mulai dari Rp20 ribu. Masuk ke museum ini, para pengunjung tidak dipungut biaya, kecuali ingin mengikuti workshop.

2. Kampung Coklat, Blitar

Berada di Atas Lahan Coklat via Instagram/ trihan_23

Wisata serba coklat di Indonesia selanjutnya ada di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Di sini Teman Traveler akan mendapati banyak pohon coklat, baik yang sedang mulai berbuah atau sudah siap dipanen. Kampung Coklat yang berlokasi di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan menawarkan para pengunjungnya untuk melihat langsung cara-cara mengolah buah coklat.

Salah Satu Wahana di Kampung Coklat Blitar via Instagram/ lalavieera

Keunikan di kawasan wisata ini adalah ia berada di kebun coklat sungguhan seluas 750 meter persegi. Sehingga jangan heran ya, jika saat berada di sini, Teman Traveler melihat beberapa petugas dan pekerja sedang memetik coklat. Tiket masuk untuk Kampung Coklat juga cukup terjangkau, hanya Rp5 ribu.

3. Doesoen Kakao, Banyuwangi

Doesoen Kakao Banyuwangi via Instagram/ doesoen_kakao

Doesoen Kakao yang ada di Banyuwangi, bisa jadi jujugan Teman Traveler pecinta coklat selanjutnya. Objek wisata ini berada di wilayah Perkebunan PTPN XII, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di sini, pengunjung juga mendapat kesempatan untuk belajar mengenai sejarah serta pengolahan coklat.

Kebanggaan Banyuwangi via Instagram/ lailamushofa_

Doesoen Kakao di Banyuwangi yang berada di lahan seluas 1.500 hektar ini mulai dibuka untuk umum sejak 2016, hanya baru pada November 2017 lalu diresmikan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno. Untuk paket wisata edukasi di Doesoen Kakao, harga tiketnya sekitar Rp20 ribu. Masih terjangkau, kan?

4. Chocomory, Bogor

Chocomory di Bogor via Instagram/ deandrandita

Kali ini, wisata serba coklat di Indonesia ada di kawasan Bogor. Nama tempatnya adalah Chocomory. Sama seperti beberapa destinasi wisata serba coklat di atas, di sini Teman Traveler juga akan mendapat edukasi tentang cara pembuatan coklat, melihat dan mengetahui bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kudapan coklat yang lezat.

Chocomory juga menjual aneka produk coklat lho. Jika tertarik, Teman Traveler bisa datang langsung ke alamatnya di Jln. Raya Puncak Km 67, Puncak, Bogor.

5. Pod Chocolate, Bali

Pod Chocolate Bali via Instagram/ lusdaorlyn

Bali dengan berbagai pilihan wisatanya ternyata juga punya lho wisata khusus coklat. Ia adalah Pod Chocolate yang ada di Kabupaten Badung. Teman Traveler bisa merasakan langsung bagaimana pembuatan coklat dari mulai masih berbentuk pod (buah coklat).

Belajar Coklat di Pod Chocolate via Instagram/ tonikdarmawan27

Saat berkunjung ke wisata Bali satu ini, pengunjung juga bisa mencicipi langsung rasanya biji kakao mentah atau yang sudah dipanggang. Menyenangkan! Untuk mengikuti tur di sini selama dua jam, tiket yang harus dibayar memang cukup mahal, yaitu sekitar 45 dollar atau Rp648 ribu.

6. Chocodot World, Garut

Spot Foto Instagenic di Chocodot World Garut via Instagram/ its_me_rani

Destinasi wisata serba coklat di Indonesia selanjutnya yang nggak boleh dilewatkan tentu saja adalah Chocodot World yang ada di Garut. Resmi dibuka untuk umum sejak 2017 lalu, objek wisata yang mengusung konsep eduvacation ini menawarkan pengetahuan, informasi dan komoditas tentang coklat di kota dodol.

Bagaimana? Dari enam destinasi wisata serba coklat di Indonesia di atas, mana yang ingin Teman Traveler kunjungi? Semuanya menawarkan wisata edukasi tentang coklat yang lengkap! Kapan mau coba untuk datang ke sini! Next

ramadan
Lokasi yang begitu populer

Rumah Makan Surya Bendungan Hilir, Legendaris hingga Dikunjungi Pakar Kuliner Dunia

Belitung, a Place Where Colors and Shapes Merge into Beauty