in , , ,

Shanghai Maglev Diklaim Kereta Api Tercepat di Dunia Dengan Kecepatan 600 Km/Jam

fi shanghai maglev

China telah menghadirkan kereta api Shanghai Maglev atau kereta levitasi magnetik dengan kecepatan 600 km/jam yang diklaim tercepat di dunia. Sebelumnya China telah mempunyai kereta serupa dengan kecepatan 430 km/jam, penasaran? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga : Festival Budaya Nusantara 2 di Tangerang Kembali Digelar, Yuk Intip Keseruannya!

Levitasi Magnetik

levitasi magnetik
Ilustrasi via instagram leonardexploreshotels

Dalam laman The National, kereta api maglev diresmikan di pesisir kota Qingdao, Provinsi Shandong, China. Kereta ini akan menggunakan levitasi magnetik untuk menghilangkan gesekan dengan rel. Namun rel kereta api ini belum dibangun.

Nantinya kereta api ini dapat membawa penumpang dari Beijing ke Shanghai dalam tiga setengah jam perjalanan, sebelumnya memakan waktu sampai empat jam 18 menit.

Kereta Api Maglev Pertama

kereta api maglev pertama
Ilustrasi via instagram maglevnet

Menurut kepala insinyur proyek, kereta api Maglev pertama telah beroperasi dan mampu melaju dengan kecepatan 430 km/jam, serta akan membawa dua atau sepuluh gerbong dalam perjalanan, masing-masing dapat mengangkut 100 penumpang. Proyek ini adalah solusi alternatif untuk perjalanan udara yang mencakup jarak hingga 1.500 km.

Diklaim Kereta Api Tercepat di Dunia

diklaim kereta api tercepat di dunia
Ilustrasi via instagram minkykpbunny

Kereta api diklaim tercepat di dunia ini belum dipastikan apakah paling cepat, sebab masih ada kereta api maglev milik Jepang dirancang memiliki kecepatan tinggi hingga 603 km/jam yang baru saja diluncurkan oleh Central Japan Railway.

Menurut berita resmi China bahwa perusahaan pengembangan kereta api maglev yaitu CRRC menunjukkan bahwa negaranya telah menguasai satu set lengkap teknologi rekayasa kereta maglev berkecepatan tinggi, termasuk integrasi sistem, produksi kendaraan, jalur kereta api, serta kontrol transportasi dan komunikasi.

Telah Dilakukan Uji Coba

telah dilakukan uji coba
Ilustrasi via instagram badorjani

Kemudian kereta api maglev ini telah dilakukan uji coba terbaru dan berhasil diselesaikan pada Juni tahun 2020 lalu. Sebelumnya pengerjaan proyek berlangsung sejak Oktober 2016. Sayangnya belum ada informasi kapan secara resmi beroperasi.

Tetapi Teman Traveler dapat mencoba kereta api maglev berkecepatan 430 km/jam pertama yang sudah resmi beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2004 dan masih aktif hingga saat ini, dengan jalur Stasiun Long Yang menuju Bandara Internasional.

Demikian penjelasan Shanghai Maglev kereta api yang diklaim tercepat di dunia, Indonesia kapan ya? Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Teman Traveler. Next

ramadan
fi objek wisata di sumatra barat

4 Objek Wisata di Sumatra Barat yang Keindahannya Menakjubkan

fi ppkm level 4

PPKM Level 4 Jawa Bali Diberlakukan Sampai 2 Agustus 2021, Ada Kelonggaran Pada Usaha Kecil