in , , ,

4 Destinasi Wisata di Sumba, Keindahan Alam Seperti Surga di Dunia

fi 4 destinasi wisata sumba

Indonesia bagian timur memang seperti surga di dunia, keindahan alam yang eksotis mampu menghipnotis para wisatawan lokal hingga mancanegara. Berikut ada rekomendasi 4 destinasi wisata di Sumba, cocok sebagai tujuan liburan Teman Traveler. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Satu-satunya Teater Berstandar Internasional di Indonesia, Ciputra Artpreneur Pamerkan Karya Memesona

1. Pantai Ratenggaro

pantai ratenggaro
Ilustrasi via instagram pegi_pegi

Pertama ada Pantai Ratenggaro yang memiliki pasir putih dan keadaan pantai yang masih alami. Selain itu pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri yaitu dekat dengan Desa Adat Ratenggaro. Terdapat rumah adat unik disebut Uma Kelada dengan ciri khas menara tinggi menjulang mencapai 15 meter.

Di sini Teman Traveler bisa menikmati keindahan pantai serta belajar kebudayaan dan sejarah Desa Ratenggaro. Biaya masuk wisata gratis alias tidak dipungut biaya.

Pantai Ratenggaro berlokasi di Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan dari Tambolaka sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

2. Danau Weekuri

danau weekuri
Ilustrasi via instagram sisitimur

Berikutnya ada Danau Weekuri ini adalah sebuah laguna yang memiliki warna cantik jernih kebiruan. Danau berbentuk lonjong dengan panjang 150 meter ke arah daratan serta lebar 50 meter, lalu kedalamannya beragam. Selain itu warna serta suhu air juga berbeda-beda, ada yang dingin dan cenderung hangat. Di sini Teman Traveler dapat berenang, naik perahu, menikmati sunset atau trekking menuju bukit.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet umum, warung makanan serta minuman dan lainnya, sedangkan harga tiket masuk Rp 50.000 per mobil. Danau Weekuri berlokasi di Desa Kalenarongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jam operasional wisata pukul 08.00-17.00 WITA.

3. Waikelo Sawah

waikelo sawah
Ilustrasi via instagram emmett_sparling

Kemudian menuju Waikelo Sawah, sebuah sumber mata air yang tak pernah kering sepanjang tahun. Di sini juga terdapat sebuah gua, merupakan sumber dari air ini berasal. Selain sebagai objek wisata tempat ini juga menjadi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Pemandangan sekitar kolam alami juga sangat cantik, dikelilingi sawah. Apalagi ketika musim hujan sawah akan terlihat hijau namun warna air menjadi coklat, sedangkan musim kemarau air terlihat jernih kebiruan. Teman Traveler tidak perlu mengeluarkan biaya saat masuk ke sini.

Waikelo Sawah berlokasi di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

4. Air Terjun Wai Marang

air terjun wai marang
Ilustrasi via instagram abdulfikarjafar

Selanjutnya ada Air Terjun Wai Marang yang letaknya tepat diantara tebing-tebing tinggi, dengan keindahan air berwarna biru. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan dan jalur menuju lokasi cukup menantang karena curam serta licin tetapi semua akan terbayar ketika sampai tujuan. Di sini Teman Traveler dapat berenang, body jumping, atau mengabadikan momen dengan berfoto.

Fasilitas wisata cukup minim hanya ada area parkir serta warung makan dan minum. Harga tiket masuk gratis, untuk biaya parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000

Air Terjun Wai Marang berada di Ngaru Kanoru, Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Dari kota Waingapu menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Jam operasional wisata pukul 08.00-17.00 WITA, buka setiap hari.

Demikian ulasan rekomendasi 4 destinasi wisata di Sumba Nusa Tenggara Timur. Bisa dijadikan referensi liburan Teman Traveler selanjutnya. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan. Next

ramadan
fi princess cruises

Princess Cruises Mengajak Keliling Asia Tenggara dan Jepang Dengan Kapal Pesiar Teknologi Canggih

fi work from bali

Diharapkan Memulihkan Pariwisata, Work From Bali Akan Dimulai Pada Juli 2021