in , , ,

4 Objek Wisata di Sumatra Barat yang Keindahannya Menakjubkan

fi objek wisata di sumatra barat

Teman Traveler yang hobi menjelajah Indonesia wajib berwisata ke Pulau Sumatra, ada banyak keindahan alam menakjubkan di sini. Berikut ada rekomendasi 4 objek wisata di Sumatra Barat, lokasi yang tepat untuk mulai berpetualang. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Tips Backpacker Minim Biaya, Mau Bali atau Raja Ampat? Bisa!

1. Janjang Koto Gadang

janjang koto gadang
Ilustrasi via instagram faizalperdanaputra_

Pertama ada Janjang Koto Gadang merupakan tangga dan jalan bertembok yang menghubungkan Nagari Koto Gadang dan Nagari Ngarai, memiliki panjang sekitar 1 km. Di sini panorama alam Ngarai Sianok dan pegununggan akan terlihat jelas. Lokasi ini cocok bagi Teman Traveler penyuka olahraga trekking.

Fasilitas wisata ada area parkir, warung makanan serta minuman dan tempat istirahat. Harga tiket masuk gratis tanpa dipungut biaya, untuk parkir Rp 3.000 untuk motor dan mobil Rp 5.000. Lokasi Janjang Koto Gadang di Kayu Kubu, Mandiangin Koto Aelayan, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

2. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

air terjun sarasah ulu gadut
Ilustrasi via instagram darulne

Selanjutnya ada Air Terjun Sarasah Ulu Gadut, air terjun yang memiliki dua tingkat dengan ketinggian 15 meter dan 25 meter, aliran air cukup deras. Sebelumnya untuk mencapai tujuan harus trekking menyusuri sungai hingga ke hulunya, sekitar 30 menit. Sesampainya Teman Traveler bisa berenang di kolam alaminya yang luas, kesegaran air akan langsung terasa.

Sayangnya fasilitas wisata belum memadai, untuk harga tiket Rp 5.000 per orang dengan biaya parkir sepeda motor Rp 3.000. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut berlokasi di Jalan Kota Baru, Indarung, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatra Barat.

3. Puncak Lawang

puncak lawang
Ilustrasi via instagram dinda.amalya

Kemudian ada Puncak Lawang, berada pada perbukitan di atas Danau Maninjau. Di sini Teman Traveler dapat melihat panorama danau sambil bermain paralayang, ada juga aktivitas seru outbond, ATV, atau melihat proses pengolahan tebu yang masih menggunakan tenaga sapi. Selain itu bisa menikmati pemandangan sekitar sambil berswafoto pada spotnya.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, musala, spot foto, warung makanan serta minuman, penginapan, pusat oleh-oleh, outbond, dan lainnya. Harga tiket masuk Rp 20.000 per orang hari Senin-Jumat, akhir pekan dan hari libur Rp 25.000 per orang. Puncak Lawang berlokasi di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Jam operasional wisata pukul 08.00-18.00 WIB, buka setiap hari.

4. Lembah Harau

lembah harau
Ilustrasi via instagram gilangsasongko

Berikutnya ada Lembah Harau, salah satu lokasi populer untuk berwisata ini merupakan situs cagar alam dengan luas 669 hektar. Memiliki keindahan sangat menakjubkan mulai dari perbukitan, sawah serta sungainya.

Di sini Teman Traveler dapat menginap pada penginapan unik berbentuk rumah Gadang, kegiatan yang bisa dilakukan seperti trekking pada perbukitannya atau panjat tebing. Menariknya ada festival kebudayaan Pasa Harau, dilaksanakan setahun sekali pada bulan Agustus-September.

Tiket masuk ada dua tipe yaitu tipe A Rp 30.000 per orang, mendapat akses ke Kampung Eropa, Kampung Korea Jepang, Kampung Sarosa. Tiket B Rp 40.000 per orang, mendapat akses tipe A ditambah ke Secret Garden. Lembah Harau berlokasi di Sarilamak, Harau, Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Jam operasional wisata pukul 09.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan 4 objek wisata di Sumatra Barat, bisa dijadikan referensi destinasi liburan Teman Traveler selanjutnya. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi akomodasi di bali balangan beach

Rekomendasi Akomodasi di Bali Untuk Refreshing Dekat Pantai Balangan, Mulai Dari Rp 700 Ribuan

fi shanghai maglev

Shanghai Maglev Diklaim Kereta Api Tercepat di Dunia Dengan Kecepatan 600 Km/Jam