in ,

Tak Hanya Ampera, Ini 5 Hidden Gem di Sumatra Selatan yang Bisa Kamu Kunjungi

Wisata Sumatra Selatan

Sumatra Selatan selama ini hanya dikenal dengan wisata Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Pempek tersebut. Namun sebenarnya, selain wisata dalam kota seperti Ampera, ada banyak hidden gem yang bisa kamu kunjungi.

Baca juga : Siap-siap, Selayar Bakal Punya Pulau Cantik Bernama Jokowi Island

Hanya saja, untuk bisa sampai ke tempat yang akan direkomendasikan  Travelingyuk berikut memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Nah, biar destinasi wisata kamu enggak di situ-situ saja, yuk kepoin langsung ya!

Pulau Maspari yang memesona

Terletak di Desa Sungai Lumpur, Ogan Komering Ilir, Pulau Maspari menawarkan keindahan hamparan pasir putih yang cantik. Dinamakan Maspari karena pantainya yang berbentuk seperti ikan pari, selain itu, pantai tampak seperti terbelah dua. Tak hanya itu, eksotisme pantai semakin terasa karena batu karang yang tersebar di pinggiran pantai.

Pulau Maspari via bisnis.com

Di Pulau Maspari, kamu bisa menikmati lautnya yang jernih dan ombak yang bersahabat. Tak heran kalau kemudian Pulau Maspari cocok dijadikan sebagai destinasi snorkeling dan diving. Selain sebagai destinasi liburan, Pulau Maspari ini merupakan tempat konservasi penyu sisik yang langka dan dilindungi.

Air Terjun Temam, Niagara kecil di Sumatra Selatan

Air Terjun Temam berlokasi di Kelurahan Rahma, Lubuk Linggau Selatan. Dinamakan Niagara kecil karena bentuknya yang menyerupai Niagara Falls. Ketinggian air terjun ini adalah 12 meter selebar 25 meter, dengan debit dalam kolam 4 meter.

Air Terjun Temam via Nativeindonesia

Jika debit air sedang deras, para wisatawan bisa menikmati keindahannya dari atas jembatan. Jangan masuk dan mendekati air terjun karena terlalu berbahaya. Di sekitar air terjun ini ada banyak sekali fasilitas yang bisa kamu nikmati, mulai dari gazebo, spot untuk berswafoto, hingga fasilitas umum (toilet, warung, serta parkir) yang luas dan bersih.

Gunung Dempo dengan kawah yang bisa berubah warna

Buat kamu yang suka mendaki, rugi banget kalau ke Sumatra Selatan tapi tidak mengunjungi Gunung Dempo yang berlokasi di Pagar Alam. Gunung Dempo memiliki ketinggian 3.173 mdpl, dengan waktu tempuh mencapai puncak sekitar 8 jam perjalanan.

Gunung Dempo via Idbackpacker

Daya tarik Gunung Dempo adalah kawahnya yang bisa berubah warna menjadi abu-abu, hijau tua, hingga biru. Pendakian menuju Gunung Dempo ini sangat menyenangkan karena melewati perkebunan teh yang hijau membentang, sehingga sepanjang perjalanan udara akan terasa sejuk dan dingin. Bagaimana, tertarik untuk mendaki Gunung Dempo?

Pantai Tanjung Carat, pasir pantainya unik berwarna hitam

Pantai Tanjung Carat merupakan salah satu pantai musiman yang berlokasi di Sungsang, Kabupaten Banyuasin. Pantai ini disebut sebagai pantai musiman karena hanya terlihat pada bulan Februari hingga Agustus saja. Fenomena pantai dadakan timbul karena air laut yang surut.

Pantai Tanjung Carat via keluyuran.com

Setelah bulan Agustus berlalu, air akan kembali pasang dan merendam pantai ini. Uniknya, pasir Pantai Tanjung Carat berwarna hitam akibat rendaman air. Untuk sampai di pantai ini, kamu harus menaiki speedboat atau perahu.

Bukit Serelo atau Bukit Jempol Lahat

Wisata unik lain yang bisa kamu kunjungi di Sumatra Selatan adalah Bukit Serelo, atau akrab disebut Bukit Jempol. Dinamakan begitu karena bukit ini tampak seperti ibu jari. Bukit ini berlokasi 20 km dari Kota Lahat. Memiliki ketinggian 900 mdpl, bukit ini menjadi destinasi wisata yang digemari para pendaki. Hal tersebut karena kontur dan medan menuju bukit yang menantang, untuk sampai ke puncak bukit, para pendaki akan memanjat tebing yang curam.

Bukit jempol via Indonesiakaya

Selain bisa menikmati sunset yang indah, di Bukit Jempol ini kamu juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah. Keunikan lain yang hanya akan kamu temukan di Bukit Jempol adalah menemukan bunga yang hanya tumbuh di bukit ini, yakni bunga puspa.

Nah, jadi tidak hanya Ampera saja yang bisa kamu kunjungi saat mengunjungi Suamtera Selatan, guys. Wisata-wisata di atas memang berjarak cukup jauh dari pusat kota Palembang. Sehingga, untuk sampai ke destinasi tersebut ada baiknya membawa kendaraan pribadi. Next

ramadan
Bohemian Jogja Villas

Bohemian Jogja Villas, Vila Estetik Bernuansa Pantai Mediterania di Tengah Kota Jogja

Kota Tua Jakarta menjadi kawasan pedestrian yang ramah lingkungan

5 Kegiatan Seru di Kota Tua Jakarta, Bikin Libur Natal Semakin Asyik