in ,

4 Spot Surga Diving di Indonesia Primadona Penyelam Dunia

Spot Diving di Indonesia

Aceh Internasional Diving Festival 2019 yang baru berakhir adalah acara yang ditunggu – tunggu para pecinta diving di Indonesia maupun mancanegara. Acara ini mengemukakan Indonesia sebagai negara dengan spot diving spektakuler, surga bagi para penyelam kelas dunia. Ingin tahu dimana saja spot-spot terbaiknya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga : 5 Tempat Hangout di Palangkaraya ‘Calon’ Ibukota Indonesia

Pulau weh, Aceh

Whale Shark via Shutterstock

Pulau weh adalah pulau yang berada paling ujung di Indonesia, menjadi penyelenggara acara bagi penyelam indonesia dan mancanegara tentu tidak diragukan lagi keindahannya. Memiliki panorama pantai biru dan dikelilingi batuan koral yang sangat indah. Ada beberapa spot diving dengan pemandangan bawah laut menakjubkan yang wajib dikunjungi. 

Diantaranya batee tokong di sana Teman Traveler dapat menemukan daratan dalam laut yang memanjang ke permukaan dan membentuk tebing setinggi 25 meter, selain itu pada kedalaman tertentu dapat ditemui biota laut seperti gurita, scorpion fish, lionfish, frog fish, dan nudibranchs. Pantee Peunateung akuarium alami yang mempunyai ribuan makhluk hidup yang menakjubkan juga sebagai rumah bagi terumbu karang. 

Selanjutnya ada Arus balee cocok untuk spot diving bagi pemula, karena arus ombaknya yang tenang dan santai. Daerah yang berada diantara pulau rubia dan seulako ini juga sering dikunjungi oleh kawanan hiu jinak. Ingin menikmati keindahan bawah laut dengan santai? datang saja ke spot diving batu gla, dengan arus yang santai Teman traveler dapat melihat deretan bebatuan yang semakin lama semakin menggunung dari kedalaman 40 meter. 

Limbo gapang berada di kawasan pantai gapang, terkenal dengan pemandangan kura-kura lautnya. Sudah menjelajah indahnya biota laut dikedalaman, ada juga spot yang tak kalah indah dan misterius. Sophie Rickmets adalah bangkai kapal sejak 1940 yang berada pada kedalaman 50 meter.

Talisayan Berau, Kalimantan Timur

Hiu Talisayan Berau via tubagusryan

Spot diving yang berada di kalimantan timur ini sangat populer dengan ikan hiunya, Teman Traveler bisa berenang bersama hiu jinak ini. Saat berenang bersama usahakan untuk tetap hati-hati karena kibasan ekornya yang kuat, jarak berenang antara 3-4 meter dari badan hiu. Selain itu juga bisa melihat ikan hiu ini berlalu-lalang di sekitaran alat penangkap ikan milik nelayan. Untuk menyantap ikan-ikan kecil, ditebarkan nelayan.

Nusa Penida, Bali

Ikan Manta via Shutterstock

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pulau nusa penida bali salah satunya adalah diving. Jangan melewatkan spot diving di Manta point, bertemu dan berenang bersama ikan manta atau ikan pari bercorak dengan sekitar 3 meter besarnya. Tak hanya itu, pemandangan biota laut lain juga pasti ada seperti gurita, kepiting porselen, karang lunak dan keras.

Gamat bay yang memiliki lereng terjal menjorok ke arah teluk, gundukan koralnya menjadi tempat persembunyian ikan-ikan kecil. Lokasi diving ini adalah habitat alam bagi hiu, ikan pelagik besar, ikan mola-mola, ikan pari besar dan kura-kura laut. Jika lelah Teman Traveler bisa menepi ke arah teluk dengan ada beberapa pemandangan batuan karang dan air yang dangkal, cocok menjadi tempat rehat sebentar.

Tempat diving satu ini memiliki goa bawah laut di kedalaman 10 meter dari permukaan laut yaitu Crytal bay. Di sana menjadi habitat ikan sunfish dan nurse shark yang akan sering Teman Traveler jumpai. Untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya, harus menyelam sejauh 20 meter ke bawah laut.

Teluk cendrawasih, Nabire Papua

Teluk Cendrawasih via Shutterstock

Teman Traveler sudah menjelajah spot diving di daerah Sumatra, Kalimantan dan Bali, nah saatnya kita beralih ke daerah timur Indonesia. Teluk cendrawasih tempat yang merupakan kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia ini terkenal dengan ikan hiu pausnya.

Ikan hiu paus atau Rhincodon typus berusia 100 Tahun dengan panjang mencapai 14 meter, bisa kita temui di kawasan kwantisore. Whale shark atau ikan paus cucut ini akan sering muncul ke permukaan dan berinteraksi dengan manusia, tenang saja Teman Traveler ikan ini sudah jinak.

Demikian ulasan spot diving terindah dan terbaik di Indonesia, yang sudah diakui oleh penyelam dunia. Jika Teman Traveler datang ke pulau-pulau tersebut jangan lupa berkunjung dan mencoba spot divingnya ya!
Next

ramadan

Bertualang di Kawah Wurung Bondowoso, Mirip Savana New Zealand

Nasi Timbungan di Warunk Cuci Mata

Warunk Cuci Mata, Kulineran Hemat dekat Pantai Kuta