in ,

Pilihan Wisata Susur Sungai di Indonesia, Tawarkan Serunya Jelajah Perairan di Negeri Sendiri

Wisata Susur Sungai di Indonesia

Sesekali, mencoba wisata susur sungai di kala liburan menggunakan perahu atau kapal tradisional, rasanya seru juga. Pemandangan yang ada di pinggiran sungai, jadi tambahan hiburan yang menyenangkan. Terlebih jika mengalaminya dengan beberapa teman atau keluarga.

Baca juga : 6 Jajanan yang Semarang Banget, Sudah Coba yang Mana Aja?

Nah! Beberapa pilihan wisata susur sungai di Indonesia berikut ini, bisa lho Teman Traveler coba! Apa saja daftarnya?

1. Sungai Kahayan, Pontianak

Susur Sungai Kahayan Menggunakan Perahu Tradisional via Instagram/ wati_mamaabel

Wisata susur sungai di Indonesia yang pertama bisa Teman Traveler coba adalah menyusuri Hutan Amazonnya Indonesia di Kahayan. Terletak di Kalimantan Tengah, Sungai Kahayan merupakan salah satu yang terpanjang di Pulau Borneo.

Sore di Sungai Kahayan via Instagram/ andri3p

Ketika melakukan wisata susur sungai di sini, wisatawan akan diajak berlayar sambil menikmati pemandangan alam. Rute Susur Sungai Kahayan yang paling banyak dipilih adalah rute menuju Pulau Kaja.

Perahu Tradisional yang Digunakan untuk Susur Sungai Kahayan via Instagram/ azwarmhd

Saat di perjalanan, Teman Traveler akan melintasi kawasan konservasi Orangutan Nyaru Menteng. Tarif berwisata susur sungai ini berbeda-beda, bergantung besar kapal dan jumlah rombongan. Mulai dari Rp75 ribu/orang hingga belasan juta.

2. Sungai Sekonyer, Taman Nasional Tanjung Puting

Susur Sungai Sekonyer Terasa Seperti Berpesiar via Instagram/ sendy.a

Pulau Kalimantan dengan sungai-sungai yang mengalir berikut pemandangan alamnya, adalah daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Setelah Sungai Kahayan, pilihan lainnya adalah menyusuri Sungai Sekonyer, yang masih bagian dari Taman Nasional Tanjung Puting.

Menyusuri Alam Kalimantan yang Masih Asri via Instagram/ pesonaid_travel

Menggunakan perahu klotok atau tradisional yang terbuat dari kayu, para wisatawan akan diajak menyusuri sungai dan menyaksikan alam Kalimantan Tengah yang masih asri. Atraksi ini bahkan sudah banyak dicoba oleh wisatawan mancanegara lho.

Susur Sungai dengan Fasilitas Pesiar via Instagram/ pesonaid_travel

Teman Traveler juga bisa menginap di atas kapal, layaknya sedang pesiar. Tarifnya? Selama 3D2N, sebesar 2,3 juta/orang.

3. Sungai Klawing, Banyumas

Susur Sungai di Banyumas via Instagram/ ais.ag

Wisata susur sungai di Indonesia selanjutnya bisa Teman Traveler coba juga saat liburan ke Banyumas. Tepatnya di Sungai Klawing. Menggunakan perahu bermesin, wisatawan diajak menyusuri sungai, berkeliling kampung nelayan di sekitar selama kurang lebih 15 menit.

4. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Susur Sungai Kapuas via Instagram/ instawestkapuas

Susur Sungai Kapuas menjadi salah satu hiburan yang nggak boleh dilewatkan saat main-main ke Pontianak. Wisatawan yang akan menaiki kapal, sudah berjejer antre di tepian sungai.

Kapuas River Cruise via Instagram/ kapuasrivercruise

Biasanya, susur sungai dilakukan pada sore menjelang malam. Dengan tiket seharga Rp15 ribu/orang, Teman Traveler sudah bisa menyusuri sungai selama beberapa saat.

Kapal yang Digunakan untuk Susur Sungai Kapuas via Instagram/ kapuasrivercruise

Ditemani matahari sore, rumah-rumah warga di tepian sungai, jadi pemandangan yang aduhai! Teman Traveler harus mencoba menaiki kapal, menyusuri sungai terpanjang di Indonesia ini!

Susur sungai di Indonesia, dari mulai hitungan menit sampai berhari-hari, wajib dicoba! Teman Traveler akan mendapatkan pengalaman lain yang takkan terlupakan. Tertarik? Sudah terpikir mau ajak siapa untuk bersenang-senang? Selama berwisata, tetap perhatikan keamanan dan keselamatan ya! Next

ramadan
Mebuug Buugan Bali

Serunya Mebuug Buugan, Ritual Mandi Lumpur Pasca Nyepi

Es Puter I-One

Es Puter I-One di Surabaya yang Unik, Jual Malam Hari Pakai Nomor Antrean!