in , ,

Menyibak Keindahan Wisata Ternate, dari Batu Angus Hingga Danau Tolire

Deretan Rekomendasi Pesona Wisata Ternate

Pulau Maitara di Ternate
Pulau Maitara di Ternate (c) Rosita/Travelingyuk

Berada di Maluku Utara, Ternate menawarkan panorama alam mempesona. Topografi pulau ini sebagian besar terdiri dari gunung dan
perbukitan. Salah satunya adalah Gamalama, gunung berapi aktif yang sekaligus jadi ikon wisata Ternate. Jejak letusan dahsyatnya masih bisa dilihat hingga kini.

Baca juga : Tips Sebelum Berkunjung ke Wisata Kopi, Siap-siap Ketagihan Ya

Kawasan Batu Angus, bukti dahsyatnya letusan Gunung Gamalama (c) Rosita/Travelingyuk

Selain Gunung Gamalama, Ternate juga punya panorama alam lain yang tak kalah memikat. Bahkan kalian bisa melihat langsung lokasi indah yang diadabadikan dalam pecahan uang seribu rupiah. Yuk, simak deretan objek wisata Ternate berikut ini.

Danau Tolire

Danau Tolire (c) Rosita/Travelingyuk

Jika sedang berlibur ke Ternate, Teman Traveler jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke Danau Tolire. Destinasi indah ini berada tepat di kaki Gunung Gamalama. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Ternate.

Danau Tolire sendiri memiliki dua perairan, Tolire Besar dan Tolire Kecil. Dua tempat tersebut hanya terpisah jarak sekitar 200 meter.

Jalan menuju Danau Tolire (c) Rosita/Travelingyuk

Danau dengan luas mencapai lima hektar ini memiliki kedalaman yang belum terukur hingga kini. Menurut mitos, Tolire terbagi dua karena kekhilafan seorang ayah menodai anak gadisnya sendiri. Setelah kejadian tersebut, danau meluap dan mengakibatkan longsor hingga menenggelamkan seluruh desa.

Tolire juga dikenal tradisi unik bernama lempar batu. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, batu yang dilempar takkan pernah mencapai permukaan danau karena percikannya tak terlihat.

Batu Angus

Kawasan Batu Angus membentang hingga bibir pantai (c) Rosita/Travelingyuk

Kawasan Batu Angus merupakan saksi bisu letusan Gunung Gamalama di masa lalu. Area seluas 40 hektar, membentang dari kaki gunung hingga ke bibir pantai, ini sekaligus jadi bukti nyata dahsyatnya amukan Gamalama pada 1673.

Destinasi wisata ini berada di poros ruas jalan lingkar Ternate. Sangat mudah ditemukan. Jaraknya hanya sekitar 10 km dari pusat kota.

Sesuai namanya, pemandangan di sekitar Batu Angus terdiri dari hamparan batu yang tampak seperti hangus terbakar. Namun sebenarnya daerah ini terbentuk dari lahar yang sudah mengering, mengeras, sebelum
berubah warna menjadi kehitaman. Selain keunikan tersebut, dari sini kalian juga bisa melihat panorama apik birunya lautan Ternate.

Pulau Maitara

Pemandangan yang diabadikan di uang kertas pecahana seribu rupiah (c) Rosita/Travelingyuk

Jika Teman Traveler pernah memperhatikan detail desain uang kertas pecahan seribu rupiah, kalian akan melihat gambaran indah panorama Maluku. Tempat yang dijadikan inspirasi tak lain adalah Maitara, pulau cantik di kawasan Ternate. Tempat ini dikelilingi pantai berpasir putih dan samudra biru.

Maitara berada di antara Ternate dan Tidore (c) Rosita/Travelingyuk

Pulau Maitara sendiri memainkan peran penting dalam sejarah Indonesia. Menurut beberapa sumber, pulau seluas 206 hektar ini menjadi tempat bangsa Portugis pertama kali menjejakkan kaki di Nusantara. Pulau ini juga menjadi pembatas wilayah Kesultanan Ternate dan Tidore.

Itulah ulasan singkat mengenai sederet objek wisata Ternate yang tak boleh Teman Traveler lewatkan. Tunggu apalagi? Segera rencanakan berlibur ke pulau indah di sisi timur Indonesia ini. Next

ramadan

4 Hotel Murah di Cihampelas Bandung, Cocok Untuk yang Suka Belanja!

Pemandangan Luar Biasa dari Bukit-bukit di Lombok, Bikin Pengin Liburan!