in , , ,

4 Lokasi Wisata di Dieng yang Bisa Dikunjungi Untuk Liburan

fi lokasi wisata dieng

Teman Traveler yang sedang berada di Jawa Tengah bisa mampir liburan pada 4 lokasi wisata di Dieng berikut, bisa dikunjungi saat akhir pekan nanti. Refreshing sejenak pada alamnya yang menenangkan serta mempunyai keindahan abadi. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Radika Paradise, Resor Cantik di Tengah Kealamian Karst Gunungkidul

1. Candi Arjuno

candi arjuna
Ilustrasi via instagram _oo_abdurrosysyiid1001

Pertama ada Candi Arjuno, kompleks candi Hindu yang masih aktif digunakan untuk upacara Galungan dan Ruwatan Anak Gimbal. Teman Traveler bisa melihat keindahan situs kuno ini dengan pemandangan dataran tinggi Dieng yang menyejukkan.

Momen paling ditunggu adalah pada saat bulan Mei-Agustus terdapat fenomena embun es yang terlihat pada rerumputan kompleks candi. Fasilitas wisata terdapat area parkir, toilet umum, museum kailasa dan candi, harga tiket masuk Rp 20.000 per orang (tiket terusan dari Kawah Sikidang).

Candi Arjuna berada di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Jam operasional wisata pukul 07.30-17.00 WIB, buka setiap hari.

2. Savana Pangonan

savana pangonan
Ilustrasi via twitter bobsingadikrama

Kemudian ada Savana Pangonan atau Savana Dieng merupakan padang rumput yang subur. Di sini Teman Traveler bisa melihat sunrise atau sunset sambil duduk-duduk pada rerumputan atau membuat tenda, suasananya sangat syahdu menenangkan. Jangan lupa mengabadikan momen, berfoto pada panoramanya.

Jalur menuju savana tidak ada kesulitan dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit trekking menuju savana. Lokasinya masih satu area dengan Kawah Sikidang serta Candi Arjuna, untuk harga tiket masuk Rp 10.000 per orang.

Savana Pangonan berada di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Jam operasional wisata pukul 07.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

3. Telaga Dringo

telaga dringo
Ilustrasi via instagram pakuwajadiscovery

Selanjutnya menuju wisata air di Telaga Dringo, masih belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Telaga tersembunyi ini memiliki keindahan mirip seperti Ranu Kumbolo. Di sini Teman Traveler bisa berkemah pada areanya dan menikmati sunrise yang menakjubkan.

Telaga Dringo merupakan telaga tertinggi dengan ketinggian 2.202 meter dari permukaan laut (mdpl). Panorama perbukitan, hutan dan lembah akan menyapa Teman Traveler di telaga ini. Harga tiket masuk sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang. Telaga Dringo berada di Desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Jam operasional wisata buka setiap hari selama 24 jam.

4. Gunung Prau

gunung prau
Ilustrasi via instagram theguhwe

Berikutnya jika Teman Traveler hobi mendaki bisa mencoba pendakian menuju puncak Gunung Prau yang mempunyai ketinggian 2565 mdpl. Saat sampai puncaknya akan disuguhi pemandangan Gunung Sumbing, Merbabu, Sindoro dan Slamet serta kabut seperti di atas awan. Apalagi view ketika sunrise sangat menakjubkan.

Fasilitas pada basecamp-nya ada toilet, musala, penitipan sepeda, warung logistik, pos pendakian, area camping dan sunrise point. Ada 3 jalur pendakian yaitu via Dieng, via Kalilembu, dan via Patak Banteng. Harga tiket masuk Rp 15.000 per orang, biaya parkir Rp 10.000 untuk motor, sedangkan mobil Rp 20.000.

Gunung Prau berada di Kabupaten Batang, Kendal, Wonosobo, Jawa Tengah, jam operasional buka selama 24 jam setiap hari.

Demikian daftar 4 lokasi wisata di Dieng dan sekitarnya, bisa dijadikan destinasi liburan Teman Traveler selanjutnya. Selalu terapkan dan jaga protokol kesehatannya ya! Next

ramadan
fi kota neom

Kota Neom Futuristik di Arab Saudi, Akan Membuka Hotel Pertama di 2022

fi tempat wisata ntb ditutup

Tempat Wisata di NTB Ditutup Sementara Hingga 23 Mei 2021