in , ,

Casu Marzu Keju Dari Sardinia, Paling Berbahaya di Dunia

Keju berbahaya di dunia

fi casu marzu

Casu Marzu keju dari Sardinia yang punya proses berbeda dengan keju lainnya dengan menggunakan belatung untuk mendapatkan pembusukannya. Keju asli dari Italia ini ternyata paling berbahaya di Dunia lho! Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Cicalengka Dreamland Bandung, Wahana Bermain dengan View Pemandangan Indah

Terbuat Dari Susu Domba

terbuat dari susu domba
Ilustrasi via pexels Quang Nguyen Vinh

Casu Marzu merupakan makanan tradisional dari Pulau Sardinia di Italia yang terbuat dari susu domba. Biasanya diproduksi pada akhir Juni ketika musim panas dan susu domba mulai berubah dalam masa reproduksi. Keju ini masuk dalam Guinness World Record pada tahun 2009, dinobatkan menjadi keju paling berbahaya di dunia.

Fermentasi Keju Dipenuhi Belatung

fermentasi keju dipenuhi belatung
Ilustrasi via instagram melchiormarcello

Selanjutnya untuk proses pembuatan berbeda dengan keju pada umumnya karena menggunakan bantuan belatung untuk proses fermentasi. Dalam prosesnya juga melibatkan lalat keju Piophila casei yang nantinya akan bertelur di atas keju. Telur lalat akan menetas menjadi belatung, mereka akan mencerna protein susu kemudian mengubahnya menjadi krim keju yang lembut.

Dinilai berbahaya karena terdapat belatung hidup, meskipun tubuh memiliki asam lambung yang dapat membunuh seluruh belatung. Namun apabila masih hidup, belatung akan mendekam pada usus lalu memberikan luka serius pada dinding usus ketika dikonsumsi.

Merupakan Tradisi Kuno

merupakan tradisi kuno
Ilustrasi via instagram italianitoshop

Keju berbahaya ini merupakan tradisi kuno yang dilindungi di Pulau Sardinia, tidak ada catatan yang menuliskan resep sampai 1909. Hingga ada seorang dokter dari daratan Modena, Vittorio Agnetti melakukan perjalanan ke Sardinia lalu menyusun enam resep dalam sebuah buku berjudul La nuova cucina delle specialita regionali.

Biasanya masyarakat lokal mengkonsumsinya dengan roti lembut dan segelas anggur. Keju ini juga hampir selalu ada pada perayaan pernikahan di Sardinia, karena mengandung afrodisiak, dipercaya bisa meningkatkan gairah seksual.

Dilarang Diperjual Belikan

dilarang diperjual belikan
Ilustrasi via instagram gianbattistamureddu 

Namun, keju berbahaya ini dilarang untuk diperjual belikan di Uni Eropa, jika melanggar mendapatkan pasal hukum serta denda USD 60.000 atau sekitar Rp 860 juta. Teman Traveler bisa melihat keju ini di Museum Makanan Menjijikan di Swedia.

Demikian ulasan Casu Marzu keju tradisional di Sardinia Italia, di Indonesia kira-kira ada tidak makanan yang berbahaya, Teman Traveler? Next

ramadan
fi rawon terenak

4 Kuliner Rawon di Surabaya, Sup Terenak di Asia

fi pulau socotra

Pulau Socotra di Yaman, Seperti Berada di Planet Lain