in , , , ,

3 Destinasi Wisata Wellness di Indonesia Akan Dikembangkan

fi destinasi wisata wellness indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedang mengembangkan 3 destinasi wisata wellness di Indonesia. Ketiga daerah ini adalah Jogja, Solo dan Bali yang memiliki keunikan serta potensi wisata kesehatan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga : Wisata Indonesia Lewat Jepretan Para Turis Mancanegara

Dikenalkan Kepada Turis Domestik dan Mancanegara

dikenalkan kpd turis domestik dan mancanegara
Ilustrasi via pexels Andrea Piacquadio

Direktur Wisata Alam, Budaya dan Buatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Alexander Reyaan mengatakan pihaknya tengah mengembangkan wisata kesehatan di tiga daerah yaitu Jogja, Solo dan Bali yang nantinya akan dikenalkan kepada turis domestik dan mancanegara.

Kemudian ketiga daerah ini memiliki potensi wellness berbeda-beda. Dari sisi pariwisata pengembangan destinasi ini dipengaruhi oleh aksesibilitas, amenitas, dan atraksi. Melalui tiga daerah ini diharapkan bisa menjadi pemicu pengembangan wisata kesehatan di destinasi-destinasi Indonesia lainnya. Selain itu daerah-daerah ini memiliki keunikannya tersendiri.

Wisata Wellness di Jogja

wisata wellness jogja
Ilustrasi via pexels Cup of Couple

Dikutip dari Kompas.com berikut ini perbedaan wisata kesehatan yang ditawarkan di masing-masing tiga daerah. Pertama untuk wisata wellness di Jogja ada tiga pola perjalanan yaitu Heals the Body, Exploring Jamu, dan Java Spa Treatment.

Kegiatan wisatanya ada mempelajari herbal, wisata belanja empon-empon di pasar, mengunjungi warung jamu legendaris, cupping minuman jamu, berlatih meditasi serta self healing. Terakhir para turis akan melakukan perawatan tubuh khas Keraton dengan Java Spa Treatment di Sleman.

Wisata Wellness di Solo

wisata wellness solo
Ilustrasi via pexels Prasanth Inturi

Selanjutnya wisata wellness di Solo nantinya akan memiliki pola perjalanan Aromatic Experience, Lawu Eco-Wellness, dan Hortus Medicus Trip. Dengan kegiatan menjelajahi kebun serta museum, workshop seputar aromatic, yoga dan aromatic treatment. Lalu menjelajahi kebun teh di Kemuning, Karanganyar dan wisatawan diajak ke tempat riset dan klinik jamu serta menjelajahi kebun serta museum di Tawangmangu.

Wisata Wellness di Bali

wisata wellness bali
Ilustrasi via pexels RODNAE Productions

Kemudian wisata wellness di Bali memiliki pola perjalanan yaitu Meet the Traditions, Healthy Delicious Tour, dan Explore Industries. Dengan kegiatan wisata seperti menjelajahi pura, puri, dan pasar serta belajar tradisi dan kesehatan di Ubud. Mengunjungi restoran makanan sehat dan kelas memasak lalu mengetahui proses pembuatan anggur serta menjelajahi perkebunan kopi di Gianyar dan Tabanan.

Demikian penjelasan tiga daerah yang dikembangkan oleh Kemenparekraf sebagai destinasi wisata wellness di Indonesia. Next

ramadan
fi pantai di pulau nias

Pantai di Pulau Nias, Wisata Indah Pelepas Penat

fi wisata pulau jeju

Tempat Wisata di Pulau Jeju Korea Selatan, Wajib Dikunjungi Turis Mancanegara